Foto: www.bolang.adventure.web.id

Foto: www.bolang.adventure.web.id

Kota Malang dikenal menyimpan banyak pantai yang indah. Pantai-pantai eksotik itu membentang mulai dari perbatasan dengan Blitar hingga perbatasan dengan Lumajang. Karena banyaknya pesisir tersebut, Kabupaten Malang pun dijuluki sebagai ‘kota seribu pantai’. Salah satu pantai di kota apel yang menawarkan keindahan nan alami yaitu Pantai Modangan.

foto: www.sahabatkurakura.blogspot.com

foto: www.sahabatkurakura.blogspot.com

Pantai Modangan terletak sekitar 65 km sebelah barat daya kota Malang, tepatnya di Dusun Kalitekuk, Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Pantai ini menjadi tempat bermuaranya Sungai Modangan yang menjadi batas alam yang memisahkan Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang. Perbatasan tersebut ditandai oleh sebuah tugu kecil yang terletak di tepi sungai. Pantai Modangan memang berhimpitan langsung dengan Pantai Jolosutro di Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar.

Oya, ternyata terdapat kisah unik dibalik penamaan pantai ini. Asal-usul nama Pantai Modangan merupakan pemberian pasukan Pangeran Diponegoro yang pernah tinggal di sana. Sekitar tahun 1850-an, Perang Diponegoro berkobar di Jawa dan banyak pasukan yang bersembunyi di sepanjang pantai selatan Pulau Jawa. Pantai Modangan menjadi pilihan berlindung karena lokasinya cukup terisolasi. Ratusan prajurit yang bersembunyi tersebut melakukan makan bersama di hutan yang berada di bibir pantai. Berawal dari makan-makan bersama itulah, akhirnya mereka menamakan pantai tersebut dengan nama Pantai Modangan.  Kata “modangan” berasal dari bahasa Jawa lama “madang” yang berarti ‘makan bersama-sama’. Hingga sekarang pantai ini pun dikenal dengan Pantai Modangan.

Foto: www.halomalang.com

Foto: www.halomalang.com

Eksotika Pantai Modangan tidak diragukan lagi. Pasirnya yang putih bersih serta panorama alami di sekitarnya menjadi daya tarik utama pantai ini. Area pantai terbadi menjadi dua. Di sebelah kiri merupakan area pasir putih yang lembut dan bersih, sedangkan di sebelah kanan pantai terdapat bebatuan atau kumpulan batu hitam yang indah serta sebuah muara yang airnya jernih. Berbeda dari kebanyakan pantai pada umumnya yang memiliki struktur batuan kapur, batu-batuan yang ada di Pantai Modangan adalah jenis batuan andesit berlapis yang terbentuk dari lelehan lahar dari gunung berapi yang telah membeku.

Pantai Modangan juga memiliki karakteristik ombak yang indah. Deburan ombak yang menghantam tebing-tebing karang tampak semakin menambah keeksotisan pantai. Suasananya yang tenang pun dapat membuat wisatawan betah berlama-lama di pesisir Malang selatan ini.  Untuk menikmati panorama pantai Modangan yang indah tersebut para pengunjung tidak dipungut tiket masuk alias gratis.

Foto: www.doliphoto.wordpress.com

Foto: www.doliphoto.wordpress.com

Akses menuju ke pantai ini tidak terlalu sulit. Dari pusat kota Malang, pengunjung bisa mengambil arah ke Kepanjen. Dari Kepanjen terus ke arah Bendungan Sengguruh hingga melewati pertigaan Pagak, kemudian mengambil arah menuju Kecamatan Donomulyo. Dari pertigaan setelah pasar Donomulyo langsung ambil arah kanan atau menuju arah Wates (Blitar). Jalannya sudah beraspal  mulus sepanjang sekitar 1 km. Sekitar 2 km sebelum masuk Desa Sumberoto aspalnya mulai berlubang-lubang. Tidak jauh dari gerbang masuk Desa Sumberoto ada sebuah pertigaan Pasar Ngelih. Dari sini Anda harus berbelok ke arah kiri dan mengikuti jalan desa hingga menemukan perempatan Jalur Lingkar Selatan (JLS). Dari perempatan itu kita mengkiuti JLS sekitar 1 km dengan medan turunan sampai menjumpai pos jaga kehutanan (Pos Miri). Sebelum jembatan Miri ada jalan menurun ke kiri, itu adalah jalan untuk menuju Pantai Modangan. Jarak dari jembatan ke lokasi pantai masih sekitar 800 m lagi.

Saat berada di Malang, jangan lupa untuk menjelajahi pantai indah lainnya seperti Pantai Balekambang, Pantai Gua China, Pantai Ngliyep, Pantai Bajul Mati, dan masih banyak lagi.  Lelah berwisata, Anda bisa beristirahat di beberapa hotel seperti Hotel Sahid Montana, Santika Premiere Malang Hotel, Tugu Malang Hotel, atau Gajahmada Graha Hotel.

Peta lokasi. View larger map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 25 Juni 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • pantai modangan
  • pantai modangan malang
  • pantai modangan kec donomulyo
  • pantai mondangan
  • pantai modangan malang selatan
  • modangan
  • pantai pasir putih malang
  • pasir putih malang
  • pantai pasir putih lumajang

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , ,