Kota wisata Batu di Malang tak hanya menawarkan wisata apel yang terkenal hingga luar daerah. Kota berhawa sejuk ini memiliki objek wisata yang sangat menarik dan patut dikunjungi.  Jika Anda sedang berlibur di kota Batu, sempatkan untuk mengunjungi kawasan wisata Songgoriti. Lokasinya yang strategis membuat kawasan wisata ini menjadi prioritas utama di Batu meskipun ada banyak objek wisata modern lainnya. Bahkan ada yang menyebutnya sebagai primadona kota Batu.

songgoritiWisata Songgoriti terletak di kaki Gunung Banyak, tepatnya di Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, sekitar 2 km arah barat dari Pusat Pemkot Batu. Di kawasan wisata ini, pengunjung dapat menikmati berbagai objek wisata menarik yang siap memanjakan Anda selama berada di sana. Antara lain kolam renang, pemandian air panas serta Pasar Wisata Songgoriti yang menyajikan berbagai suvenir serta jajanan khas kota Batu. Bukan hanya itu, Wisata Songgoriti Batu juga menghadirkan objek wisata bersejarah yakni Candi Songgoriti yang merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit. Masih ada lagi tempat wisata lain di kawasan ini yaitu Tirta Nirwana Songgoriti, yang menghadirkan berbagai fasilitas permainan seperti outbound, kolam renang, sepeda air dan taman bermain untuk anak anak.

kawasan-songgoritiDari sekian banyak panorama yang ditawarkan, salah satu jenis wisata paling spektakuler, unik, dan alami untuk dinikmati adalah sumber air panas alami belerang. Air panas ini muaranya tepat berada di bawah Candi Songgoriti. Konon menurut sejarahnya, sumber ini adalah tempat mensucikan “Keris Pusaka” Raja Sindoh, salah seorang raja dari Kerajaan Singosari pada abad ke-5 M. Bahkan, di tempat ini terdapat benang merah dengan aliran air panas Cangar dari Gunung Welirang, sekitar 20 km sebelah utara Kota Wisata Batu.

Menurut para leluhur, air panas belerang dapat menyembuhkan gatal-gatal dan pegal linu di sekujur badan. Hingga kini, keberadaan sumber air panas (hot spring) yang menyembul di bawah Candi Songgoriti inipun dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit atau memulihkan stamina. Untuk itu, kini dibuatlah kolam rendam dan tempat peristirahatan atau hotel yang lengkap dengan fasilitas air panas belerang tersebut yakni Hotel & Pemandian Air Panas Alam Songgoriti. Fasilitas spesifik hot spring yang mungkin tak dimiliki oleh kawasan-kawasan wisata lain di Indonesia maupun internasional ini menjadi trade mark Songgoriti. Wisatawan dapat berendam air panas belerang itu selama 24 jam. Tak hanya wisatawan domestik yang berkunjung ke Songgoriti, tapi juga wisman dari Taiwan, Korea dan Malaysia.

songgoriti_temple_06Jika Anda ingin mengadakan acara di tempat ini, tak usah khawatir. Sebab berbagai acara apapun bisa digelar di Songgoriti dengan leluasa dan aman. Seperti seminar, pesta kebun, pesta keluarga, live music, berbagai kontes, lomba mewarnai bagi anak-anak, arisan, joging hingga outbond dengan pemandangan rerimbunan pohon-pohon di lereng gunung. Di area ini juga dilengkapi dengan beberapa penginapan mulai hotel kelas biasa hingga villa kelas mewah. Hotel di kawasan ini berfasilitas kamar-kamar dari berbagai tipe dengan harga terjangkau untuk semua kalangan, mulai kelas standar hingga kelas eksekutif. Yakni mulai dengan tarif Rp 150 hingga Rp 220 ribu per malam. Bahkan ada hotel yang menyediakan restoran dengan pelayanan 24 jam berkapasitas 30 orang. Selain itu, terdapat restoran aneka menu Indonesia dan internasional. Wisatawan bisa menikmati hidangan sambil bersantai menatap keindahan danau air belerang dan keindahan taman hotel yang mempesona dengan rerimbunan tumbuhan alami yang tertata rapi dan eksotis.

songgoriti1Oya, beberapa pengelola hotel di kawasan ini juga ada yang menawarkan paket wisata berendam dan mandi air panas belerang dengan sistem transit. Terutama bagi para tamu rombongan besar 2–3 bus. Cukup mengeluarkan biaya Rp 35.000 per orang sudah bisa berendam di kolam air panas belerang Songgoriti, serta bisa beristirahat di kamar hotel sejenak sambil menikmati sarapan pagi.

Nah, jika Anda tertarik mengunjungi tempat wisata ini, aksesnya cukup mudah. Dari kota Pusat Pemkot Batu arahkan kendaraan Anda ke barat. Waktu tempuh sekitar 2 km. Banyak papan petunjuk ke objek wisata ini, tinggal ikuti saja. Jika menggunakan kendaraan umum, Anda bisa naik angkutan umum jurusan Batu-Songgoriti jalur BS/A (Lyn A) atau jalur BS/B. Kemudian turun di Jl. Songgoriti. Jarak lokasi sudah tidak jauh, dari sini kita bisa jalan kaki atau naik ojek.

Selama di kota wisata Batu, Anda bisa menginap di Purnama Hotel, Villa & Family Hotel Gradia, dan Kusuma Agrowisata Hotel. Sempatkan juga mengunjungi wisata terdekat seperti Pemandian Air Panas Cangar, Jatim Park 1, BNS, Kusuma Agrowisata, Taman Sengkaling, dan lain-lain.

Peta lokasi Songgoriti. Lihat peta lebih besar

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 26 November 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • songgoriti
  • wisata songgoriti
  • songgoriti malang
  • Tempat wisata songgoriti
  • songgoriti batu
  • wisata alam malang
  • pemandian songgoriti
  • wisata songgoriti batu
  • sejarah songgoriti
  • Kawasan Wisata Songgoriti Songgokerto Kota Batu Jawa Timur

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,