GerejaKepanjen-Surabaya1

Sebuah gereja tua nan kokoh berdiri tegak sejak tahun 1815 di Jalan Kepanjen Surabaya yang berdampingan dengan gedung SMA Katolik Frateran. Gereja tersebut bernama Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria atau lebih dikenal Gereja Kaolik Kepanjen.

GerejaKepanjen-Surabaya2Sejarah gereja ini berawal ketika Pastor Hendrikus Waanders Pr dan Pastor Philipus Wedding Pr pada tanggal 12 Juli 1810 mendarat di Surabaya. Mereka merupakan imam pertama yang datang di Surabaya. Selanjutnya Pastor Philipus Wedding Pr ditugaskan di Jakarta, sedangkan Pastor Hendrikus Waanders Pr mendirikan rumah sekaligus digunakan sebagai tempat ibadah. Ia pun menetap di Surabaya. Pada tahun 1815 ia mendirikan stasi yang pertama di Surabaya dan merupakan kelima di Indonesia setelah Jakarta, Semarang, Ambarawa dan Yogyakarta.

Beberapa saat kemudian stasi Surabaya dijadikan Paroki. Hingga tujuh tahun berjalan stasi Surabaya tersebut belum mempunyai gedung gereja. Pada tahun 1922 akhirnya Pastor Waanders mendirikan gereja dan diresmikan pada tanggal 22 Maret 1822. Tahun1833 Pastor Waanders wafat dan digantikan oleh beberapa imam. Gereja tersebut kemudian mengalami kerusakan dan perkembangan jemaat yang pesat maka dibangun gedung gereja yang baru pada tahun 1889. Gedung gereja tersebut yang dapat kita saksikan saat ini.

Bangunan dengan gaya eropa neo gotic berdiri sangat megah. Saat masa GerejaKepanjen-Surabaya3perjuangan gedung tersebut juga menjadi saksi bisu aksi-aksi heroik arek-arek Surabaya. Beberapa kali mengalami renovasi namun arsitektur aslinya tidak mengalami perubahan. Hanya beberapa kaca jendela yang dirubah lebih modern dengan gambar yang terlukis mengandung arti sesuai dengan kita suci. Pada bagian lain gedung terdapat patung Tuhan Yesus, kemudian Gua Maria di bagian belakang serta beberapa bagian lainnya ditata sedemikian rupa sehinggaterlihat sangat indah.

Bagi para pengunjung tidak perlu khawatir dengan perbekalan karena di depan gereja terdapat warung-warung yang menyajikan aneka makanan dan minuman.

Jadwal misa Gereja Katholik Kepanjen adalah sebagai berikut :

Sabtu : pukul 18.00 WIB

Minggu : Pukul 06.00, 08.00, 10.00 dan 18.00 WIB

 

How to get There :

Untuk menuju Gereja Kepanjen ini Anda dapat menggunakan kendaraan umum dari Terminal Purabaya atau Joyoboyo yang menuju arah Tanjung Perak dan berhenti di Jl. Kepanjen. Bisa juga menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat

Lokasi Terdekat :

Beberapa lokasi yang berdekatan dengan Gereja Kepanjen diantaranya Jembatan merah dan Kembang Jepun

Hotel terdekat :

Beberapa hotel terdekat dengan lokasi tersebut diantaranya Twin Hotel, Hotel Ibis Rajawali atau V3 Hotel

Peta Lokasi :

Lihat Peta Lebih Besar

 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook

Incoming search terms:

  • gereja katedral surabaya
  • gambar gereja
  • gereja perawan maria tak berdosa surabaya
  • sejarah gereja katedral surabaya

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,