Coban_Talun1

Kota Malang memang identik dengan pariwisata. Kota yang terkenal dengan kuliner bakwan Malangnya ini merupakan kawasan pegunungan sehingga hawanya sangat sejuk. Adanya kawasan pegunungan membuat kota ini memiliki beberapa obyek wisata berupa air terjun. Air terjun atau dalam bahasa Jawa disebut curug atau coban, menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi banyak orang. Pesona yang ditawarkan tercurahnya jutaan kubik air dari ketinggian merupakan pemandangan yang mengagumkan. Coban Talun di Malang salah satunya. Pesona pelangi yang indah menjadi daya tarik wisatawan ketika berkunjung ke coban ini.

Coban_TalunObyek wisata Coban Talun berada di kawasan wisata bumi perkemahan Malang, di lereng barat Gunung Arjuna – Welirang. Tepatnya terletak di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Malang. Coban ini memiliki ketinggian sekitar 75 meter dengan diameter +/-15 meter dan pemandangan yang elok di sekitar lokasinya. Selain bisa menikmati gemuruh deburan air terjun, Anda juga bisa menyaksikan banyak pelangi di setiap sudut coban.

Kawasan wanawisata Coban Talun ini dikelola oleh pemerintah kota Batu. Fasilitas yang ada di obyek wisata ini antara lain kamar mandi, WC, air bersih, persewaan tenda, kayu bakar, lampu minyak, generator, dan perlengkapan lain yang berhubungan dengan kegiatan alam. Di wanawisata ini juga banyak terdapat warung makan yang berjejer rapi di pintu masuk, warung cinderamata dan oleh-oleh, tanaman hias, tanaman buah khas Batu seperti apel dan stroberi, serta sayuran. Ada juga yang menjajakan oleh-oleh seperti olahan buah apel yaitu dodol apel atau keripik apel.

coban-Talun.Panorama alam Coban Talun sangat indah. Air terjun ini terletak di antara bebatuan. Batu besar dan batuan berwarna putih mendominasi isi sungai. Batuan-batuan pegunungan yang sangat besar tersebut menambah keeksotikan coban. Di dasar air terjun terdapat kolam air dangkal sebagai kolam pelimpahan. Air terjun Coban Talun juga dikelilingi oleh hutan dan pegunungan yang sejuk. Karena keindahan alamnya, kawasan ini sering digunakan sebagai area camping ground.  Harga tiket masuk obyek wisata ini adalah Rp 5.000 per orang dan tiket parkir Rp 2.000 (untuk roda dua) dan Rp 4.000 (untuk roda empat).

Menariknya, apabila kondisi cuaca sedang cerah maka butiran air yang terhempas angin akan menimbulkan warna pelangi yang sangat indah dan mempesona. Warna pelangi tersebut dapat wisatawan saksikan hampir di sekeliling lokasi wisata tersebut. Sungguh perpaduan alam yang sangat eksotik dan menawan. Namun perlu diketahui bahwa, apabila hujan turun deras maka semua pengunjung diwajibkan meninggalkan lokasi wisata ini karena ditakutkan terjadinya banjir.

coban-talun0-featuredUntuk menuju lokasi air terjun Coban Talun, bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Bila Anda membawa mobil pribadi bisa langsung menuju lokasi dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit dari Kota Malang. Jika dari alun-alun Kota Batu Anda bisa mengambil arah ke Selecta-Cangar. Atau jika dari Surabaya dapat langsung mengambil jalur Cangar melalui Trawas. Disarankan untuk tidak melalui jalur ini pada malam hari karena tidak terdapat lampu penerangan jalan serta kondisi jalan yang berliku-liku dengan turunan curam.

Jika menggunakan angkutan umum, dari kota Malang bisa ditempuh dengan menggunakan Angkot jurusan sesuai dengan tujuan ke Selecta, yakni menggunakan Angkot berwarna biru dengan kode AL (Arjosari-Landungsari) atau ADL (Arjosari-Dinoyo-Landungsari) dengan biaya sebesar Rp 3.000  turun di Terminal Landungsari. Dari Landungsari, wisatawan melanjutkan perjalanan dengan Angkot berwarna Pink atau Ungu tujuan ke Terminal Batu dengan biaya sebesar Rp 4.000. Sesampainya di Terminal Batu, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan Angkot berwarna Orange tujuan Selecta-Coban Talun dengan biaya sebesar Rp 4.000,-. Nah, dari  sini  wisatawan akan langsung diturunkan di pintu masuk lokasi wisata Coban Talun. Dari pintu masuk tersebut, wisatawan harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 50 meter hingga sampai ke pintu gerbang atau loket pembayaran karcis masuk air terjun Coban Talun. Di sepanjang perjalanan wisatawan akan disuguhi pemandangan indah pohon apel yang banyak ditanam oleh warga sekitar.

Wisata coban lainnya yang dapat Anda nikmati di kota Malang adalah Air Terjun Coban Rondo, Air Terjun Coban Sewu, Air Terjun Coban Pelangi, dan lain-lain. Hotel yang bisa Anda jadikan sebagai tempat menginap antara lain Gajahmada Graha HotelMutiara Hotel, Santika Premiere Malang Hotel, Ollino Garden Hotel, atau Villa & Family Hotel Gradia.

Peta lokasi. View larger map.

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 28 Oktober 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • coban pelangi
  • coban talun
  • air terjun coban talun
  • coban talun malang
  • air terjun malang
  • Cuban talun
  • air terjun grojogan sewu
  • air terjun coban pelangi malang
  • coban talun batu malang
  • coban talun batu

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,