Wisata air di kota Malang memang tak pernah habis untuk dieksplorasi. Tak hanya pantai, wisata air terjun atau coban pun mampu menarik wisatawan kota apel ini. Bahkan terdapat beberapa obyek wisata yang belum terjamah bak mutiara yang terpendam. Salah satunya adalah Wanawisata Coban Kembar.

coban kembar

Coban Kembar malangrentcar.wordpress

Coban Kembar berada di Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Berada satu wilayah dengan air terjun Sumber Pitu. Seperti namanya, air terjun Coban Kembar terbelah menjadi dua bagian. Keduanya berdiri tegap sejajar, membelah tebing dan hanya dipisahkan jarak sekitar 15 meter saja. Kedua air terjun ini pun mengalir pada aliran sungai yang sama yaitu Sungai Lajing. Dari kejauhan, Coban Kembar tampak indah menyembul di antara perbukitan dan rerimbunan tanaman hutan.

Meski disebut sebagai Coban Kembar, tetapi sebenarnya terdapat perbedaan di antara keduanya. Perbedaan itu akan terlihat jelas saat wisatawan berada di dekat coban. Coban yang berada di ketinggian 1.200 di atas permukaan air laut ini memiliki ketinggian yang berbeda yaitu terpaut sekitar 5 meter. Coban pertama di samping kanan ketinggiannya mencapai 40 meter, sedangkan coban kedua yang berada di sebelah kiri memiliki ketinggian 35 meter.

Selain perbedaan ketinggian, sumber air Coban Kembar ini juga tidak sama. Yang satu berasal dari sumber mata air langsung sehingga aliran cobannya jernih. Sedangkan satunya berasal dari aliran sungai yang menyebabkan aliran airnya agak keruh pada saat musim penghujan. Terlepas dari perbedaan tersebut, berada di antara kedua coban ini cukup menyenangkan. Pengunjung juga bisa menyaksikan Coban Kembar dari bukit yang berjarak sekitar 25 meter di depan air terjun itu. Dari bukit ini Anda bisa mengambil spot gambar yang cukup menarik dan mempesona.

coban kembar

Coban Kembar Kedua islahagus.blogspot

Letaknya yang cukup tersembunyi membuat Coban Kembar di Desa Duwet Krajan ini masih jarang terekspos. Padahal keindahannya sangat mempesona, ibarat mutiara yang terpendam. Oya, di desa ini wisatawan juga bisa mampir atau berkunjung ke agrowisata petik buah yakni agrowisata Madusari (Manunggaling Duwet Suwaru Tosari). Posisi Desa Duwet Krajan sendiri berada di ujung selatan Kecamatan Tumpang dan juga merupakan desa paling timur yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Dari Kota Malang berjarak sekitar 30 km atau hanya 7 km di sebelah timur Tumpang. Bagi Anda yang ingin mengunjungi air terjun yang cantik ini, dibutuhkan perjuangan yang ekstra berat. Untuk mencapai lokasi Coban Kembar, sepanjang 4 kilometer dari pemukiman penduduk bisa dilalui dengan kendaraan sepeda motor. Sedangkan 1 kilometer sisanya harus ditempuh dengan jalan kaki. Dari pusat kota Malang, arahkan kendaraan Anda menuju Tumpang, kemudian Desa Gubugklakah hingga menjumpai pertigaan Balai Desa Wringinanom. Belok kiri sampai menemui Balai Desa Duwet Krajan. Di sini, Anda bisa bertanya pada penduduk sekitar arah menuju Coban Kembar.

Jika masih ingin menikmati wisata alam lainnya, Anda dapat mengunjungi Coban Pelangi, kawasan wisata Bromo, atau Coban Trisula. Selama berada di Malang, kita dapat beristirahat di Ollino Garden Hotel, Tugu Malang Hotel, Gajahmada Graha Hotel, atau The Graha Cakra.

Peta lokasi Coban Kembar. View larger map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 11 Maret 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • coban kembar tumpang
  • coban kembar
  • coban cinde malang
  • coban kembar malang
  • coban tumpang
  • coban sanusi
  • coban di daerah tumpang
  • air terjun kembar malang
  • coban sanusi malang
  • coban sanusi tumpsng

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,