monumen kapal selam, monkasel

Monumen Kapal Selam atau sering disebut Monkasel merupakan sebuah monumen kapal selam terbesar di kawasan Asia. Monumen tersebut merupakan kapal selam yang pernah dipakai armada Angkatan Laut yang diberi nama KRI Pasopati 410.

monumen kapal selam, monkaselKeberadaan monumen tersebut bukan merupakan replica namun merupakan kapal asli KRI Pasopati 410. KRI Pasopati 410 merupakan kapal buatan Vladi Wostok Rusia pada tahun 1952 dengan type SS Whiskey Class. KRI Pasopati 410 mempunyai panjang 76,6 meter, lebar 6,30 meter dengan kecepatan 18,3 knot saat diatas permukaan dan 13,6 knot saaat dibawah permukaan. Berbahan bakar diesel dengan 6 lubang baling-baling, dilengkapi dengan 12 torpedo uap gas. Kapal Selam ini terbagi dalam tujuh ruangan yakni :

  • Ruang haluan torpedo
  • Ruang komandan, ruang makan dan ruang Kerja
  • Jembatan utama dan pusat komando
  • Ruangan awak kapal dan dapur serta penyimpanan baterai
  • Ruangan mesin diesel dan terminal mesin
  • Kamar mesin listrik
  • Ruangan torpedo untuk bagian buritan

KRI Pasopati 410 mulai digunakan padaArmada Divisi Timur Angakatan laut pada tahun 1962 dengan fungsi sebagai penghancur garis musuh (anti Shipping), pengawas dan pengrebegan secara diam-diam.monumen kapal selam, monkasel Beberapa tugas besar yang pernah diemban KRI Pasopati 410 diantaranya mempertahankan hukum kelautan denganikut berperan dalam operasi Trikora. Kapal ini akhirnya “pensiun” pada tanggal 25 Januari 1990.

Pembangunan konstruksi monumen dimulai pada bulan Juli 1995 ditandai dengan peletakan batu pertama sebagai pondasi oleh Gubernur Jawa Timur, Basofi Sudirman. Untuk keperluan tersebut KRI Pasopati harus dipotong menjadi 16 bagian yang kemudian diletakkan bagian perbagian ke atas pondasi monumen. Pembukaan secara resmi dilakukan pada tanggal 15 Juli 1998 dengan dilengkapi beberapa fasilitas pendukung diantaranya Videorama, life music, kolam renang untuk anak-anak dan rekreasi air di sungai Kalimas. Ada juga stan souvenir dan area parkir. Pada videorama menyajikan film mengenai KRI Pasopati saat menjalankan tugasnya di perairan Samudra Aru.

Monumen Kapal Selam yang terletak di Jl. Pemuda, samping Plaza Surabaya tepatnya disisi sungai Kalimas buka setiap hari Senin hingga Jum’at mulai pukul 08.30 sampai pukul 22.00 WIB.

How to get There :

Untuk menuju lokasi ini bisa menggunakan kendaraan umum yang menuju Plaza Surabaya. Bisa juga menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Lokasi Terdekat :

Beberapa lokasi yang berdekatan dengan Monumen Kapal Selam diantaranya Tunjungan Plaza, Stasiun Gubeng

Hotel terdekat :

Beberapa hotel terdekat dengan lokasi tersebut diantaranyaElmi Hotel, Garden Palace Hotel atauSurabaya Plaza Hotel

Peta Lokasi :


Lihat Monumen Kapal Selam di peta yang lebih besar

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook

Incoming search terms:

  • monumen kapal selam surabaya
  • monumen kapal selam

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,