Kota Malang memang terkenal dengan wisata airnya. Tak hanya pantai, namun wisata air terjun pun tak kalah menarik. Dari banyaknya air terjun yang ada di kota apel, terdapat satu coban eksotis yang menarik untuk dikunjungi yaitu Coban Manten.

coban manten

coban manten bhawikarsux4.blogspot

Wanawisata Coban Manten terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Dari kota Malang berjarak sekitar 30 km. Coban Manten juga dikenal dengan nama Coban Kembar, sebab di tempat ini terdapat dua air terjun yang saling berjajar dalam satu tebing seperti sepasang pengantin. Mungkin karena itulah air terjun ini dinamakan Coban Manten (pengantin).

Letaknya yang tersembunyi dan jarang dijamah membuat Coban Manten memiliki alam yang masih sangat alami. Tak hanya itu, letaknya yang berada di ketinggian menawarkan sensasi dan panorama tersendiri dibanding coban lainnya. Sejuknya air yang jatuh dari atas tebing, dari dua sumber sekaligus akan membuat wisatawan segar. Penat dan lelah akan terbayar dengan sajian alam nan eksotis di tempat ini.

Coban Manten termasuk dalam serangkaian air terjun lainnya yaitu Coban Tengah dan Coban Rondo. Ketinggian coban ini mencapai 85 meter dan merupakan air terjun tertinggi dari kedua coban lainnya. Coban Manten terletak paling atas di pegunungan, kemudian di bawahnya terdapat Coban Tengah, dan Coban Rondo. Jadi, untuk mengunjungi Coban Manten, Anda terlebih dahulu harus ke Coban Rondo yang terletak di bagian paling bawah. Sesampainya di Coban Rondo, Anda akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp 10.000 per orang.

coban manten

coban manten dika-cyber4rt.blogspot

Setelah memasuki area Coban Rondo, pengunjung harus meneruskan perjalanan sampai ke bumi perkemahan Coban Rondo. Dari sini Anda tidak perlu khawatir tersesat karena di sepanjang jalan terdapat tanda-tanda petunjuk arah. Sesampai di bumi perkemahan, wisatawan bisa memarkirkan kendaraan di sini. Di sebelah kiri tempat parkir, Anda bisa memulai perjalanan dengan menyusuri jalan setapak. Setelah berjalan cukup jauh, kita akan menemui jalan setapak dengan dinding-dinding tanah tinggi di kanan kirinya. Setelah melalui tebing, maka Anda akan melalui perkebunan cabe rawit yang sangat luas. Selanjutnya wisatawan harus melewati jalan setapak di sisi perkebunan cabe merah dan tomat. Ikuti jalan setapak tersebut sampai menemui jalur jalan yang menanjak. Tidak lama kemudian akan dijumpai perkebunan kol dan kita akan sampai di dataran tinggi. Dari sini akan tampak Coban Rondo di bawah meskipun hanya sekilas dan terlihat sangat kecil. Medan selanjutnya yang cukup berat untuk dilalui yaitu saat menaiki akar pohon yang besar. Selanjutnya Anda juga masih harus melewati jalan setapak yang dipenuhi batu besar dan tajam. Dan sekitar 15 menit kemudian sampailah Anda di air terjun Coban Manten.

Coban Manten ini sangat jauh dari akses jalan umum dan sangat terpencil karena berada di ketinggian 1.300 mdpl. Dari Kota Malang dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Bila menggunakan kendaraan umum, pengunjung bisa naik bus jurusan Kediri, kemudian turun di Patung Sapi. Lalu dari sini naik ojek sejauh sekitar 4 kilometer untuk menuju Coban Rondo.

Jika masih ingin menikmati wisata alam lainnya, Anda dapat mengunjungi Coban Pelangi, kawasan wisata Bromo, Semeru, atau Coban Trisula. Selama berada di Malang, Anda dapat beristirahat di Ollino Garden Hotel, Tugu Malang Hotel, Gajahmada Graha Hotel, atau The Graha Cakra.

Peta lokasi. View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 14 Maret 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • air terjun coban manten
  • coban manten batu
  • jalur coban manten

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , ,