Bagi pecinta wisata sejarah Surabaya seperti surga dimana banyak tempat yang dapat dikunjungi untuk sekedar melihat-lihat ataupun beljar sejarah pada fase revolusi kemerdekaan RI. Tak hanya sejarah berupa bangunan, museum, atau benda, Surabaya juga memiliki kisah cerita yang panjang mengenai perannya dalam kesatuan NKRI.

Selain itu banyak koleksi dan benda sejarah yang menjadi bukti perjuangan, tak hanya sejarah dan seni, salah satu museum di Surabya menyajikan koleksinya dari berbagai keilmuan, seperti seni, ilmu alam, serta sejarah. Museum itu adalah Museum Mpu Tantular, Museum ini merupakan kelanjutan dari Stedelijk Historisch Museum Surabaya yang didirikan oleh GH Von Faber tahun 1933, dan diresmikan pada tanggal 23 Juli 1937. musem yang berjaraj 3.0 km dari pusat kota Surabaya ini terletak di Jl. Raya Buduran – Jembatan Layang. Museum Mpu Tantular memiliki jenis koleksi terlengkap di Jawa Timur, meliputi koleksi: geologika, biologika, etnografika, arkeologika, historika, numismatic, filologika, keramik, seni rupa dan teknologi. Awalanya Museum Negeri Mpu Tantular, adalah sebuah museum negeri yang berlokasi di kecamatan Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur.

Koleksi yang dapat disaksikan wisatawan antara lain:

  • Telepon Meja

Bahan logam (perunggu). Terdiri dari dua bagian, bagian pertama untuk berbicara sedangkan bagian yang lain untuk mendengarkan. Telepon meja jenis ini dibuat sekitar abad XVIII M.

  • Shimponion

Asal dari Jerman abad XVIII M. Alat musik ini termasuk instrumen musik klasik, tidak menggunakan listrik, tetapi secara manual dengan cara diputar.

  • Sepeda kayu

Merupakan bentuk sepeda yang paling tua diciptakan oleh MICHAEL KESLER seorang berkebangsaan Jerman pada tahun 1766.

  • Hiasan Garudeya

Ditemukan saudara Seger pada tahun 1989, di Desa Plaosan, Kec. Wates, Kab. Kediri. Hiasan ini dibuat dari emas 22 karat dengan berat keseluruhan 1.163.09 gram. Dilihat dari reliefnya, kemungkinan hiasan ini merupakan peninggalan dari abad XII-XIII M. Benda ini merupakan cindera mata dari Raja Siam kepada Raja Airlangga.

  • Surya Stambha

Koleksi masterpiece ini merupakan koleksi langka yang berasal dari Nusa Tenggara Timur dan disebut dengan nama “Surya Stambha”.

  • Durga Mahesasuramardhini

Asal dari candi Jawi, Pasuruan. Mempunyai 8 tangan yang menggambarkan kekuatan dan kesaktian durga sehingga bisa mengalahkan asura (raksasa).

  • Sepeda Motor Uap

Diciptakan oleh warga negara Jerman bernama Gottlien Daimler, dijalankan dengan tenaga uap. Tipe sepeda motor ini pertama kali diproduksi oleh pabrik “Hildebrand Und Wolfmuller”, Muenchen (Jerman) pada tahun 1885 dengan kecepatan maksimal mencapai 30km/jam.

  • Sepeda Tinggi

Diciptakan oleh orang Inggris, James Starley dan William Hilman, yang mendapat hak paten tahun 1970. Sering disebut “Ariel” yang berarti sepeda terbuat dari metal.

Pemberian nama “Mpu Tantular” bagi museum ini adalah untuk mengabadikan pujangga besar Majapahit, pengarang kitab Arjunawijaya dan Sutasoma yang didalamnya mengandung falsafah Bhinneka Tunggal Ika yang dijadikan semboyan bangsa Indonesia. Selain memamerkan koleksi di pameran tetap, museum juga melaksanakan berbagai kegiatan yang bersifat Edukatif-Kultural, diantaranya Pameran Keliling, Program Museum Masuk Sekolah, Ceramah/Seminar, Lomba, Peragaan/Pergelaran Koleksi, Pemutaran Slide/video serta Bimbingan Khusus Karya Tulis bagi Pelajar dan Mahasiswa.

 

Tiket Masuk

Dewasa Rp. 2000,-
Anak-anak Rp. 1500,-
Rombongan Dewasa Rp. 1500,- (minimal 10 orang),
Anak-anak Rp. 1000,-
Jadwal Kunjungan

Selasa 08.00-15.00
Rabu 08.00-15.00
Kamis 08.00-15.00
Jumat 08.00-14.00
Sabtu 08.00-12.30
Minggu 08.00-12.30

Senin Pameran Museum Tutup Kantor buka

Tempat Terdekat :

Tugu Pahlawan

Monumen Pers Perjuangan Surabaya

Hotel Yamato

How to Get There :

Turun di Stasiun Sidoarjo, kemudian menuju arah Jl. Raya Buduran – Jembatan Layang. Setelah itu menuju arah Sidoarjo dan wisatawan dapat menentukan arah/turun ke Museum Mpu Tantular.

Hotel Terdekat :

Novotel Surabaya Hotel

Hotel Ibis Rajawali

FaveHotel Mex Building

Peta Lokasi :

View Large Image

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • mpu tantular

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , ,