Surabaya merupakan kota yang identik dengan pahlawan pada masa perjuangan, setiap kali menyebut kota Surabaya seakan tersirat bahwa kota ini sarat dengan bangunan, benda bersejarah, serta tempat yang paling banyak menyimpan koleksi dan benda bersejarah pada masa penjajahan. Surabaya yang menjadi Ibukota provinsi Jawa Timur adalah kota terbesar kedua setelah Jakarta yang memiliki kisah dan perjuangan dalam Revolusi kemerdekaan RI serta memiliki ragam budaya dan masyarakat multi-etnis yang mewarnai kehidupan dari masa perjuangan hingga kini.

Bangunan bersejarah seperti museum, Tugu, serta Monumen, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Surabaya. Sebut saja Monumen Pers Perjuangan Surabaya dan Hotel Yamato dua tempat ini menjadi saksi bisu perjuangan Revolusi kemerdekaan RI yang sarat akan nilai-nilai luhur para pejuang. Ada juga Tugu Pahlawan, Tugu Pahlawan menjadi markah / tanda bagi kota Surabaya untuk memperingati peristiwa 10 November 1945, dimana arek-arek Suroboyo berjuang melawan pasukan sekutu dan Belanda yang hendak menjajah kembali Indonesia. Monumen ini berada di tengah-tengah kota di Jalan Pahlawan Surabaya, dekat dengan Kantor Gubernur Jawa Timur. Di bawah tanah lahan Tugu Pahlawan terdapat sebuah museum untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang berjuang di Surabaya, foto-foto dokumentasi pembangunan Tugu Pahlawan juga tak luput menjadi dokumen penting.

Pada tanggal 19 Februari 2000 Presiden K.H Abdurrahman Wahid meresmikan Museum sebagai wujud penghormatan bagi para pahlawan sekaligus kebanggan masyarakat Surabaya.

Tugu yang mulai dibangun pada tanggal 10 November 1954 ini pada mulanya mendapat sanggahan juga dari beberapa kalangan di Kota Surabaya. Karena ada dua pendapat berbeda tentang kepentingan pembangunan kota pada masa itu, yaitu perumahan rakyat atau tugu pahlawan. Sebagian beranggapan bahwa perumahan rakyat adalah usaha pertama-tama yang harus diwujudkan, Bukannya usaha mendirikan tugu. Tetapi cita-cita ini pun mendapat dukungan dari rakyat. Sehingga pelaksanaan pendirian tugu-pun akhirnya dapat dilaksanakan.

Hal ini dapat dilihat dari piagam yang ditanamkan di Tugu Pahlawan, berikut bunyi piagam tersebut:

Pada hari ini, Hari Pahlawan 10 November 1951, di Kota Surabaya, P.Y.M.Presiden Republik Indonesia Dr. Ir. Sukarno, dengan disaksikan oleh rakyat Indonesia di Surabaya, berkenan meletakkan batu pertama untuk mendirikanTugu Pahlawan guna memperingati pengorbanan Pahlawan-pahlawan Kemerdekaan Negara dan Bangsa Indonesia pada tanggal 10 November 1945.
Semoga Tugu ini, yang diselenggarakan atas nama penduduk Kota Surabaya oleh Kepala Daerah Kota Besar Surabaya, Dul Arnowo, menjadi peringatan rakyat Indonesia sehingga akhir zaman.
Presiden Republik Indonesia, Dr. Ir. Sukarno.
Gubernur Jawa Timur, Samadikun.
Walikota Surabaya, Dul Arnowo.

Monumen ini setinggi 41,15 meter berbentuk lingga atau paku terbalik. Tubuh monumen berbentuk lengkungan-lengkungan (Canalures) sebanyak 10 lengkungan, dan terbagi atas 11 ruas, Tinggi, ruas, dan canalures mengandung makna tanggal 10, bulan 11, tahun 1945.

 

How to Get There :

Untuk dapat mencapai Museum Perjuangan Pers Surabaya, wisatawan dapat menuju pusat kota melalui terminal Bungurasih, menuju Jl. Pahlawan Surabaya Utara/Genteng.

Buka Jam :

Selasa – Jumat : 08:00 – 14:30
Sabtu – Minggu : 08:00 – 13:30
Senin dan hari libur nasional : Tutup

Harga Tiket Masuk :

Umum : Rp. 2.000

Grup minimal 30 Orang : 10% off
Grup 100 – 200 Orang : 15% off
Grup 201 – 300 Orang : 20% off

Perkiraan waktu tempuh :

5 menit dari stasiun kereta api Pasar Turi.
7 menit dari Plaza Tunjungan.

 

Hotel Terdekat :

Hotel Majapahit
Novotel Surabaya Hotel
Hotel Ibis Rajawali
FaveHotel Mex Building

Peta Lokasi :

View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • tugu pahlawan
  • tugu pahlawan surabaya
  • gambar tugu pahlawan

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , ,