Kota Batu Malang dikenal sebagai kota yang kaya tempat wisata. Kota berhawa dingin ini menawarkan berbagai wisata alam yang indah dan memukau. Salah satunya adalah wisata arung jeram atau rafting Kaliwatu di Sungai Brantas. Bagi Anda yang suka tantangan, tidak ada salahnya untuk mencoba mengarungi Sungai Brantas melalui olahraga ini.

foto: www.kaliwaturafting.blogspot.com

foto: www.kaliwaturafting.blogspot.com

Kaliwatu Rafting terletak di tengah perkotaan, kira-kira 2 km dari alun-alun Kota Wisata Batu atau sekitar 5 menit dari pusat Kota Batu. Tepatnya di Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Malang. Obyek wisata ini menawarkan sensasi arung jeram yang menantang dan memacu adrenalin dengan nuansa yang berbeda dari yang lainnya. Selain aliran air Sungai Brantas yang deras, banyak pula ditemui bebatuan dalam ukuran besar di sepanjang sungai. Kegiatan arung jeram di sungai ini dikenal dengan nama Kaliwatu Rafting sebab Anda juga akan melewati Sungai Kaliwatu. Anda juga bisa menikmati pemandangan yang sungguh indah sambil merasakan petualangan rafting menyusuri derasnya Sungai Brantas.

Kawasan wisata arung jeram ini dikelola oleh beberapa badan usaha. Salah satunya adalah Kaliwatu Rafting yang berada di Jalan Raya Pandanrejo 4 Batu. Kaliwatu Rafting mengambil konsep fun rafting yang mengajak pengunjung berwisata menyusuri rute rafting. Ada beberapa konsep arung jeram yang ditawarkan yaitu rafting untuk pendidikan, keluarga, perkantoran, serta sport bagi yang sudah ahli.

foto: www.turwisata.wordpress.com

foto: www.turwisata.wordpress.com

Bahkan terdapat Kids Rafting yang diperuntukkan khusus bagi anak-anak mulai usia TK dan SD. Arung jeram untuk anak-anak tersebut mengutamakan prosedur keamanan yang tinggi. Arus sungai dan tinggi kejeraman juga tidak tajam. Selain itu, sisi edukasi kental terasa pada rute Kids Rafting ini. Pengelola menyiapkan jarak sungai sepanjang kurang lebih 7 km, dengan durasi pengarungan berkisar 1,5-2 jam. Kontur sungai untuk Kids Rafting ini menyusuri Sungai Brantas, yang melintasi beberapa desa meliputi Kelurahan Sisir, Desa Sidomulyo, Kelurahan Temas, dan Desa Pandanrejo. Selain itu, ada pula rute rafting untuk anak dengan tingkatan yang lebih ekstrim yakni area Sahabat Air. Di area ini, pengarungan kontur Sungai Brantas lebih deras dan lebih tajam dengan durasi sekitar 2-3 jam.

Untuk mengikuti olahraga arung jeram ini, pihak pengelola mematok biaya berdasarkan tipenya. Untuk rafting regular dikenai biaya Rp 160.000 per orang dengan jumlah peserta minimal 5 orang. Sedangkan untuk Kids Rafting (khusus usia usia 5-12 tahun) dikenai biaya Rp 110.000 per anak. Fasilitas yang diberikan berupa area rafting dengan grade 2, peralatan arung jeram, instruktur/skipper, snack dan welcome drink, makan siang, dan asuransi.

Sebelum melakukan rafting, para peserta akan mendapat pengarahan dari instruktur mengenai dasar-dasar dalam berarung jeram. Biasanya bagi pemula atau yang pertama melakukan rafting akan diberikan level grade 2 atau termasuk dalam kategori fun rafting yang cukup aman. Kemudian barulah Anda menggunakan alat-alat keselamatan, seperti helm dan rompi pelampung. Satu perahu karet biasanya memuat 5 orang, termasuk seorang instruktur, tergantung kapasitas beban yang bisa ditampung. Rute yang akan ditempuh dalam kegiatan rafting ini sejauh 7 km dengan waktu pengarungan sekitar 2 jam.

foto: www.outboundindonesia.com

foto: www.outboundindonesia.com

Arus di Sungai Brantas memiliki jeram yang relatif sedang sehingga cocok bagi Anda yang baru pertama kali mencoba arung jeram. Meski begitu, pengunjung harus hati-hati sebab bebatuan yang ada di sepanjang sungai cukup banyak. Di beberapa titik, Anda bisa melakukan pemberhentian untuk beristirahat. Menariknya, di rest area ini wisatawan tidak hanya dapat melepas lelah namun juga bisa melakukan wisata petik jambu. Anda hanya perlu mengeluarkan sedikit uang untuk dapat menikmati lezatnya buah jambu segar hasil cocok tanam petani di sekitar Sungai Brantas. Tak hanya itu, di beberapa lokasi pemberhentian lainnya para rafter juga bisa melakukan aktifitas lain seperti terjun bebas dari balik bebatuan di pinggir sungai. Anda bisa melakukan terjun bebas ini setelah melewati jalur Aura Kasih yaitu sebuah aliran sungai yang berkelok-kelok.

Oya, Kaliwatu Rafting juga menyediakan fasilitas Donut Boat dengan biaya Rp 110.000 per orang untuk kegiatan rafting di lokasi ini. Penggunaan perahu Donut Boat ini cukup berbeda dan terasa jauh lebih menantang dibandingkan perahu karet yang digunakan untuk arung jeram.

Untuk mencapai lokasi Kaliwatu Rafting ini tidaklah sulit. Terletak sekitar 2 km dari alun-alun Kota Wisata Batu, obyek wisata ini bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika naik kendaraan pribadi, dari alun-alun Kota Batu arahkan kendaraan Anda menuju Jalan Raya Pandanrejo. Lokasi Kaliwatu Rafting hanya berjarak sekitar 500 meter dari jalan tersebut. Bila menggunakan kendaraan umum atau bis, Anda bisa transit di Terminal Arjosari Malang. Dari situ, kita bisa naik mikrolet jurusan Batu-Songgoriti dan turun di alun-alun. Dari alun-alun, wisatawan bisa berjalan kaki atau naik ojek menuju lokasi.

Sempatkan pula untuk mengunjungi obyek wisata menarik lainnya di kota Batu seperti Batu Night Spectacular, Kawasan Wisata Payung, Jatim Park, Kusuma Agrowisata, dan lain-lain. Selama berada di kota apel, Anda bisa beristirahat di Rumah Jambuluwuk Batu, Purnama Hotel, Villa & Family Hotel Gradia, atau Mutiara Hotel.

Peta lokasi. View larger map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 13 September 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , ,