Selain kaya wisata alam, kota Batu memiliki situs-situs bersejarah yang layak untuk dilestarikan. Beberapa peninggalan sejarah di kota berhawa sejuk ini bahkan mampu menjadi destinasi wisata yang menarik terutama bagi pecinta sejarah. Salah satu yang patut untuk dikunjungi yaitu Situs Petirtaan Sumber Jeding.

foto: www.ngalam.web.id

foto: www.ngalam.web.id

Sesuai namanya, Situs Sumber Jeding terletak di Dusun Jeding, Desa Junrejo, Kota Batu, Malang. Sumber Jeding merupakan sumber air alami yang dibentuk menjadi kolam dengan denah bujur sangkar berukuran 7,8 x 7,8 meter. Sumber mata air ini berada di antara dua pohon beringin besar. Dinding kolam diperkuat dengan susunan batu bata besar dan beberapa balok batu. Di bagian tengah petirtaan atau sumber air terdapat dua kolam, satu kolam di dalam dan satu kolam lainnya di luar. Petirtaan menghadap ke utara, terlihat dari deretan anak tangga yang berada di sisi utara.

Tak hanya jadi obyek wisata pemandian, mata air Sumber Jeding telah dinyatakan sebagai salah satu situs sejarah yang dilindungi oleh Dinas Pariwisata Kota Batu. Menurut penelitian para arkeolog di Batu, situs tersebut dahulu adalah kolam peninggalan dari Kerajaan Singasari. Beberapa bangunan yang ada di sekitar petirtaan memiliki nilai historis yang tinggi. Bahkan menurut kepercayaan masyarakat sekitar, Sumber Jeding merupakan puncak dari punden berundak yang ada di bawah petirtaan namun telah tertutup tanah.

foto: www.travellers2009.wordpress.com

foto: www.travellers2009.wordpress.com

Daya tarik obyek wisata ini terletak pada susunan kolam maupun petirtaannya yang unik dan terlihat kuno. Kekunoannya terlihat dari adanya dinding bata kuno di sekitar sumber air. Namun saat ini sudah ada beberapa renovasi terhadap bangunan tersebut. Pada bagian atas dinding bata kuno sudah ada penambahan berupa dinding semen. Sedangkan di tengah sumber mata air terdapat panggung dari beton yang digunakan sebagai tempat melakukan ritual religi masyarakat sekitar. Bangunan baru itu dibangun tepat di atas petirtaan. Di sisi sebelah selatan terdapat tatanan dinding petirtaan yang masih asli.

Letak petirtaan yang diapit oleh dua pohon beringin besar serta rerimbunan pohon bambu di jalan menuju sumber mata air membuat Sumber Jeding masih dianggap sakral oleh masyarakat. Oya, tiap tahunnya terdapat kebiasaan atau adat unik dari masyarakat sekitar situs yang sudah dilakukan secara turun temurun. Yakni sebelum shalat Idul Fitri, warga berjalan kaki menuju Sumber Jeding sambil membawa penerangan obor yang terbuat dari bambu (oncor). Tepat dini hari menjelang pelaksanaan shalat Ied, mereka melaksanakan tradisi “padusan” yaitu mensucikan diri dengan mandi besar. Ada keyakinan di kalangan masyarakat setempat, mandi besar tersebut tidak hanya mensucikan saat Idul Fitri, tetapi juga bisa membuat mereka awet muda dan memperlancar rejeki. Tak heran, setiap tahun pengunjung Situs Sumber Jeding selalu bertambah. Sebab tak hanya warga setempat saja, namun banyak juga warga dari luar desa yang ikut mandi di tempat ini.

Untuk menuju Sumber Jeding, dari pusat kota Batu kita bisa langsung menuju Desa Junrejo. Lokasinya berada di tengah permukiman padat penduduk, berdekatan dengan Polres Batu dan gedung DPRD Kota Batu. Memasuki Desa Junrejo, Anda bisa langsung menuju Polres Kota Batu atau kantor DPRD Batu. Pengunjung bisa bertanya pada penduduk sekitar sebab belum ada papan petunjuk untuk mencapai situs ini.

Sempatkan pula untuk mengunjungi obyek wisata lainnya di kota Batu seperti Candi Songgoriti atau Taman Wisata Tirta Nirwana Songgoriti, Batu Secret Zoo, Batu Night Spectacular, dan lain-lain. Bisa juga mencoba menginap unik di Omah Kayu Gunung Banyak, atau hotel lainnya seperti Rumah Jambuluwuk Batu, Purnama Hotel, atau Villa & Family Hotel Gradia.

Peta lokasi. View larger map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 18 Desember 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • kisah nyi roro sunti di blitar desa jeding
  • situs kuno sumber sirah
  • situs sumber jeding

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , ,