coban cinde

coban cinde panoramio

Wisata alam di Malang tak pernah habis dijelajahi. Kota berhawa sejuk ini menawarkan banyak wisata air terjun atau coban. Beberapa di antaranya berada di tempat tersembunyi sehingga suasananya pun masih alami. Salah satunya yaitu Coban Cinde.

Wanawisata Coban Cinde berada di Desa Benjor, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Dari Kota Malang berjarak sekitar 27 km ke arah timur. Letaknya yang cukup tersembunyi membuat tempat wisata ini masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Selain kondisinya masih sangat alami, air terjun Coban Cinde memiliki pesona tersendiri bagi yang menyukai petualangan sebab medan untuk mencapai coban ini cukup berat.

Di area Wanawisata Coban Cinde terdapat dua air terjun yang bisa kita temui. Pertama, coban yang muncul dari aliran di sisi tebing setinggi kurang lebih 50 meter dengan debit air yang tidak terlalu besar. Kedua, air terjun yang disebut dengan Coban Cinde itu sendiri. Coban ini berasal dari aliran sungai utama yang memiliki debit air besar dengan ketinggian kurang lebih 30 meter. Air terjun tersebut berada pada ujung kelokan sungai tak jauh dari air terjun pertama. Uniknya, Coban Cinde ini benar-benar tersembunyi di balik rindangnya pepohonan dan diapit oleh dinding sempit sungai.

Tak hanya itu, Coban Cinde memiliki pesona tersendiri yakni adanya dua buah air terjun yang berhadapan. Oya, nama “Cinde” diambil dari bentuk air terjun yang seperti cinde atau syal yang berkibar. Aliran air sungai dari atas ke bawah yang membentuk air terjun ini sangat deras dan segar. Debit air yang besar disertai hempasan angin membuat Coban Cinde seakan berkibar-kibar dan sangat menyejukkan. Tanpa terasa, meskipun hanya berdiri dan tidak mendekati coban, tubuh Anda akan basah kuyup terkena cipratan air terjun tersebut. Suasana yang alami, sunyi, dan sejuk akan membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini.

coban cinde

coban cinde display.ub

Untuk menuju Coban Cinde dapat ditempuh dengan kendaraan umum maupun pribadi, baik roda empat ataupun dua. Jika naik kendaraan pribadi, arahkan kendaraan Anda menuju Kecamatan Tumpang. Dari situ, lanjutkan menuju Desa Benjor. Jika menggunakan angkutan umum, dari Terminal Arjosari Anda bisa naik angkutan pedesaan jalur Tumpang-Arjosari (TA) sampai Tumpang dan dilanjutkan naik colt menuju Desa Benjor yang berjarak sekitar 7 km dari kota Tumpang. Jarak Coban Cinde dari Desa Benjor masih sekitar 3 km. Untuk mencapainya, terdapat dua jalur yaitu dengan menyusuri sungai dan jalan setapak. Jalan setapak yang akan dilewati benar-benar masih rimbun oleh tumbuhan dan akan melewati ladang cabai, kubis dan lain-lain. Setelah melewati jalan yang mendatar, tantangan selanjutnya harus melalui jalan yang cukup curam. Di samping kiri terdapat lereng dengan kemiringan sekitar 45 derajat dan samping kanan terdapat semak-semak yang berduri cukup tajam. Selanjutnya Anda harus menuruni lereng curam dari batas hutan pinus sehingga harus ekstra hati-hati untuk turun agar tidak terjatuh ke semak-semak di bawah.

Perjalanan selanjutnya yaitu menyusuri sebuah sungai yang penuh bebatuan sejauh sekitar 1 kilometer. Selama menyusuri sungai kita akan disuguhi pemandangan luar biasa. Suasana hutan yang lebat, kicau burung, air sungai yang jernih dan dingin akan memanjakan pengunjung yang datang. Tebing setinggi puluhan meter yang berada di sisi kanan dan kiri sungai juga sangat mempesona. Pada satu bagian sungai, kita harus mendaki salah satu sisi tebing karena ada jeram setinggi 6 meter yang menghadang. Lepas dari jeram tersebut, perjalanan kembali dilanjutkan dengan melawan arus sungai. Tak lama, Anda pun akan tiba di lokasi coban.

Selama liburan di Malang, sempatkan pula mengunjungi air terjun indah lainnya. Misalnya air terjun Coban Rondo, Coban Pelangi, Coban Talun, Coban Sewu, Coban Kethak, dan lain-lain. Nah, selama di kota ini Anda bisa menginap di Ollino Garden Hotel, Tugu Malang Hotel, Gajahmada Graha Hotel, atau The Graha Cakra.

Peta lokasi Coban Cinde. View larger map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada  23 Februari  2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • coban cinde
  • Coban Cinde Benjor Malang Jawa Timur
  • Coban Cinde Benjor Tumpang
  • Air Terjun Cinde Malang Jawa Timur 65156
  • Air Terjun Cinde Malang Jawa Timur
  • coban cinde tumpang
  • Coban Cinde Malang Jawa Timur 65156
  • Coban Cinde Malang Jawa Timur
  • coban trisula tumpang
  • air terjun cinde

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,