Taman Korea adalah nama sebuah taman yang letaknya di kota Surabaya, taman ini dibuat oleh pemerintah Korea sebagai simbol persahabatan antara Korea dan Indonesia—atau Surabaya lebih tepatnya. Taman Korea mulai dibangun pada Januari 2010, lima bulan kemudian secara resmi taman Korea dibuka oleh walikota Surabaya pada waktu itu Tri Rismaharini. Taman Persahabatan Indonesia-Korea adalah nama lengkap dari taman Korea tersebut, namun orang-orang lebih suka menyingkatnya dengan Taman Korea. Taman seluas sekitar 1.848 meter persegi dibangun oleh pemerintah Korea Selatan dengan dana sekitar Rp 544,5 juta. Dari desain sampai pengerjaannya dilakukan oleh pemerintah Korea Selatan. Sedangkan pemerintah Kota Surabaya yang menyediakan lahan dan melakukan perawatan. Desain taman ini didasarkan pada bendera Taeguk Korea Selatan yang menyiratkan yin-yang.
Adalah Bambang DH bersama Mr Lim Taek Sun, yang merupakan ketua Asosiasi Masyarakat Korea Selatan di Surabaya. Diresmikan pada 8 Mei 2010, Taman Korea memiliki hamparan rumput hijau dan berbagai jenis poho yang akan membuat wisatawan yang berkunjung merasa teduh. Keindahan taman juga didukung dengan tanaman hias yang ditata dengan rapi, sehingga menciptakan keindahan dan keseimbangan ditengah kota.
Udara di Taman Korea terasa begitu segar saat dihirup walaupun berada di tengah panasnya terik matahari kota Surabaya. Kesegaran terasa dengan adanya air mancur, selain itu juga adanya arena jogging track, serta fasilitas olahraga mini dan tempat permainan anak-anak merupakan kesenangan tersendiri bagi para wisatawan saat menikmati keindahan Taman Korea bersama anggota keluarga.

Di tengah taman terdapat sebuah bangunan yang merupakan monument, pada kiri dan kanannya terdapat prasasti yang menjelaskan mengenai taman Korea ini. Pada prasasti tersebut dijelaskan bahwa taman ini dibuat sebagai simbol persahabatan demi terciptanya perdamaian dunia. Prasasti tersebut ditulis dalam tiga bahasa, yaitu bahasa Indonesia, bahasa Korea serta bahasa Inggris. Sehingga dari prasasti tersebut monument ini diberi nama Monumen Perdamaian.

Taman Korea berada di Jalan Dr Soetomo, tempat ini dipilih karena di sekitar taman banyak dihuni oleh warga asing termasuk warga korea, asumsinya adalah dari tiga ribu jumlah warga korea yang ada di Negara tersebut 10 persennya tinggal di Surabaya. Untuk pemilihan Kota Surabaya, karena Surabaya dipandang sangat erat bekerjasama dengan Korea di berbagai bidang, dari bidang pendidikan, perdagangan, pengembangan infrastruktur hingga kebudayaan. Di Korea Selatan sendiri Surabaya merupakan sister city di Busan, Busan merupakan kota terbesar kedua dinegara tersebut.

Taman yang ramai dikunjungi pada akhir pekan ini merupakan tempat yang asik untuk bersantai sembari menikmati makanan ringan atau mengembangkan bakat fotografi. Bagi wisatawan yang hobi fotografi, taman ini layak untuk dijadikan tempat pemotretan, karena memiliki berbagai sudut pandang yang menarik di taman tersebut. Di saat tertentu Taman Korea juga sering dijadikan sebagai tempat kumpul-kumpul komunitas.

Masyarakat kota Surabaya cenderung menyukai Taman Korea, selain suasananya yang memang nyaman, tak berisik, tempat ini tepat buat acara kumpul-kumpul dengan teman karena kita bebas menentukan tempat untuk bersantai.

Pada malam hari Lampu-lampu taman akan bersinar indah, lampu-lampu diatur sedemikian rupa sehingga nyaman untuk bersantai untuk sekedar menikmati malam atau-pun hangout bersama teman atau keluarga.

Kehadiran taman kota semacam ini memang sangat dibutuhkan masyarakat, tak hanya sebagai ruang terbuka hijau, namun lebih bermanfaat karena akan membentuk sikap sosial warga masyarakat untuk saling bertemu dan berinteraksi satu sama lain. Sebelum Taman Korea ada, di Surabaya juga terdapat Taman Bungkul dan Taman Apsari.

Hal lain yang menarik dari Taman Korea ini, adalah filosofi berdasar atas prasasti pada monument perdamaian, selain itu untuk meminimalisir perbedaan antar-bangsa, hal lain yang menjadi dasar adanya Taman Korea adalah menyelaraskan dan mensinergikan tempat ini sehingga menjadi sebuah tempat yang indah sekaligus berguna bagi banyak orang. Karena perbedaan merupakan sebuah harmoni yang harus disyukuri, bukan dijadikan pertentangan ataupun permusuhan.

How to Get There :

Melalui terminal Purabaya (Bungurasih) wisatawan dapat menggunakan bis kota menuju Jembatan Merah atau bis kota yang menuju Oso Wilangun, kemudian melewati Jalan Darmo. saat bis memasuki Jalan Darmo wisatawan dapat menentukan turun disekitaran jalan Dr Soetomo. Wisatawan akan diturunkan disekitaran perempatan yang terdapat disitu, wisatawan hanya perlu belok kekiri menyusuri Jalan Dr Soetomo, karena tak jauh dari perempatan tersebut Taman Korea terlihat dari situ.

Tempat Terdekat :

Monumen Jalesveva Jayamahe

Tugu Pahlawan

Monumen Kapal Selam Surabaya

Hotel Terdekat :

Novotel Surabaya Hotel

Hotel Ibis Rajawali

Hotel Tilamas

Peta Lokasi :

View Large Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • taman korea surabaya
  • taman korea
  • taman korea di surabaya
  • alamat taman korea surabaya
  • lokasi taman korea surabaya
  • alamat taman korea di surabaya
  • taman korea sby
  • Taman Persahabatan Kota SBY Jawa Timur
  • alamat taman korea
  • taman persahabatan

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,