Bosan jalan-jalan di mall? Sekali-kali cobalah mengunjungi taman yang ada di dalam kota. Kota Surabaya memiliki banyak alternatif wisata yang sayang untuk dilewatkan. Di tengah panasnya cuaca kota metropolis kedua di Indonesia ini, tersimpan potensi wisata taman kota yang sejuk nan hijau. Penasaran?

taman-ekspresi2Saat Anda merasa penat dengan berbagai aktivitas Anda, cobalah mampir sejenak ke Taman Ekspresi. Taman ini memang belum begitu terkenal di Surabaya, namun keasriannya sungguh mengesankan. Taman Ekspresi terletak di Jalan Genteng Kali Surabaya, persis di depan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Lokasinya yang berada di belakang beberapa bangunan mengakibatkan taman kota ini tak terlihat jelas dari jalan raya. Hal itu juga membuat banyak orang tidak pernah mengira jika di tempat tersebut ada sebuah taman.

Taman Ekspresi diresmikan oleh walikota Surabaya, Tri Rismaharini pada tanggal 7 Mei 2011. Sesuai namanya, Taman Ekspresi dibuat untuk meng”ekspresi”kan karya seni. Tak heran di sepanjang taman ini dijumpai banyak instalasi seni berupa patung-patung yang terbuat dari material bekas yang didaur ulang dan dimodifikasi. Misalnya karya seni kreatif dari besi bekas, sepeda bekas, vespa bekas, roda bekas, dan lain-lain.

taman-ekspresiBegitu memasuki taman, pengunjung akan disambut sebuah patung makhluk dalam posisi duduk di atas rumput. Memasuki taman lebih dalam, rasanya seperti menemukan oase di tengah-tengah panasnya kota Surabaya. Terasa sangat teduh dan sejuk. Taman Ekspresi mempunyai pemandangan yang mengarah ke Sungai Kalimas yang berada tepat di samping taman. Kegiatan ngadem di bawah pohon rindang, bercengkrama bersama teman sambil menikmati pemandangan Kalimas adalah kegiatan yang dilakukan mayoritas pengunjung taman. Banyaknya pepohonan serta tata landscape-nya yang apik dan bersih, membuat siapapun akan betah berlama-lama di taman ini. Kebersihan taman pun terjaga karena tempat sampah disediakan di tiap sudutnya.

taman-ekspresi8.Selain patung-patung seni, terdapat banyak bangku yang terbuat dari beton berbentuk kotak berwarna-warni tersebar di area taman. Ada juga bangku yang berbentuk huruf vokal a, i, u, e, o. Fasilitas lain di taman ini adalah perpustakaan, wifi gratis, toilet, playground, jalur refleksi kaki, dan parkir sepeda. Ada juga pelataran berbentuk bulat, semacam plaza, yang bisa digunakan untuk mengadakan pertunjukan kecil-kecilan, atau sekedar tempat berkumpul bersama komunitas. Di dekat perpustakaan, Anda akan menjumpai fasilitas diorama. Diorama ini berbentuk beberapa patung berukuran kecil yang mengambarkan sejarah bangsa Indonesia. Dari zaman prasejarah, zaman kerajaan, zaman masuknya agama Islam, zaman penjajahan Belanda dan Jepang, serta yang terakhir zaman kemerdekan. Ada juga patung Bung Karno ketika membaca naskah proklamasi didampingi oleh Bung Hatta dan kawan-kawan.

Uniknya, di taman Ekspresi ini Anda juga bisa menemukan pohon (simbol) persahabatan. Keberadaan pohon persahabatan juga terdapat di Taman Persahabatan. Yang membedakan pohon persahabatan di kedua taman ini adalah; pohon persahabatan di Taman Ekspresi ditanam oleh walikota-walikota dari negara ASEAN. Sedangkan pohon persahabatan yang ada Taman Persahabatan ditanam oleh walikota-walikota dari dalam negeri

taman-ekspresi4Oya, bangunan-bangunan yang menutupi bagian depan taman ini justru berfungsi sebagai barrier atau penghalang. Dengan demikian kebisingan dan polusi kendaraan tidak akan mengganggu keadaan taman. Sungguh tempat yang sejuk untuk sejenak melepas kepenatan akan hiruk-pikuknya kota Surabaya.

Untuk menuju Taman Ekspresi, Anda bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Lokasinya yang strategis di tengah kota serta di sepanjang stren Kalimas sangat mudah dijangkau. Jika masih ingin mengunjungi taman kota nan hijau lainnya di Surabaya, alternatif lainnya yaitu Taman Bungkul, Taman Prestasi, Taman Korea, Taman Persahabatan (Taman Sulawesi), Taman Undaan Kulon, dan lain-lain

Selama di Surabaya, Anda bisa menginap di Hotel Bumi Surabaya, Twin Hotel, Hotel Bisanta Bidakara, Inna Simpang Surabaya, atau Santika Surabaya.

Peta lokasi Taman Ekspresi. View larger map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada  12 Oktober 2013.

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

 

Incoming search terms:

  • taman ekspresi surabaya
  • taman ekspresi
  • taman persahabatan surabaya
  • taman di surabaya
  • alamat taman ekspresi surabaya
  • lokasi taman ekspresi surabaya
  • taman ekspresi di surabaya
  • taman ekspresi sby
  • lokasi taman ekspresi
  • alamat taman singapore surabaya

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,