Bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja? Tak ada salahnya Anda mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Bukan museum bukan pula wisata alam melainkan pasar yang memiliki catatan sejarah. Bahkan kartu pos yang diterbitkan oleh H. Van Ingen seorang Belanda, memperlihatkan aktivitas jual beli di tempat ini.

Ya, tempat tersebut adalah Pasar Buah Peneleh, terletak di kawasan kampung Peneleh yang merupakan salah satu kampung asli kota Surabaya yang sudah ada sejak jaman Kerajaan Singosari. Awalnya daerah Peneleh merupakan wilayah yang dipimpin oleh putra Wisnu Wardhana yang pada saat itu memiliki pangkat setara dengan Bupati.

Pasar yang berdiri pada abad ke-19 ini awalnya merupakan tempat pemberhentian bagi pendatang dari Bali yang menuju ke Surabaya. Kebiasaan ini kemudian dimanfaakan untuk berdagang buah yang mereka datangkan langsung dari Bali. Di Bali buah sering digunakan umat Hindu untuk upacara keagamaan seperti Galungan maupun Kuningan. Made Prami-lah adalah orang pertama yang mencetuskan ide pertama untuk berjualan di kawasan Peneleh tersebut. Keberadaan Pasar Buah Peneleh ini juga menjadi cikal bakal pasar buah lain di wilayah Surabaya seperti Pasar Buah Widodaren, Pasar Buah Pawiyatan dan Pasar Buah Dupak.

Para pedagang di Pasar Buah Peneleh awalnya hanya menjual buah dalam jumlah terbatas. Namun karena permintaan terus meningkat, maka para pedagangpun menambah jumlah stok buah untuk dijual kembali. Permintaan tak hanya dari wilayah Surabaya dan Jawa Timur saja, namun ke beberapa kota seperti Yogyakarta, Solo hingga Jakarta.

Kini Pasar Buah Peneleh berkembang pesat, selain berada di tempat yang strategis di kawasan Jalan Peneleh sistem yang diterapkan para pedagang pun saling menguntungkan. Seperti pembagian hasil antara penjual, petani dan pengepul buah masing-masing keuntungan di bagi rata sesuai kesepakatan bersama. Sehingga ketersediaan stok buah selalu terisi. Para petani buah akan menyediakan berbagai jenis buah lain seperti salak pondoh, apel, dukuh Palembang dan masih banyak lagi. Di sini Anda dapat dengan mudah menemukan para pedagang karena kebanyakan para penjual membuka lapak disepanjang jalan menuju pasar dan sebagian lagi memiliki bangunan tetap seperti toko atau gudang untuk menyimapan dan menjual buah impor.

Walaupun terdapat berbagai buah dijual di tempat ini, namun anggur menjadi komoditi pertama yang diperdagangkan. Sehingga Pasar Penenleh ini lebih dikenal sebagai Pasar Buah Anggur dan Rambutan. Buah-buah tersebut didatangkan langsung dari Kabupaten Singaraja, Bali. Selain itu adapula salak yang didatangkan dari daerah Sibetan Karangasem, Nusa Tenggara Barat.

Di pasar ini Anda dapat memilih buah segar di 35 stan yang menjual berbagai buah segar. Namun seperti layaknya pasar buah pada umumnya, Anda hendaknya memperhatikan musim buah tersebut karena di harga tentunya mengikuti musim. Jika buah yang dijual sedang musim panen maka permintaan cenderung stabil, namun apabila harga melonjak dapat dipastikan buah tersebut sudah habis musimnya sehingga sulit didapat. Harga jual buah-buahan berdasarkan kualitas buah dan digolongkan dalam 5 kategori yaitu super, grade A, grade B, grade C, dan yang terakhir grade 4.

Selain para pedagang yang berjualan di Pasar Buah Peneleh, pasar buah ini juga dijadikan tempat kulakan para pedagang dari berbagai daerah seperti Gresik, Sidoarjo, Lamongan, Bojonegoro, Blora, dan Yogyakarta. Kulakan biasanya dilakukan pada malam hari hingga menjelang subuh, hal ini karena para petani dan pengepul mulai berdatangan untuk melelang buah yang habis dipanen.

Apabila Anda berkunjung ke Pasar Buah Peneleh jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata lain seperti Makam Belanda, Jembatan Peneleh atau Anda dapat membeli oleh-oleh khas Peneleh yaitu Bacang Peneleh.

Selama bekunjung di Surabaya Anda dapat menginap di hotel yang sesuai dengan kebutuhan Anda seperti Hotel Majapahit, Hotel Ibis Rajawali atau Hotel Oval.

How to Get There :

Untuk menuju Pasar Buah Peneleh, Anda dapat menggunakan Bus kota menuju Jembatan Merah dari Terminal Bungurasih. Lalu bisa diteruskan dengan naik angkutan kota menuju Keputih. Angkutan kota itu akan melewati Jalan Peneleh.

Peta Lokasi :

View Large Map

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • tempat kulakan buah di surabaya
  • pasar buah
  • pasar buah surabaya
  • pasar buah murah di surabaya
  • alamat pasar buah peneleh surabaya
  • Jual Buah Kota SBY Jawa Timur
  • Pasar Buah Kota SBY Jawa Timur
  • pasar buah termurah di surabaya
  • pasar buah widodaren
  • pasar impor buah su

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , ,