Di kota besar dan metropolis seperti Surabaya, suasana hijau di sepanjang sungai dengan air jernih sudah sulit ditemukan. Yang ada hanya segala aktivitas dan hiruk pikuk warga. Namun jangan khawatir bila Anda ingin menikmati suasana tersebut.

taman-persahabatanAnda bisa mengunjungi Taman Persahabatan. Di taman ini pengunjung bisa menjumpai pemandangan nan hijau berupa  miniatur sungai dan air terjun. Taman seluas 2.259 m² ini sangat indah. Warga kota kerap memanfaatkan tempat ini untuk wisata bersama keluarga dan anak-anak. Area ini tampak sangat asri dan elok karena terdapat 50 jenis bunga warna-warni dan tanaman yang menghiasi taman. Selain itu, tempat wisata ini juga dilengkapi panggung terbuka, panggung teater, jogging track, shelter, arena permainan anak, dan air mancur. Anak-anak muda sering memanfaatkan tempat ini untuk bermain skateboard dan olahraga serupa lainnya. Di sini, warga kota juga dapat menyaksikan replika penghargaan yang pernah diraih oleh kota Surabaya, seperti Wahana Tata Nugraha, Adipura Kencana, dan lain-lain.

Taman Persahabatan terletak di jalan Sulawesi, Surabaya. Oleh sebab itu, masyarakat juga sering menyebutnya Taman Sulawesi. Letaknya yang berada di tengah-tengah jalan raya, layaknya pulau di tengah laut. Terlebih nama-nama jalan di sekitar taman diambil dari nama-nama pulau-pulau di Indonesia. Seperti nama jalan bawean, jalan sulawesi dan sebagainya.

taman-sulawesi-prasasti-pohon-mimbaoDisebut Taman Persahabatan karena di taman kota ini terdapat pohon-pohon simbol persahabatan. Pohon-pohon yang menjadi ikon taman ini ditanam oleh 6 walikota yang menjalin persahabatan dengan kota Surabaya. Yaitu walikota dari Kochi (Jepang), Yogyakarta, Batam, Banjarmasin, Sidoarjo dan Bandung. Keenam daerah ini telah menjalin kerjasama dengan kota Pahlawan dalam berbagai bidang, misalnya ekonomi, budaya, pendidikan dan lainnya.

Taman Sulawesi memiliki keunikan yang tidak dapat Anda temukan di taman kota lainnya di Surabaya. Yakni adanya miniatur air terjun dan sungai. Miniatur ini didesain semirip mungkin dengan yang ada di alam sehingga menampilkan pemandangan yang sangat memukau. Keunikan lainnya terletak pada arena jogging track. Jalur jogging track taman persahabatan tidak kentara kalau semakin menuju ke arah barat jalurnya sedikit menanjak.

taman-sulawesi0Bukan hanya itu, kita bisa berjalan keliling taman sambil menikmati ikon-ikon taman persahabatan yang ada di dalam area ini. Antara lain ada 6 pohon persahabatan yang unik. Pada setiap pohon terdapat prasasti yang menceritakan nama pohon dan nama walikota yang menjalin persahabatan dengan kota Surabaya. Pohon unik di taman ini misalnya pohon mimba, pohon jakaranda, pohon khaya, pohon saputangan, dan lain-lain.

Taman wisata ini berdekatan dengan Taman Lansia, Taman Apsari, Monumen Gubernur Suryo, Gedung Grahadi, dan beberapa tempat wisata lainnya. Jika masih ingin jelajah wisata di kota pahlawan, Anda bisa singgah di Hotel Bumi Surabaya, Inna Simpang Surabaya, atau Santika Surabaya.

Peta lokasi. View larger map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 11 November 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,