Pernahkah rutinitas Anda menyita banyak waktu hingga tak merasakan bagaimana asyiknya bercengkrama bersama keluarga. Untuk itu, sempatkan liburan ke Surabaya dan kunjungi sebuah taman yang penuh bunga dan pepohonan.

Adalah Taman Prestasi, taman yang dibuat tahun 1992 ini terletak di jalan Ketabangkali Lokasi ini berada 200 meter ke arah barat setelah jembatan Yos Sudarso yang merupakan taman di tengah kota.

Saat melewati pintu masuk, maka akan terasa suasana segar. Pepohonan serta sekitar 21 jenis bunga tumbuh diantara hamparan rerumputan. Membuat taman tampak lebih asri. Dengan tiket masuk seharga Rp. 1.500/orang, wisatawan sudah bisa menikmati playground untuk anak-anak. Apabila ingin berkuda cukup membayar Rp. 3.000/orang untuk sekali putaran.

Taman Prestasi memiliki luas kira-kira sekitar 6000 meter persegi. Luasnya taman ini tampak dari hamparan rumput hijau yang terlihat rapi dan teratur. Wisatawan dapat menikmati segala fasilitas yang ada di dalamnya. Ajaklah putra-putri Anda untuk menikmati berbagai fasilitas yang disediakan. Seperti permainan anak berupa jungkat jungkit dan ayunan di arena playgound.

Wisatawan yang datang bersama keluarga, terutama putra-putri mereka. Sambil menemani mereka bermain, kita bisa duduk dengan nyaman. Tak perlu khawatir mengenai keadaan lingkungan sekitar taman. Karena tempat ini cukup bersih. Hal serupa tidak hanya ada di Taman Prestasi saja, namun hampir di setiap tempat wisata di Kota Pahlawan ini. Tak heran apabila kota ini mendapat penghargaan Adhipura.

Selain Bunga dan taman bermain,wisatawan yang berkunjung dapat melihat pesawat jenis bomber B-26 Intruder. Pesawat ini dijadikan monumen sejak 19 Juli 2006. Keberadaan pesawat tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang, terutama anak-anak. Panjang pesawat yang mulai terbang pada tahun 1950 ini sekitar 51 kaki dengan tinggi 18 kaki sedangkan bentangan sayapnya mencapai 70 kaki.

Pesawat jenis bomber ini digunakan pada masa penumpasan pemberontakan Republik Indonesia (1950). Mulai dari pemberontakan DI/TII di Jawa Barat, Sulawesi Selatan dan Aceh hingga pemberontakan Andi Azis di Sulawesi Selatan, dan pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS) di Maluku. Tak berhenti disitu, pesawat ini juga dipakai dalam aksi penumpasan Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia (PRRI) di Riau. Penumpasan pemberontak di Medan, Padang, sampai Operasi Seroja di Timor-Timur pada tahun 1975-1977 juga menggunakan pesawat jenis ini.

Di dalam taman yang masih satu komplek dengan Gedung DPRD Kota Surabaya ini, terdapat pula beberapa replika penghargaan yang diraih kota Surabaya. Seperti penghargaan Wahana Tata Nugraha dari Kementrian Perhubungan. Daerah yang tertib lalu lintas dan transportasinya. Ada juga replika penghargaan Adipura Kencana. Penghargaan yang diberikan pemerintah bagi kota yang telah empat kali meraih Adipura.

Taman yang berada tepat di belakang Gedung Grahadi dilengkapi sarana lain seperti panggung terbuka, panggung teater serta musholla. Lebih dari itu, Anda juga dapat merasakan ketenangan berada di dekat aliran Sungai Kalimas. Tak puas hanya melihat-lihat saja, Anda bisa menyusuri aliran sungai ini dengan menyewa perahu motor. Perahu tersebut akan membawa Anda sampai ke dermaga Monumen Kapal Selam, lalu kembali ke Taman Prestasi.

Taman Prestasi buka mulai Senin-Sabtu, libur nasional Pk.15.00-22.00 wib. Pada hari Minggu Pk.09.00-22.00. Walaupun datang pada malam hari tak perlu takut. Karena di taman ini banyak terdapat lampu yang menyinari. Jadi meskipun malam, suasana taman sangat bagus untuk dinikmati. Abadikan momen berharga dengan kamera saku atau professional diantara cahaya lampu dan latih kemampuan fotografi Anda disini.

Untuk penginapan Anda tak perlu khawatir ada banyak pilihan hotel yang bisa disinggahi seperti Hotel Majapahit, Garden Palace Hotel atau Surabaya Plaza Hotel.

How to Get There :

Jika Anda datang dari Terminal Bungurasih, bisa menggunakan bus kota menuju Terminal Joyoboyo. Kemudian menggunakan bus kota yang melewati Jalan Yos Sudarso. Mintalah kepada sopir untuk diturunkan di lokasi terdekat dengan Taman Prestasi. Setelah turun, Anda tinggal berjalan kaki untuk menuju lokasi taman yang tinggal sekian ratus meter lagi.

Namun apabila ingin berkunjung ke tempat lain yang berkaitan dengan wisata sejarah Anda dapat mengunjungi Monumen Pers Pejuangan Surabaya yang berdekatan dengan Hotel Yamato atau Tugu Pahlawan yang berada di tengah kota.

Peta Lokasi :

View Large Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • taman prestasi surabaya
  • taman prestasi
  • taman prestasi surabaya alamat
  • jam buka taman prestasi surabaya

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , ,