Panglima besar Jenderal Sudirman adalah tokoh luar biasa yang sangat berperan dalam perjuangan bangsa Indonesia. Sepak terjangnya dalam melawan para penjajah di negeri ini tidak disangsikan lagi. Di perang Palagan Ambarawa ia berhasil melawan tentara Inggris dan NICA. Kemudian Agresi militer ke 2 dengan kondisinya yang sedang sakit tetap bergerilya untuk memerangi Belanda.

Sebagai bentuk penghargaan atas jasanya namanya sering dipakai sebagai nama ruas jalan. Di beberapa kota terdapat monumen Jenderal Sudirman seperti di Purwokerto, Yogyakarta, Purbalinga dan Nganjuk. Di Surabaya juga terdapat sebuah monumen Jenderal Sudirman yang terletak di tengah-tengah taman yang membelah jalan Yos Sudarso, Surabaya. Tepatnya berada 50 meter dari Jembatan Kalimas menuju arah Gedung Balai Kota dari arah Balai Pemuda.

Monumen Jenderal Sudirman ini merupakan gagasan Letnan Jenderal M. Yasin sebagai Komandan VII Brawijaya pada saat itu dan diresmikan tepat pada peringatan hari Pahlawan 10 November 1970 oleh Presiden Soeharto.Monumen dibangun berhadapan dengan Monumen Bambu Runcing sebagai simbol kota Pahlawan. Beberapa tempat di sekitarnya merupakan bangunan penting seperti Gedung Balai Kota yang dipakai untuk Kantor Walikota Surabaya, Balai Pemuda dan Mess Lapangan Angkatan Laut Yos Sudarso.

Monumen Jenderal Sudirman tersebut berupa patung yang berdiri tegak dengan pakaian yang menyerupai seragam PETA, lengkap dengan sepatu boot dan sebilah pedang yang mengantung di pinggang sebelah kiri.

Pada bagian bawah patung pada setiap sisinya terdapat beberapa tulisan yang Monumen Jenderal Sudirmandipahat. Pada salah satu sisinya merupakan pesan atau untaian kata dari Panglima Besar Jenderal Sudirman yang menunjukkan semangat untuk terus berjuang mempertahankan tanah air, tidak pernah menyerah dan selalu berjuang bagi bangsa dan Negara.

Sedangkan sisi lainnya menunjukkan bahwa monumen tersebut dipersembahkan oleh Letnan Jenderal M. Yasin saat menjabat sebagai Pangdam VII Brawijaya, Jawa Timur.

How to get There :

Untuk menuju kawasan monumen Panglima Sudirman ini cukup mudah karena Jalan Yos Sudarso merupakan jalan utama. Anda bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Hotel terdekat :

Beberapa hotel terdekat dengan lokasi tersebut diantaranya Elmi Hotel, Garden Palace Hotel atau Surabaya Plaza Hotel

Tempat terdekat :

Beberapa lokasi terdekat dengan tempat ini diantaranya Monumen Kapal Selam, Surabaya Plaza dan Gedung Grahadi

Peta Lokasi :

Lihat Monumen Jenderal Sudirman di peta yang lebih besar

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,