Apa yang mungkin dipikirkan apabila mendengar kata kebun binatang ? ya, pastinya akan terbersit berbagai macam satwa ataupun pepohonan diantara hewan yang sedang berkeliaran. Apabila anda sedang berkunjung ke Surabaya, anda menyempatkan diri untuk berwisata di Kebun Binatang Surabaya.

Kebun Binatang Surabaya (KBS) terletak di Jalan Setail No 1 Surabaya Selatan. Berada tepat di tengah kota Surabaya, sehingga akan memudahkan siapapun yang berkunjung ditempat wisata ini. Lokasi KBS juga tak jauh dari terminal Joyoboyo (Wonokromo). Terminal Joyoboyo meupakan angkutan yang melayani perjalanan dalam kota Surabaya.

Kebun Binatang Surabaya (KBS) sangat tepat sebagai pilihan wisata atau destinasi wisata keluarga. KBS bisa menjadi sarana edukasi bagi anak untuk mengenal aneka satwa, sedangkan bagi orang tua, KBS merupakan sarana pelepas stres sekaligus mendekatkan diri bersama keluarga di akhir pekan setelah sibuk dengan banyak aktifitas selama seminggu bekerja.

Begitu wisatawan sampai di KBS, maka patung ikan sura dan buaya akan terpampang dengan jelas. Salah satu ikon kota pahlawan tersebut berada di depan pintu masuk Kebun Binatang Surabaya. Ikon tersebut merupakan reprsentasi dua hewan tersebut, yaitu Suro atau berarti Ikan, dan Boyo yang berarti buaya, sehingga nama kota Surabaya sendiri merupakan gabungan nama dari kedua satwa tersebut.

Dengan tiket masuk seharga Rp 15 ribu per orang ( balita di atas 3 tahun dikenakan biaya), wisatawan dapat menikmati berbagai wahana dan fasilitas yang telah disediakan. Lokasi penjualan tiket dekat dengan pintu masuk. Sebelum masuk ada baiknya wisatawan melihat peta Kebun Binatang Surabaya yang ada di pintu masuk.

Rimbunnya pepohonan akan menyambut siapapun yang pengunjung yang masuk di KBS. Hal ini merupakan salah satu daya Tarik KBS, dengan nuansa alami dan aneka satwa yang menarik, pengunjung diharapkan tetap nyaman, dan terlindung dari terik matahari.

Kebun Binatang Surabaya pernah menjadi kebun binatang terlengkap di Asia Tenggara, dengan jumlah satwa lebih dari 4.000, yang meliputi binatang dari 351 spesies, serta berbagai jenis satwa yang menempati KBS dengan luas 15 hektar. Satwa seperti tapir, cheetah, kera, onta, zebra, jerapah, beruang, rusa, kuda nil, harimau sumatera, harimau putih, kambing gunung, singa, orang utan, keledai, celeng, anoa, komodo sampai yang jarang didengar namanya seperti lama, bekantan dan owa adalah diantara satwa yang dimiliki KBS.

Sedangkan untuk burung, KBS memiliki elang, merak, kakaktua, jalak Bali, dan burung unta yang masing-masing memiliki daya Tarik, baik itu dari bulu atau-pun suara yang dihasilkan. Untuk binatang “impor”, KBS memiliki diantaranya kangguru, bison, dan pelikan.

KBS juga memiliki jenis ikan air tawar dan ikan air laut, untuk lokasi satwa laut berada di Aquarium. Untuk dapat sampai ke akuarium, wisatawan dikenakan biaya masuk. Namun tak perlu khawatir, karena wisatawan akan mendapati ikan air tawar dengan panjang 3 meter. Ikan bernama Arapaima gigas ini merupakan ikan terbesar di dunia dengan panjang mencapai lebih dari 3 meter, hidup didaerah tropis dan banyak terdapat di amerika selatan. Ikan ini menjadi koleksi salah satu ikan andalan Kebun Binang Surabaya.

Di KBS tiap satwa diletakkan menurut kelompoknya, hal ini dimaksudkan supaya lebih mudah mengelolanya serta memudahkan wisatawan menelusuri tiap tempat satwa.

Banyak Hal Bisa Dilakukan di Kebun Binatang Surabaya.Jumlah pengunjung Kebun Binatang Surabaya amat banyak pada hari minggu atau hari libur.

KBS menyediakan berbagai wahana menarik bagi wisatawan yang suka berolahraga serta membakar adrenaline, salah satunya adalah flying fox: lintasannya dengan panjang 68 meter dan tinggi 10 meter akan membuat wisatawan serasa seperti tarzan yang tengah terjun dari di antara pepohonan di tengah hutan.

Namun bagi wisatawan yang takut akan ketinggian, mereka dapat berkunjung ke jembatan pantau, dengan menaiki anak tangga terlebih dulu, dari situ anda akan dapat melihat berbagai satwa dan wisatawan lain beraktivitas.

How to Get There:

Melalui Jalur darat wisatawan dapat menggunakan bis, setelah sampai di Terminal Bungurasih Surabaya, wisatawan dapat menggunakan bis kota tujuan terminal Joyoboyo. Setelah sampai di terminal Joyoboyo, wisatawan hanya perlu berjalan kaki sekitar 200 meter. Kemudian akan terlihat patung sura dan boyo yang menjadi ikon kota Surabaya.

Wisatawan yang memanfaatkan jalur kereta api menuju KBS, maka apabila wisatawan telah sampai di stasiun Kereta Api Wonokromo, wisatawan hanya melangkahkan kaki beberapa saat menuju KBS.

Apabila wisatawan menggunakan jalur udara: Setelah sampai di bandara Juanda Surabaya,wisatawan bisa memilih naik taksi atau bis Damri untuk menuju Kebun Binatang Surabaya.

Tempat Terdekat:

Tunjungan Plaza

Monumen Pers Perjuangan Surabaya

Tugu Pahlawan

Hotel Terdekat:

Hotel Mercue Surabaya

Hotel Oval

Satelit Hotel

Peta Lokasi:

View Large Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • kebun binatang surabaya
  • kebun binatang wonokromo
  • kebun binatang
  • ikan sura
  • ikon surabaya

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , ,