Keberadaan wisata alam di Malang sudah tak diragukan lagi. Tak hanya pantai dan tempat rekreasi bernuansa alam, taman-taman indah dan sejuk pun mewarnai setiap sudut kota apel ini. Salah satunya yaitu Taman Cerdas Trunojoyo.

foto: www.news.acaraapa.com

foto: www.news.acaraapa.com

Kawasan Taman Cerdas Trunojoyo diresmikan oleh Walikota Malang, H. Moch. Anton pada 1 Juni 2014 lalu, bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup. Posisi Taman Cerdas Trunojoyo sangat strategis karena selain berada di tengah kota, juga berada persis di depan Stasiun Kota Baru Malang tepatnya di Jl. Trunojoyo. Bagi wisatawan yang kebetulan naik kereta api saat menuju kota Malang bisa memanfaatkan taman ini untuk beristirahat dan menikmati keindahannya.

Taman Cerdas Trunojoyo dibangun menggunakan dana CSR (Corporate Social Responsibility) Bentoel Group. Sesuai namanya, taman ini memiliki banyak fasilitas belajar khususnya bagi anak-anak. Taman Trunojoyo dibangun dengan konsep dasar go green dan terintegrasi, yakni sebagai tempat bermain dan rekreasi, tempat belajar (edukasi), dan berinteraksi bagi anak-anak. Selain itu, taman seluas 5.840 meter persegi ini juga berfungsi sebagai daerah resapan dan filterisasi udara. Beberapa pohon penaung seperti trembesi, bungur, kecrutan, dan mahoni menambah kesejukan taman tersebut. Fungsi taman semakin lengkap karena adanya fasilitas perpustakaan, sarana bermain anak, dan ruang apresiasi.

foto: www.news.acaraapa.com

foto: www.news.acaraapa.com

Gedung perpustakaan yang berada di sektor utara dibangun sebagai roof garden, serta memiliki semacam bukit kecil di bagian belakang. Yang menarik, perpustakaan ini terasa menyatu dengan pepohonan sebab atapnya berupa daun-daun dan rumput. Konsep perpustakaan dengan taman ini merupakan yang pertama di kota Malang. Perpustakaan tersebut dilengkapi sekitar 200 koleksi buku baru, baik buku untuk anak-anak maupun remaja. Masyarakat juga bisa menyumbangkan buku untuk melengkapi perpustakaan ini. Oya, khusus perpustakaan ini hanya buka dari jam 9 pagi sampai 4 sore setiap harinya.

Taman Cerdas Trunojoyo terdiri dari dua bagian yaitu Taman Trunojoyo sisi selatan dan utara. Seperti taman-taman di Jepang, taman bagian utara didesain untuk anak-anak dengan dilengkapi sarana belajar dan bermain. Di area ini terdapat beberapa fasilitas seperti tempat bacaan anak, toilet umum, ruang ibu menyusui, area bermain, tempat sampah, tempat duduk, parkir, permainan air mancur, lautan pasir, ruang bilas dan ganti anak, playground, pijat refleksi, area wifi, serta sarana permainan ketangkasan lain. Menariknya, semua fasilitas yang ada tersebut disediakan untuk masyarakat umum tanpa dikenakan biaya apapun.

Sedangkan taman selatan lebih berfungsi untuk orang dewasa. Di area ini dilengkapi amphitheater untuk ruang apresiasi seni dan musik. Hampir setiap akhir pekan, kelompok musik indie sering tampil di taman ini. Untuk menambah kenyamanan pengunjung, taman sisi selatan pun telah tersedia Food Court. Di kawasan ini berjejer aneka jajanan dan kuliner bagi wisatawan yang datang. Stand-stand yang menjajakan makanan tersebut sudah dilengkapi dengan atap yang memadai sehingga tidak terganggu jika hujan.

foto: www.bkpm.malangkota.go.id

foto: www.bkpm.malangkota.go.id

Taman Cerdas Trunojoyo selalu ramai oleh pengunjung dari berbagai kalangan. Dari dua bagian yang ada, taman bagian utaralah yang biasanya lebih padat wisatawan. Jika ingin menikmati suasana kota Malang pada malam hari, Anda tak perlu khawatir. Sebab di area Taman Cerdas Trunojoyo sudah disediakan lampu taman yang akan membuat taman tersebut terang benderang dan terasa romantis. Tak hanya itu, untuk memberikan rasa nyaman pada para pengunjung, taman ini dijaga oleh petugas selama 24 jam. Bahkan rencananya ke depan, Taman Trunojoyo akan dilengkapi dengan flying fox, tempat tari, teater, dan film.

Untuk mencapai Taman Cerdas Trunojoyo aksesnya sangat mudah. Letaknya yang berada di tengah kota dan dekat dengan Stasiun Kota Baru Malang bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, tinggal arahkan kendaraan Anda menuju pusat kota Malang atau langsung ke Jl. Trunojoyo. Bila menggunakan kendaraan umum, pengunjung bisa naik angkutan kota (angkot) berkode ADL, AL, AMG, ABG, atau AJG dari Terminal Arjosari dan turun di Stasiun Kota Baru Malang. Dari stasiun, kita bisa berjalan kaki menuju taman.

Sempatkan untuk mampir ke Balai Kota Malang, Monumen Tugu Malang, dan Pasar Splendid yang tak jauh dari Taman Trunojoyo. Kunjungi pula taman-taman hijau lainnya di Malang seperti Taman Rekreasi Senaputra, Taman Bonderland, Taman Rekreasi Tlogomas, Taman Wisata Wendit, dan lain-lain. Selama berada di kota ini, Anda dapat menginap di Gajahmada Graha Hotel, Tugu Malang Hotel, Hotel Sahid Montana, atau Hotel Trio Indah.

Peta lokasi. Lihat peta lebih besar

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 12 Desember 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , ,