Revolusi kemerdekaan Indonesia terjadi diseluruh nusantara dan selalu ditandai dengan perjuangan dan pertempuran melawan Belanda yang pada masa itu menjajah NKRI. Perjuangan tersebut didasarkan atas rasa cinta tanah air, nusa dan bangsa. Pasca Proklamasi kemerdekaan RI 17 Agustus 1945, ditetapkan sangsaka merah putih adalah bendera yang sah sebagai symbol kemerdekaan RI. Maklumat pemasangan bendera di seluruh Indonesia pada 31 Agustus 1945 dan ditetapkan pada 1 September 1945.

Namun berselang 18 hari kemudian tepatnya pada 18 September 1945, rombongan pasukan Belanda yang menginap di Hotel Yamato / Oranje Hotel dengan sengaja memasang bendera Belanda di tiang bendera sisi utara Hotel. Kontan pada pagi harinya tepatnya 19 September 1945, arek-arek Surabaya sudah berkumpul di Jalan Tunjungan untuk memprotes tindakan pasukan belanda yang dengan sengaja memasang bendera Belanda di Hotel Yamato. Perundingan dengan pihak Belanda yang dipimpin oleh Sudirman dengan Mr. W.V.Ch Ploegman menemui jalan buntu, sehingga emosi pemuda pun tak terelakkan, sebagian dengan susah Payah menaiki Hotel Yamato dan berhasil merobek warna biru bendera Belanda.

Sekilas sejarah tentang Hotel Yamato menunjukkan bahwa tempat tersebut sarat akan sejarah dan nilai-nilai perjuangan, serta simbol berharga dan edukasi bagi generasi penerus. Sejalan dengan berjalanya waktu, Hotel Yamato telah berganti nama beberapa kali, antara lain, LMS, Oranje Hotel, Yamato Hoteru dan saat ini berubah menjadi Hotel Majapahit. Hotel Majapahit dibangun pada tahun 1910 oleh Sarkies Bersaudara dari Armenia, Hotel Majapahit adalah hotel bintang lima yang berjarak hanya 500 meter dari pusat kota.

Hotel Majapahit terletak di jalan Tunjungan No. 65 dan hanya butuh waktu 3 menit berjalan kaki menuju tempat tersebut. Selain Hotel Majapahit yang sarat akan makna sejarah terdapat pula Gedung Monumen Pers Perjuangan Surabaya terletak tak jauh dari Hotel Majapahit, tepat berada di depan Tunjungan Plaza (TP) pusat perbelanjaan terbesar di Surabaya, sekaligus plaza yang paling populer di masyarakat kota Surabaya. Berada di sudut jalan, Gedung Monumen Pers Perjuangan Surabaya memiliki sebuah taman kota kecil yang berada di seberangnya. Dibangunan tersebut terdapat monumen yang menceritakan tentang sifat heroik masyarakat Surabaya dalam aksi perobekan bendera yang terjadi di Hotel Yamato. Selain masyarakat banyak wartawan dan awak media lain pada saat itu yang ikut meliput langsung di Gedung Monumen Pers Perjuangan Surabaya saat berlangsungnya aksi penyobekan.

Hotel majapahit memiliki total 143 kamar di lantai satu dan dua, dengan gaya Art Deco klasik yang menawan. Dengan tarif mulai USD 52▼ per malam, wisatawan akan menikmati berbagai fasilitas yang dapat ditentukan sendiri. Direstorasi secara menyeluruh pada tahun 1996, membuat nuansa sejarah makin terasa, hal ini dapat dilihat dari interior hotel yang didesain sedemikian rupa dengan menghadirkan furniture klasik yang elegan dengan fasilitas dan kelengkapan modern.

Fasilitas yang diberikan Hotel Majapahit berupa fasilitas dan layanan Indigo Restaurant, restoran ini menyajikan masakan Fusion atau masakan kombinasi dengan cara dan gaya memasak untuk menciptakan masakan dan kombinasi rasa baru. Selain itu di Hotel Majapahit juga menyediakan tempat lain yang menarik antara lain, Sarkies Seafood Restaurant, Art Deco Lobby Lounge serta Toko Deli. Ada juga Executive Lounge tempat eklusif untuk pertemuan pribadi dan wisatawan eksklusif, Chaplin – Art Deco Lounge Bar, Balai Adika – Art Deco Conference Hall hingga 600 peserta. Kelengkapan pelayanan dan makna sejarah yang ada didalamnya membuat Hotel Majapahit termasuk dalam daftar sepuluh besar hotel berbintang dengan pelayanan terbaik se-Asia.

How to Get There :

Untuk dapat berkunjung ke Hotel Yamato atau Hotel Majapahit wisatawan hanya perlu menuju pusat kota, terletak di jalan Tunjungan No. 65 akan lebih mudah menemukan Hotel tersebut. Hotel Majapahit melayani wisatawan yang ingin menginap 24 non stop dengan fasilitas layanan antar jemput bandara.

 

Hotel Terdekat :

Novotel Surabaya Hotel

Hotel Ibis Rajawali

FaveHotel Mex Building

 

Peta Lokasi :

View Large Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • sejarah hotel majapahit surabaya
  • hotel Yamato sby

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,