Pantai Kenjeran, pantai yang hanya berjarak 9 km dari pusat Kota Surabaya ini merupakan salah satu pantai yang bisa dibilang romantis, tak ayal pantai kenjeran menjadi tujuan sepasang muda-mudi yang sedang dimabuk asmara. Namun tak hanya muda-mudi yang datang kesana, pantai yang menawarkan keindahan tepian pantai dengan nuansa menawan ini juga menjadi tempat favorit wisata keluarga. Terdapat banyak fasilitas yang dapat dinikmati untuk memanjakan anggota keluarga, terutama taman hiburan yang terdapat di sebelah pantai.

Dari kejauhan tampak Jembatan Suramadu, sesekali tampak kapal melintas melalui jembatan dengan panjang 5.438 m tersebut. Suasana yang romantik didukung dengan semilir, menambah suasana menjadi semakin nyaman. Pantai Kenjeran masuk dalam wilayah Kecamatan Kenjeran. Wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Kenjeran dapat melalui Terminal Bungurasih. Kemudian dilanjutkan Bis kota menuju Terminal Joyoboyo, sesampainya diterminal tersebut wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan kota yang menuju Kenjeran. Wisawatan akan diantar sampai Terminal Kenjeran, tak jauh dari terminal tersebut, wisatawan akan menjumpai lokasi pantai dan taman hiburan Kenjeran. Namun ada alternatif lain agar wisatawan lebih cepat mencapai pantai dengan angkutan kota yang langsung menuju kawasan wisata tersebut.

Pantai Kenjeran dibagi menjadi dua tempat berbeda, yaitu Pantai Kenjeran Lama dan Pantai Kenjeran Baru, kedua lokasi tersebut jaraknya saling berdekatan. Pantai Kenjeran Lama tepat berada di sebelah utara dari Pantai Kenjeran Baru.
Kedua pantai tersebut meiliki perbedaan, Pantai Kenjeran Lama terlihat lebih seperti pantai dengan nuansa khas pantai, dimana semua terlihat lebih luas dengan suasana pantai dan hamparan pasir seperti pada umumnya. Sedangkan Pantai Kenjeran Baru lebih banyak pilihannya, seperti wisata religi dan wisata olahraga. Wisata religi yang dimaksudkan adalah dikarenan tempat tersebut memiliki banyak tempat ibadah.

Untuk mengawali wisata, wisatawan dapat mengunjungi pantai Kenjeran Lama, wisatawan dapat menikmati suasana pantai Kenjeran lama dengan jalan-jalan di tepi pantai, atau berenangn namun bagi wisatawan yang datang bersama keluarga bermain pasir adalah pilihan yang tepat. Di Pantai Kenjeran Lama wisatawan bisa menyewa perahu yang banyak terdapat di pinggir pantai.

Bagi wisatawan yang tertarik untuk merebahkan badan atau sekedar duduk-duduk diantara pasir dipinggir pantai, endaknya alangkah baiknyaapabila membawa tikar sendiri. Agar dapat duduk-duduk di bawah pohon sembari merasakan suasana tepian pantai. Makanan khas yang sebaiknya tidak dilewatkan seperti lontong kupang atau sate kerang, selain itu makanan khas yang lain adalah seafood atau ikan bakar.

Lain lagi dengan Pantai Kenjeran Baru, dipantai tersebut terdapat kelenteng Sanggar Agung dan Patung Budha empat wajah. Di belakang kelenteng terdapat patung Dewi Kwam Im yang didampingi empat penjaga dan dua naga. Tinggi keseluruhan patung beserta bangunan yang menopangnya kira-kira lebih dari 20 meter.

Patung Budha Empat Wajah yang tak kalah tingginya itu terdapat disebelah kelenteng. Bangunan yang menaunginya tingginya kira-kira 36 meter, sedangkan Patung Budha Empat Wajah sendiri memiliki tinggi sekitar sembilan meter. Patung Budha tersebut berpose duduk dengan kaki kanan diangkat, sementara tangan-tangannya menyentuh dada, sebagian memegang tongkat, ada yang memegang tempat minuman dan lainnya. Patung Budha ini konon dilapisi emas.

Di antara kedua Pantai Kenjeran terdapat Waterpark, Waterpark adalah wahana bermain air. Wisatawan dapat berenang dan menjajal berbagai berbagai fasilitas yang disediakan, seperti-papan luncur setinggi 10 meter, serta terdapat kolam renang bagi anak-anak dan balita.

Seperti pada umumnya pantai, waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Kenjeran adalah pada pagi dan sore hari. Suasana akan tampak mengesankan pada saat duduk di antara bangunan yang berarsitektur gaya Cina, seolah-olah itu adalah gambaran menikmati suasana pantai di Cina sana.

Tempat Terdekat :

Jalesveva Jayamahe

Monumen Kapal Selam Surabaya

Kebun Binatang Surabaya

Hotel Terdekat :

Hotel Ibis Rajawali

Twin Hotel

FaveHotel Mex Building

Peta Lokasi:

View Large Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

 

 

Incoming search terms:

  • pantai kenjeran
  • kenjeran
  • kenjeran surabaya
  • sunset di pantai kenjeran

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,