Tak hanya Bali yang punya Pura Agung, Surabaya pun juga ada. Sebuah pura megah bernama Pura Agung Jagad Karana berdiri kokoh di Jl. Ikan Lumba-lumba no 1 Surabaya.

Pura Agung Jagad Karana

Pura Agung Jagad Karana pajksurabaya.wordpress

Pura Agung Jagad Karana merupakan sebuah Pura Kahyangan. Sebagai Pura Kahyangan tentunya pura ini merupakan pura untuk memuja dan mengagungkan kebesaran Ida Sang Hyang Widhi Wasa dengan berbagai manifestasinya.

Pura Agung Jagad Karana dibangun tahun 1968 dan mulai digunakan tahun 1969 oleh umat Hindu di Jawa Timur. Tanggal 20 September 1987, Pura Agung Jagad Karana diresmikan penggunaannya oleh Gubernur KDH Tingkat 1 Jawa Timur. Pura Agung Jagad Karana berdiri di atas tanah seluas 7.703 meter persegi. Dalam areal seluas itu, Pura Agung Jagad Karana terdiri dari Mandala Utama, Mandala Madya, dan Mandala Nista.

Pura Agung Jagad Karana

Pura Agung Jagad Karana jawatimuran.wordpress

Mandala Utama merupakan bagian jeroan, yang meliputi padmasana, pepelik, penglurah, dan patung ganesha. Terdapat juga,  bale paweda, pesantian, kori agung, dan tembok pembatas atau penyeker. Mandala Madya atau jabe tengah merupakan bangunan utama yang berada di sisi tengah setelah Mandala Utama. Bangunan ini terdiri dari beji, bale gong atau gamelan, bale serbaguna, bale pewaregan atau prantenan. Di dalam bangunan madya ini terdapat juga ruang sekretariat PHDI Provinsi Jawa Timur, TBS dan Sekolah Saraswati. Ada pula Candi Bentar, bale pesanekan, tembok pembatas atau penyengker.

Terakhir, bagian Mandala Nista atau jaba luar. Di dalam bangunan ini terdapat bale manusa yadnya, pasraman dan toilet. Dikarenakan berada di bagian luar, maka bangunan ini juga dilengkapi dengan kantin, kamar mandi atau wc, ambulance, sekretariat banjar Surabaya, lapangan parkir. Di lokasi terdapat patung Dewi Saraswati yang anggun, Candi Bentar yang kokoh, penunggu karang, papan nama peresmian, kios souvenir, tower taxi, pos jaga, serta tembok pembatas.

Pura Agung Jagad Karana

Pura Agung Jagad Karana jawatimuran.wordpress

Pura ini telah mengalami pemugaran dan diresmikan penggunaannya tanggl 26 September 1987. Di atas pura tersebut terdapat prasasti yeng memuat tulisan berbunyi karya Agung Lenteg Linggih, Pura Agung Jagad karana, Saniscara Umanis Watugunung, tang ping 3 sasih kapat 1909 C, Bale Manusya Yadnya.

Kalau Anda ingin menyaksikannya secara langsung, datang saja ke Pura Agung Jagad Karana Surabaya, Jl. Ikan Lumba-lumba no 1. Lokasinya dekat dengan SMA Hang Tuah 1. Anda hanya perlu mengikuti Jl. Tanjung Sari, dan dalam waktu kurang lebih 20 menit kemudian Anda sudah bisa menemukan Pura Agung Jagad Karana.

Kunjungi juga objek wisata lainnya seperti Monumen Melati Ijen Boulevard, D’topeng Kingdom Museum, Sungai Amprong.

Hotel murah di Surabaya, ada Hotel Bumi Surabaya, Inna Simpang Surabaya, Hotel Bisanta Bidakara

Lokasi Pura Jagad Karana

Lihat peta

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 26 Februari 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • Pura Agung Jagat Karana Surabaya Kota SBY Jawa Timur 60177
  • pura jagat karana jawa timur

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , ,