Jangan mengaku berjiwa nusantara jika belum memahami dan mengunjungi situs-situs bersejarah. Selain menarik, wisata sejarah juga dapat menambah wawasan. Nah, jika Anda sedang berada di Malang, terdapat salah satu situs purbakala yang wajib dikunjungi yaitu Candi Jago.

candi-jago4Candi ini terletak di Dusun Jago, Desa Tumpang, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Tepat 200 meter ke arah timur dari jalan raya Tumpang. Candi Jago berasal dari kata “Jajaghu” yang berarti keagungan. Nama ini tercantum dalam kitab  Pararaton dan Negarakertagama. Situs ini didirikan sebagai bentuk penghormatan (pendarmaan) bagi Raja Singasari ke-4, yaitu Sri Jaya Wisnuwardhana. Pada tahun 1343 M, benda cagar budaya ini pernah dipugar oleh Adityawarman (Majapahit). Di candi inilah Adityawarman menempatkan Arca Manjusri seperti yang disebut pada Prasasti Manjusri. Sekarang arca ini tersimpan di Museum Nasional dengan nomor inventaris D. 214.

candi-jago3Candi yang didirikan pada masa Kerajaan Singasari di abad ke-13 ini cukup unik. Arsitektur candi disusun seperti teras punden berundak dengan  panjang 23,71 m, lebar 14 m, dan tinggi 9,97 m. Menariknya lagi, keseluruhan bangunan candi terbuat dari bahan batu andesit. Badan candi terletak di bagian teras ketiga dan disangga oleh tiga buah teras. Atap dan sebagian badan candi telah terbuka. Bentuk atap Candi Jago menyerupai Meru atau Pagoda.

Pada dinding luar kaki candi terdapat pahatan relief-relief cerita Kresnayana, Parthayana, Arjunawiwaha, Kunjarakharna, Pancatantra, Anglingdharma, serta cerita fabel. Untuk mengikuti urutan cerita relief ini, pengunjung harus berjalan mengelilingi candi searah putaran jarum jam (pradaksiana).

candi-jago2Pada sudut kiri candi terlukis awal cerita binatang seperti halnya cerita Tantri. Cerita ini terdiri dari beberapa panel. Sedangkan pada dinding depan candi terdapat cerita fabel, yaitu dua ekor kura-kura yang diterbangkan oleh seekor angsa. Pada sudut timur laut terdapat rangkaian cerita Buddha yang mengisahkan Yaksa Kunjarakarna yang pergi kepada dewa tertinggi Sang Wairocana untuk mempelajari ajaran Buddha. Adapun pada teras ketiga terdapat cerita Arjunawiwaha yang mengisahkan perkawinan Arjuna dengan Dewi Suprabha sebagai hadiah dari Bhatara Guru setelah Arjuna mengalahkan raksasa Niwatakawaca.

Pada badan Candi Jago, hiasan relief tidak sebanyak pada kakinya. Yang terlihat pada badan adalah relief adegan Kalayawana, yang ada hubungannya dengan cerita Kresnayana. Relief ini berkisah tentang peperangan antara raja Kalayawana dengan Kresna. Sedangkan pada bagian atap candi yang diperkirakan dulu dibuat dari atap kayu/ijuk, sekarang sudah tidak ada bekasnya.

candi-jago1Obyek wisata ini buka mulai jam 07.00-16.00 WIB. Untuk memasuki candi ini sebenarnya tidak dikenakan biaya tiket masuk. Namun bila pengunjung menginginkan informasi lebih jelas tentang candi, pihak pengelola menyediakan buku informasi seputar Candi Jago lengkap dengan keterangan relief-reliefnya seharga Rp 15.000.

Candi yang terletak 22 km dari pusat Kota Malang ini dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat. Dari pusat kota Malang dapat dicapai selama kurang lebih 1 jam perjalanan. Tinggal arahkan kendaraan Anda menuju arah kawasan Gunung Bromo-Semeru. Setelah sampai di pertigaan Tumpang, ikuti petunjuk menuju Candi Jago. Jalan yang sudah diaspal menjadikan akses menuju obyek wisata ini menjadi lebih mudah.

Anda juga dapat mengunjungi tempat bersejarah lainnya di Malang seperti Candi Kidal, Candi Singosari, dan Candi Badut. Selama di kota ini, Anda dapat beristirahat di Hotel Mutiara, Santika Premiere Malang HotelHotel Kartika Graha, atau The Graha Cakra.

Peta lokasi. View larger map.
 

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 11 Februari 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,