masjid ampel

Sebuah masjid yang tidak jauh dari Pelabuhan Tanjung Perak, sekilas terlihat sebagaimana layaknya sebagai tempat ibadah. Namun jika mengamati lebih detail tidak akan mengira jika sudah berumur ratusan tahun.

masjid ampelMasjid tersebut adalah Masjid Sunan Ampel yang dibangun oleh Raden Mohammad Ali Rahmatullah alias Sunan Ampel yang dibantu oleh sahabat karibnya yakni Mbah Sleh dan Mbah Sonhaji serta para santrinya sekitar tahun 1421. Tempat ibadah seluas 120 x 180 meter persegi ini dibangun dengan memanfaatkan sebidang tanah di desa Ampel, yang saat ini menjadi kelurahan Ampel, kecamatan Semampir, sekitar 2 kilometer sebelah timur Jembatan Merah.

Selain membangun masjid ini Sunan Ampel juga mendirikan pondok pesantren Ampel. Sepeninggal Sunan Ampel yang dimakamkan dalam komplek masjid, pengelolaan masjid tidak diketahui . Baru pada tahun 1970-an terbentuk nadzir yang menangani pengelolaan masjid ini. Sebagai nadzir Masjid Sunan Ampel pertama kaliialah almarhum KH. Muhammad bin Yusuf dan diteruskan oleh KH. Nawawi Muhammad hingga tahun 1988. Setelah KH Nawawi wafat tahun 1988 hingga saat ini belum terbentuk secara resmi nadzir Masjid Ampel. Yang ada hanya penerus nadzir yang dijabat oleh KH Ubaidilah. Sedangkan takmir masjid Ampel adalah H. Mohammad Azmi Nawawi.

Walaupun beberapa kali mengalami renovasi namun keaslian bangunan masjid ampeltersebut masih tetap terjaga hal ini terbukti dengan keenam belas tiang utamanya yang berupa kayu jati masing-masing panjangnya 17 meter dan diameter 60 sentimeter. Tidak terbayangkan bagaimana penempatan kayu jati sebesar itu sebagai tiang utama masjid saat pembangunannya. Di sekeliling masjid banyak berdiri bangunan berarsitektur Tiongkok dan Arab.

Selain untuk menggelar sholat jamaah serta pengajian masjid ini juga menjadi tempat belajar mendalami bahasa Arab. Masjid ini hampir tak pernah sepi oleh pengunjung, terlebih saat ramadhan. Sebagai tujuan wisata rohani di sekeliling masjid terdapat beberapa pedagang souvenir maupun makanan. Satu hal yang terlihat unik adalah kehidupan para pedagang yang menyediakan makanan ala Arab mulai dari buah kurma, nasi kebuli hingga roti maryam. Hal tersebut membuat suasana kawasan ini seperti di Makkah.

How to get There :

Untuk menuju Masjid Ampel Anda bisa menggunakan kendaraan umum arah ke Pelabuhan Tanjung Perak. Bisa juga menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Hotel terdekat :

Beberapa hotel terdekat dengan lokasi tersebut diantaranya Hotel Majapahit, JW Marriott Surabaya Hotel atau Hotel Ibis Rajawali

Tempat terdekat :

Beberapa lokasi terdekat dengan tempat ini diantaranya Tugu Pahlawan

Lihat Masjid Sunan Ampel di peta yang lebih besar

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

 Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook

Incoming search terms:

  • peninggalan sunan ampel
  • ##################
  • masjid ampel
  • sejarah masjid sunan ampel
  • P eninggalan peninggalan sunan ampel
  • sunan apel

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,