wisata-sengkaling-logo

Menikmati liburan bersama keluarga tentunya menjadi pengalaman berharga yang tak terlupakan. Apalagi jika objek wisata yang Anda kunjungi menawarkan berbagai fasilitas yang menyenangkan. Di kota Malang terdapat destinasi wisata keluarga yang sayang bila Anda lewatkan. Tempat ini cukup populer di kalangan masyarakat Malang dan selalu ramai dikunjungi. Ingin tau?

sengkaling depanCobalah berkunjung ke Taman Rekreasi Sengkaling. Objek wisata ini terletak di  Jl. Raya Mulyoagung No. 188, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, atau berjarak sekitar 10 km dari pusat Kota Malang. Luas keseluruhan Sengkaling adalah sekitar 9 hektar, 6 hektar diantaranya berupa taman dan pepohonan yang menyejukkan.

Taman Rekreasi Sengkaling pertama kali didirikan pada tahun 1950 oleh seorang warga Belanda bernama Mr. Coolman. Tahun 1975 sampai awal Mei 2013, pengelolaan Taman Rekreasi Sengkaling diambil alih oleh PT. Bentoel Group. Pada awal beroperasinya, taman ini hanya diperuntukkan bagi karyawan PT. Bentoel hingga pada akhirnya dibuka untuk umum. Sejak bulan Mei 2013 lalu, Sengkaling diambil alih pengelolaannya oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Rencananya ke depan Taman Rekreasi Sengkaling akan dilengkapi dengan laboratorium dan hotel.

Konsep dasar Taman Rekreasi Sengkaling adalah sebagai tempat wisata keluarga yang bernuansa alam dan menonjolkan air sebagai fungsi utamanya. Salah satu yang menarik dari tempat wisata ini adalah airnya yang berasal dari sumber alami pegunungan. Konon, salah satu sumber yang ada yaitu Kolam Tirta Alam, dipercaya bisa membuat orang awet muda. Sampai saat inipun masih banyak masyarakat yang mempercayainya.

taman-sengkalingMeskipun tak selengkap Jatim Park 1 dan Jatim Park 2, Sengkaling memiliki beberapa wahana permainan yang tak kalah menarik.  Adapun wahana dan fasilitas di objek wisata ini antara lain 5 unit kolam renang (air panas dan air dingin), 2 unit gedung serbaguna (function room), 13 unit permainan (boom-boom car, sepeda air, bumper boat, kiddy train, dan lain-lain), 2 unit restoran, halaman parkir yang luas dan teduh, fitness centre, dan 2 unit lapangan tenis. Di Sengkaling kita juga bisa menyaksikan beberapa  koleksi satwa. Ada juga danau buatan yang berpanorama indah dengan view pepohonan rindang di sekitarnya. Jika ingin menikmati danau ini, Anda dapat mengelilinginya dengan menggunakan sepeda air atau perahu dayung. Rumah makan dengan berbagai menu juga banyak terdapat di taman rekreasi ini. Selain itu, Taman Rekreasi Sengkaling juga memiliki fasilitas pendukung berupa aula Bougenville Room yang berkapasitas 700 orang. Aula ini dapat Anda sewa untuk mengadakan pesta pernikahan, ulang tahun, atau acara-acara lainnya.

wisata-sengkalingTaman rekreasi ini tidak pernah sepi pengunjung, khususnya saat akhir pekan atau hari libur. Biasanya pada hari-hari besar atau liburan panjang Taman Rekreasi Sengkaling menghadirkan pertunjukan musik. Objek wisata ini buka setiap hari dengan jam operasional mulai pukul 06.00 hingga pukul 17.00 WIB. Khusus hari Sabtu, Minggu dan Hari Besar beroperasi pukul 06.00 – 20.00 WIB.

Taman Rekreasi Sengkaling menyediakan beberapa jenis tiket terusan bagi para pengunjung.   Tiket masuk biasa adalah Rp 15.000, belum termasuk harga tiket untuk masing-masing wahana. Tiket terusan untuk orang dewasa yaitu Paket Pinishi seharga Rp 30.000. Dengan tiket ini, pengunjung sudah bisa menikmati beberapa wahana seperti kapal misteri, sepeda air, dunia ikan, kincir angin, pesona primitif, bom-bom car, Volcano Adventure, Expression Zone, perahu motor, goa salju, dan Merry Go Round. Sedangkan tiket terusan untuk anak-anak usia 3 tahun ke atas yaitu Paket Kano seharga Rp 25.000. Paket ini meliputi wahana kolam pesona primitif, bom-bom car, perahu motor, kincir angin, Merry Go Round, kiddy train, kiddy car dan kiddy plane.

Rekreasi_Sengkaling_4Lokasinya yang tepat berada di tepi jalan raya yang menghubungkan kota Malang dengan kota Batu membuat objek wisata ini sangat mudah dicapai oleh kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi dari Surabaya, arahkan kendaraan menuju menuju ke kota Malang. Sampai di pertigaan Karanglo (Bentoel) lurus menuju Blimbing, sampai pertigaan Masjid Sabilillah belok kanan menuju Jl. Soekarno Hatta. Setelah sampai pertigaan Jembatan Unibraw belok ke kanan ke arah Sengkaling.

Jika menggunakan angkutan umum, dari Terminal Bus Arjosari Malang bisa naik bus jalur ADL atau AL menuju Terminal Landungsari. Sampai di Terminal Landungsari bisa langsung jalan kaki menuju arah Sengkaling (sekitar 500 m kampus III UMM).

Wisata lainnya di kota Malang yang dapat Anda kunjungi diantaranya Batu Night Spectacular (BNS)Taman Rekreasi Selecta Malang, dan Kusuma Agrowisata Malang. Lelah jalan-jalan di Malang, Anda bisa singgah di Griyadi Montana Hotel, Hotel Sahid Montana, Hotel Trio Indah, atau Hotel Kartika Graha.

Peta lokasi. View larger map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 10 November 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • sengkaling
  • sengkaling malang
  • tiket masuk sengkaling
  • wisata sengkaling
  • wisata sengkaling malang
  • harga tiket masuk sengkaling
  • sengkaling malang 2014
  • taman rekreasi sengkaling
  • wisata selecta malang
  • tiket masuk sengkaling malang

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , ,