Apa yang akan Anda lakukan sepulang kerja serta kehujanan sepanjang jalan? Ya, mandi dengan air panas/hangat adalah solusi tepat. Mandi dengan air panas memang memiliki kenikmatan tersendiri. Namun pernahkah Anda bayangkan, betapa enaknya jika mandi air panas ditemani dengan pemandangan asri dan menyegarkan? Tak perlu khawatir, Anda dapat menikmatinya di wisata Pemandian Air Panas Cangar.

cangarPemandian air panas Cangar merupakan salah satu objek wisata di wilayah Kota Wisata Batu, berjarak kurang lebih 18 km dari pusat kota. Tempat ini terletak di kaki Gunung Welirang, tepatnya di dusun Cangar, Sumber Brantas, Bumiaji, Batu. Objek wisata yang masuk dalam kawasan Taman Hutan Rakyat (TAHURA) R. Soerjo ini memang cukup ramai, khususnya pada hari libur atau akhir minggu. Bisa jadi Anda akan kesulitan menemukan tempat untuk berendam karena hampir di semua kolam penuh sesak. Jadi untuk menghindari hal itu, sebaiknya Anda datang di luar hari minggu/libur.

Ada beberapa kolam di pemandian air panas Cangar ini. Masing-masing kolam memiliki tingkat panas yang berbeda mulai dari yang hangat, sedikit panas, sampai panas. Selain itu, ada lima pilihan kolam pemandian untuk berendam diantaranya 3 kolam utama, serta 2 kolam renang. Dari ketiga kolam utama itu, terdapat 1 kolam khusus untuk perempuan. Ada juga pemandian yang lebih privasi, khusus untuk satu orang berupa kamar semacam sauna.

pemandian-air-panas-cangarFasilitas di area pemandian Cangar antara lain Taman Bermain, camping ground, Villa dan Aula, flying fox, kuliner, serta sebuah gua Jepang yang letaknya tidak jauh dari lokasi pemandian. Gua peninggalan zaman Jepang tahun 1942 – 1945 ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki melalui jalan setapak, jaraknya sekitar 600 meter. Sedangkan taman bermain di objek wisata ini berupa taman dengan beberapa fasilitas mainan untuk anak-anak. Disediakan juga saung-saung untuk istirahat atau bersantai. Di kawasan ini juga tersedia dua buah villa yang bisa disewa dengan harga cukup murah. Di samping lokasi villa tersedia aula yang bisa digunakan untuk sarana pertemuan, memiliki daya tampung sekitar 350 orang. Namun untuk menggunakan fasilitas ini kita tidak hanya ijin ke petugas ditempat saja, tetapi harus ke kantor Perhutani yang ada di kota Malang.

Di area wisata air panas Cangar sendiri masih banyak terdapat satwa monyet seperti halnya kawasan asri lainya. Hal itu menjadikan area ini tampak alami. Uniknya, semua kolam di wisata pemandian air panas ini bukanlah kolam buatan manusia, melainkan terbuat secara alami. Dinginnya suasana pegunungan membuat kita betah berlama-lama berendam di kolam hangat sambil menikmati pemandangan yang sejuk. Oya, konon pemandian air panas Cangar ini banyak mengandung khasiat, salah satunya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Tidak heran wisata ini menjadi tempat favorit kalangan orang yang sudah tua

cangar-3Puas berendam, Anda bisa mencicipi kuliner khas kota Batu yaitu tape beras ketan hitam. Bahkan sambil berendam pun Anda bisa menikmati camilan ini. Kuliner ini sangat cocok dinikmati di tempat wisata ini. Rasanya yang khas bisa menghangatkan tubuh. Pemandian ini buka kurang lebih pukul 05.00 WIB. Harga tiket masuk ke lokasi pemandian ini terbilang murah yaitu Rp 5.500 per orang.

Nah untuk masalah akses ke pemandian air panas ini Anda harus menggunakan kendaraan pribadi baik motor atau mobil. Sebab tidak ada jalur angkutan umum yang menuju lokasi ini. Dari pusat kota Batu, kita menuju ke arah barat lalu berbelok ke arah Timur dan lurus hingga ke tujuan. Jaraknya sekitar 20 km. Meski begitu, jalan yang akan Anda lalui cukup berkelok-kelok dan menanjak. Namun jangan khawatir, panorama alam indah dan menakjubkan yang terpampang di kiri jalan cukup mampu mengobati rasa lelah kita selama perjalanan. Hamparan hijau ladang dan hutan yang masih asri di kaki gunung Welirang akan memanjakan mata pengunjung.

cangar0Gerbang Tahura R. Soerjo menjadi penanda bahwa Anda sudah sampai di pemandian air panas Cangar. Gerbang ini merupakan pintu masuk jalan yang melintasi kawasan hutan R. Soerjo menuju Pacet, Mojokerto. Jalan ini juga biasa dilalui wisatawan dari arah Pacet, Mojokerto yang ingin menuju Pemandian Air Panas Cangar.

Wisata lainnya yang dapat Anda kunjungi di kota Batu adalah Air Terjun Coban Talun, Taman Rekreasi Sengkaling, Kusuma Agrowisata, Batu Night Spektakuler, dan lain-lain. Selama di kota ini, Anda bisa menginap di Rumah Jambu Luwuk Batu, Purnama Hotel, atau Villa & Family Hotel Gradia.

Peta lokasi.

View larger map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 26 November 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • wisata cangar
  • cangar
  • cangar malang
  • pemandian air panas cangar
  • pemandian air panas pacet
  • pemandian air panas di surabaya
  • cangar batu
  • pemandian air panas surabaya
  • pemandian cangar
  • jam buka pemandian air panas cangar

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,