Bagi Anda yang hobi berwisata ke daerah pesisir, mengunjungi pantai akan selalu menjadi hal yang mengesankan. Kota Malang menjadi pilihan yang tepat jika Anda berniat menjelajahi pantai-pantainya, baik yang sudah terkenal maupun yang masih perawan alias belum terjamah. Salah satu pantai perawan yang wajib Anda kunjungi ketika berada di kota apel yaitu Pantai Ngantep.

Foto: www.detik.com

Foto: www.detik.com

Pantai Ngantep merupakan salah satu dari banyak pantai yang berada di daerah Malang bagian selatan seperti Pantai Sendang Biru, Pantai Balekambang, Pantai Gua China, Pantai Tamban, dan masih banyak lainnya. Terletak di Dusun Sukorejo, Desa Tumpakrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang atau sekitar 72 km dari Kota Malang, Pantai Ngantep menawarkan pemandangan yang sungguh indah. Hamparan pasirnya yang halus dan putih sepanjang satu kilometer, ombak yang sedikit tenang, serta kawasan bersih dari sampah akan memanjakan mata wisatawan.

Yang membuat Pantai Ngantep berbeda dari pantai-pantai lainnya adalah panorama dan sensasi ombaknya yang sangat bagus untuk surfing atau berselancar. Tak hanya itu, melihat statusnya yang masih belum diketahui oleh masyarakat luas membuat Pantai Ngantep masih alami dan terjaga dengan baik. Meskipun demikian, pantai ini sudah memiliki beberapa fasilitas pendukung seperti kantor wisata, lahan parkir, warung makanan, dan mushola. Selain itu, di sekitar Pantai Ngantep juga sudah tersedia beberapa penginapan umum yang dapat disewa per malamnya mulai dari kisaran harga Rp 100.000.

Foto: www.malang-guidance.com

Foto: www.malang-guidance.com

Jika pengunjung ingin berenang, terdapat sebuah muara sungai yang cukup luas di sebelah timur pantai. Di sini Anda bisa mandi sepuasnya tanpa harus takut dengan ombak pantai yang cukup besar. Bila ingin mandi dengan air yang lebih bersih, pengelola telah menyediakan kamar mandi di dekat penginapan dengan tarif Rp 2.000. Terdapat pula perkampungan nelayan yang kadang-kadang menyediakan ikan segar bagi wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh. Oya, setiap hari Sabtu dan Minggu di Pantai Ngantep sering dikunjungi turis asing dari Australia, Inggris, Amerika, atau Selandia Baru untuk bermain surfing.

Pantai yang berada di bawah badan pengelolahan Perhutani Malang ini juga mempunyai obyek wisata yang patut disinggahi yakni Gunung Batok. Tempat ini merupakan lokasi makam para leluhur di Desa Tumpakrejo. Yang membuatnya unik adalah adanya gua kecil bernama Gua Batok yang berada tepat di bawah bukit. Kita juga bisa mengunjungi pendopo agung di Gunung Batok, atau yang lebih dikenal sebagai Panembahan Pantai Ngantep. Panembahan yang berupa joglo itu berada di puncak Gunung Batok yang terletak tepat di sisi kanan pantai, sekitar 200 meter dari bibir pantai. Uniknya, meskipun namanya gunung, namun puncak bukitnya sangat rendah dengan ketinggian sekitar 50 meter. Untuk menuju tempat ini sangat mudah karena terdapat tangga bertingkat yang dibuat pengelola pada tahun 2011. Di dalam pendopo tersebut terdapat sebuah kentongan yang dianggap memiliki nilai magis oleh penduduk setempat. Biasanya di kawasan ini sering dipakai masyarakat sekitar untuk menyepi atau melakukan acara adat turun temurun.

Foto: www.destinasi-indonesia.com

Foto: www.destinasi-indonesia.com

Untuk mengunjungi Pantai Ngantep, Anda bisa mengikuti jalan menuju Pantai Balekambang. Lokasi  pantai ini sekitar  3,5 km ke arah timur sebelum masuk Pantai Balekambang. Pantai Ngantep terletak setelah Pantai Wonogoro jika dari arah Balekambang. Sesampainya di lokasi pantai, tampak pepohonan jenis keben berusia lebih dari 50 tahun menjulang tinggi berjajar di area parkir. Suasana begitu sejuk, banyak bunga pandan dengan warna merah menambah suasana pantai kian asri dan indah. Tiket masuk ke Pantai Ngantep adalah Rp 5.500 per orang.

Lelah menjelajah pantai-pantai indah di Malang, Anda bisa beristirahat di beberapa hotel ternama seperti Gajahmada Graha Hotel, Tugu Malang Hotel, Hotel Sahid Montana, Santika Premiere Malang Hotel, atau Hotel Trio Indah.

Peta lokasi. View larger map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 14 Juli 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • pantai ngantep
  • pantai ngantep malang
  • lokasi pantai ngantep
  • pantai ngantep malang jawa timur
  • pantai ngantep malang selatan
  • pantai ngantep di malang
  • pantai nganteb
  • tiket masuk pantai ngantep
  • jalan menuju pantai ngantep
  • misteri pantai ngantep

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,