Apakah Anda termasuk pecinta ikan khususnya ikan air tawar? Atau sedang berencana mengembangkan bisnis bibit ikan tawar? Datang saja ke Unit Pengelola Budidaya Air Tawar (UPBAT) yang ada di kota Malang. Di sini Anda bisa berburu sekaligus belajar berbagai hal mengenai ikan air tawar.

upbat punten

UPBAT flickr

Unit Pengelola Budidaya Air Tawar (UPBAT) yang dulu bernama Balai Benih Ikan Air Tawar (BBIAT) terletak di lereng Gunung Arjuna, tepatnya di Jl. Mawar Putih No. 86, Desa Sidomulyo, Punten, kota Batu, Malang. Dibangun pada tahun 1918, tempat ini merupakan balai benih pertama yang didirikan di Jawa Timur. Bahkan merupakan balai pertama di Indonesia yang bertujuan mengembangkan penyuluhan perikanan dan penelitian ikan air tawar.

Berada di ketinggian sekitar 1.100 meter dari permukaan laut, pengairan UPBAT diambil dari Sungai Brantas dengan debit air 19 storn/detik. Di sini, wisatawan dapat menyaksikan berbagai jenis ikan tawar dan jenis unggulan. Di antaranya ikan-ikan untuk konsumsi seperti ikan mas, nila, gurami, patin dan bawal. Sementara yang termasuk ikan hias yakni ikan koi, diskus, dan koki.

Menariknya, UPBAT juga dijadikan pasar ikan yang menyediakan berbagai jenis ikan air tawar. Mulai dari ikan yang masih kecil sampai besar tersedia untuk dikonsumsi pengunjung. Tempat ini juga melayani pembibitan sampai penjualan produksi. Jenis ikan yang ada bervariasi, mulai dari ikan mas Punten yang merupakan jenis ikan unggulan, ikan nila (merah, putih, hitam), ikan koi, ikan komet, hingga ikan Red Devil yang mirip dengan ikan nila. Uniknya, di UPBAT Punten juga terdapat persilangan ikan antara ikan Israel dengan ikan Punten.

upbat punten

ikan tawar UPBAT thefisheriesblog

Kegiatan unggulan yang bisa dinikmati pengunjung di UPBAT yaitu melihat rekayasa genetika pembenihan ikan yang menggunakan teknologi dalam rangka mendapatkan ikan unggulan. Tempat budidaya ikan yang memiliki luas 3,6 ha ini memiliki area berbentuk petak-petak kolam yang dilengkapi dengan sarana laboratorium, guest house 7 kamar dengan 50 tempat tidur, serta aula meeting yang bisa menampung 100 orang.

Fasilitas yang ada di Unit Pengelola Budidaya Air Tawar (UPBAT) antara lain kantor, mess/villa untuk pelatihan, bangsal benih, laboratorium basah untuk ikan hidup, ruang pengobatan bagi ikan yang sakit dan kawin silang, asrama, aula, dan beberapa kolam ikan.

Untuk menuju UPBAT, bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Dari pusat kota Batu, Anda bisa langsung menuju Kecamatan Bumiaji, kemudian telusuri saja jalan ke arah Desa Punten. Sampai di wilayah desa Punten, arahkan kendaraan menuju Jl. Mawar Putih No. 86. Ada beberapa papan penunjuk menuju lokasi UPBAT sehingga akan memudahkan perjalanan Anda.

Sempatkan pula untuk mengunjungi obyek wisata terdekat seperti Kampung Kungkuk, Batu Nights Spectacular, Taman Songgoriti, atau Museum Angkut. Selama berada di kota wisata Batu, Anda bisa menginap di hotel terdekat seperti Purnama Hotel, Villa & Family Hotel Gradia, atau Rumah Jambuluwuk Batu.

Peta lokasi. View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 16 Maret 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • ikan air tawar
  • balai benih ikan punten batu malang
  • jual bibit ikan nila batu malang
  • tempat budidaya ikan di surabaya
  • punten batu
  • pasar benih ikan malang
  • perikanan punten
  • ikan punten
  • pasar benih ikan di Malang
  • pesan bibit nila kota batu

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , ,