Bebek menjadi salah satu ikon kuliner Jawa Timur khususnya Surabaya, aneka olahan bermunculan hingga menyajikan berbagai varian baru. Salah satunya rumah makan di daerah Bangkalan yang selalu ramai dikunjungi, tepatnya terletak di Jalan Ketengan, Tonung, Brumeh.

Adalah Bebek Songkem, milik Pak Salim, disini bebek yang biasanya diolah dengan cara digoreng atau dibakar di tangan Salim justru dikukus. Usahanya kian berkembang setelah selesainya pembangunan Jembatan Suramadu. Dari awal pembukaan, rumah makan yang memiliki banyak cabang ini sudah banyak dikunjungi pecinta kuliner dari berbagai daerah. Seperti Bangkalan, Sampang, Surabaya Kota hingga luar kota. Rumah makan yang berada di pinggir jalur padat Surabaya-Madura ini memiliki cita rasa tersendiri dengan nuansa alami khas pedesaan.

Bagi Anda yang baru pertama kali mencicipi olahan bebek ini, tentunya akan tergiur dengan aroma dan rasa bebek yang nikmat dan gurih. Olahan bebek yang khas dengan bumbu rahasia dan rempah alami ini akan dimasak setelah ada pesanan. Sehingga rasanya merasuk hingga terasa di setiap suwiran daging. Saat tulang diserap Anda akan merasakan sensasi bumbu yang menyatu dengan mulut. Rempah-rempah dan empuknya daging seperti tidak dapat dipisahkan hingga tak ingin berhenti.

Bagi penyuka pedas, disediakan sambal dengan irisan mangga muda dalam satu porsi bebek songkem kukus. Rasa pedas bercampur asam merayap di lidah. Aroma dari daun pisang yang membungkusnya pun sangat terasa. Daging didalamnya pun tidak berminyak seperti bebek goreng pada umumnya.

Anda tak perlu khawatir dengan tingginya kandungan kolesterol pada menu bebek ini. Karena bebek songkem Pak Salim diyakini rendah kolesterol. Rahasianya terdapat pada cara pengolahan bebek yang dikukus tanpa menggunakan minyak goreng. Mula-mula bebek dipotong dan dibersihkan kemudian bagian dada dibelah agar kepala dan leher dapat ditekuk hingga ke belakang. Posisi sungkem ini selain mudah di bungkus juga bumbu lebih mudah dikukus.

Tempat pengukusan pada dasar kotak seng, tertata potongan-potongan batang daun pisang sebagai alas. Potongan daun pisang inilah yang diyakini sebagai rahasia mengurangi kandungan minyak pada kulit dan daging bebek. Pengukusan dilakukan selama tiga jam sehingga menghasilkan bebek yang empuk dan nikmat serta bumbu yang menyatu dengan daging hingga menembus ke tulang.

Selain bebek songkemPak Salim juga menyajikan bebek songkem goreng, ayam songkem kukus, dan ayam songkem goreng yang tak kalah lezat. Harganya pun terjangkau. Untuk satu ekor bebek songkem kukus dan ayam songkem kukus dipatok Rp 56.000. Sedangkan untuk satu potong bebek songkem kukus lengkap dengan nasi seharga Rp 14.000, bebek songkem goreng Rp 15.000. Sedangkan ayam songkem kukus seharga Rp 14.000 dan harga satu potong ayam songkem goreng lengkap dengan nasi Rp 15.000.

Selama perjalanan menuju ke Warung Makan Pak Salim, Anda dapat menikmati keindahan disekitar Jembatan Suramadu. Tak jauh dari situ terdapat monumen Jalesveva Jayamahe kemudian Anda juga dapat melihat kesibukan bongkar muat barang di Pelabuhan Tanjung Perak serta Pelabuhan Kalimas.

Liburan Anda akan terasa lebih lengkap dengan menginap di Hotel Ibis Rajawali, Twin Hotel atau FaveHotel Mex Building.

How to Get There :

Untuk menuju Warung Makan Pak Salim Anda dapat memulai perjalanan dari terminal Bungurasih menggunakan bus Menuju Madura. Kemudian dari jalan tol Jembatan Suramadu menggunakan angkutan kota menuju arah Jalan Ketengan sejauh 17 km atau 20 menit perjalanan.

Peta Lokasi :

View Large Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

 

Incoming search terms:

  • resep bebek songkem
  • bebek songkem
  • harga bebek songkem
  • bebek songkem suramadu
  • resep ayam songkem
  • bebek songkem surabaya
  • ayam songkem
  • Resep bebek sungkem

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , ,