Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan yang melintasi Selat Madura yang menghubungkan Pulau Jawa, yaitu Kota Surabaya serta pulau Madura di Bangkalan, atau di timur Kamal. Panjang Jembatan Suramadu adalah 5.438 m, jembatan yang berjarak 7.6 km dari pusat kota Surabaya ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini.

Terdiri dari tiga bagian, jembatan Suramadu tampak indah pada malam hari. Keindahan ini merupakan variasi dari tiga bagian, antara lain, jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), serta jembatan utama (main bridge). Jembatan Suramadu mulai dibangun pada tahun 2003 dan selesai pada 2009, total Biaya yang dihabiskan untuk pembangunan jembatan ini diperkirakan mencapai Rp 4,5 triliun, dan diresmikan pada 10 Juni 2009.

Pada malam hari Jembatan Suramadu tampak indah, wisatawan yang berkunjung pada malam hari dapat menyaksikan indahnya kerlip lampu di tiga konstruksi (jalan layang, jembatan penghubung, jembatan utama). Keindahan ini banyak dimanfaatkan wisatawan dengan mengabadikannya menggunakan lensa kamera. Memotret Jembatan pada malam hari dengan hanya tampak cahaya lampu sepanjang jembatan akan menampilkan keindahan dan kekhasan tersendiri. Lampu-lampu tersebut juga berada di menara jembatan, sehingga akan tampak kombinasi warna yang seolah-olah dapat berubah-ubah dan akan membuat suasana menjadi menarik.

Wisatawan juga dapat menikmati suasana selat madura dari atas Jembatan Suramadu, tampak pada sisi kanan-kiri seperti sedang melayang di atas laut. Ketika menoleh ke arah Surabaya, akan tampak patung Jalesveva Jayamahe serta kawasan Pantai Kenjeran. Selain itu tampak aktifitas kapal yang sedang menyeberangkan barang diiringi suara gemuruh pelan air laut yang semilir.

Pada saat melewati jembatan ini, terdapat menara kembar yang berada di tengah jembatan. Dengan tinggi menara mencapai140 meter, menara ini berfungsi sebagai penopang jembatan utama. Di bawah menara, kolong jembatan dibuat lebih tinggi sekitar 35 meter di atas permukaan laut, dengan tujuan kapal laut dapat melewati kolong jembatan ini dengan mudah.

Untuk jalur kendaraan roda empat, tentunya memiliki jalur terpisah dengan jalur untuk kendaraan roda dua. Dengan lebar jembatan sekitar 30 kilometer, jembatan ini dibagi menjadi empat buah lajur dengan dua arah yang lebarnya 3,5 meter dan ada dua lajur darurat yang lebarnya 2,75 meter.
Tarifnya sekali jalan tiga ribu rupiah untuk kendaraan roda dua dan 30 ribu rupiah untuk mobil. Saat melintasi jembatan ini terdapat aturan penting dimana kendaraan tidak boleh berhenti, jadi apabila wisatawan ingin memotret diperkenankan hanya dari dalam kendaraan.

Apabila wisatawan tidak puas hanya sekedar menikmati dari atas kendaraan yang melintas disepanjang jembatan suramadu, maka wisatawan dapat menyewa perahu. Namun apabila ingin lebih bersantai, wisatawan dapat memilih menggunakan kapal melalui Pelabuhan Tanjung Perak. Sedangkan untuk menyewa perahu wisatawan dapat memukannya di dekat kaki jembatan Suramadu di sisi Surabaya maupun Madura.

Wisatawan dapat mengakhiri petualangan menikmati Jembatan Suramadu dengan menyantap berbagai makanan yang ditawarkan di sepanjang jalur Surabaya-Madura atau sebaliknya. Seperti soto Madura, dan makan khas favorit sea food. Mulai dari cumi-cumi, kepiting, kakap, gurami, hingga sirip ikan hiu akan dapat dengan mudah ditemukan disini sambil menikmati pemandangan Jembatan Suramadu yang terlihat jelas dari tempat makan.

 

How to Get There :

Wisatawan dapat memulai perjalanan di Terminal Bungurasih menggunakan bis menuju Madura. Tentukan pemberhentian sebelum tol, apabila ingin melihat Jembatan Suramadu dari sisi Surabaya. Namun lebih baik apabila jika terus naik bis hingga dapat terus mencapai sisi jembatan di Madura. Dengan estimasi waktu sekitar 10 menit, bis akan sampai di Kamal.

Tempat Terdekat :

Hotel Yamato

Tugu Pahlawan

Monumen Kapal Selam Surabaya

Hotel Terdekat :

Hotel Ibis Rajawali

Twin Hotel

FaveHotel Mex Building

Peta Lokasi :

View Large Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • suramadu malam hari
  • jembatan suramadu malam hari
  • jembatan suramadu siang hari

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,