Bosan dengan rafting atau arung jeram? Tak ada salahnya mencoba wahana baru yang tak kalah memacu adrenalin. Ya, apalagi kalau bukan river tubing. Salah satu obyek wisata tubing yang wajib Anda kunjungi di kota Malang yakni Sungai Amprong. Penasaran?

tubing amprong

tubing Sungai Amprong xmarotubing

River tubing Sungai Amprong berada di kawasan lereng barat Gunung Semeru. Wisata semi ekstrim ini tepatnya berada di Dusun Besuki, Desa Wringinanom, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Jaraknya sekitar 7 kilometer dari pusat kota Poncokusumo atau sekitar 3 kilometer dari rest area Gubugklakah, tempat para wisatawan menuju Gunung Bromo. Di hulu Sungai Amprong yang memiliki karakteristik air sangat jernih ini juga terdapat wisata alam Coban Pelangi di Desa Gubugklakah.

Tubing hampir sama dengan arung jeram atau rafting. Jika rafting biasanya menggunakan perahu karet, khusus tubing memakai ban (tub) sebagai alat utamanya. Wisatawan dapat menaiki ban tersebut dengan menggunakan alat pelindung berupa jaket apung, helm, serta pelindung kaki dan tangan. Oya, tubing ini mirip dengan wahana yang berada di Gua Pindul, Yogyakarta. Bedanya, tubing di Malang lebih menantang karena arus sungainya agak deras. Selain itu, pemadangan yang disuguhkan asri dan sejuk. Wisatawan bisa menikmati serunya berpetualang menyusuri arus Sungai Amprong yang jernih dan berasal dari mata air alami pegunungan. Tak hanya itu, di sepanjang Sungai Amprong terdapat banyak bebatuan alami yang menciptakan arus kuat sehingga menimbulkan sensasi petualangan yang tidak akan pernah terlupakan bagi para pengunjung.

tubing amprong

river tubing Amprong sakechair.blogspot

Selain memiliki pemandangan yang indah, area wisata ini juga menyediakan zona tracking motor trail, arung jeram, flying fox, camping ground, dan kuda wisata. Untuk wahana tubing sendiri terdapat tiga paket tarif beserta fasilitas yang disediakan oleh pengelola. Paket trip pertama tarifnya adalah Rp 100.000 dengan panjang jalur 4,5 km dan durasi sekitar 2 jam. Paket kedua tarifnya Rp 80.000 dengan panjang jalur 2,5 km dan durasi 1 jam. Sedangkan paket trip ketiga tarifnya Rp 45.000 dengan panjang jalur 1,5 km dan durasi 45 menit. Wisatawan akan mendapatkan fasilitas pengaman berupa helm, pelampung (life vest), sepatu, dan ban karet selama mengarungi sungai. Derasnya arus sungai dan besarnya bebatuan alami di sepanjang jalur tubing akan memacu adrenalin wisatawan.

Sebelum tubing dilakukan, sejumlah instruktur akan memberikan tips serta teknik kepada para pengunjung. Misalnya, untuk menghindari benturan kita harus menjaga jarak antar tubing. Selain itu, peserta tubing tidak boleh tegang dan harus rileks selama duduk di atas ban. Curah air yang deras akan membuat wisatawan berdegup kencang. Sekitar 2 km dari starting point, kita akan tiba di area happy land. Area ini merupakan salah satu spot dengan arus yang cukup tenang sehingga wisatawan dapat menikmati sensasi berenang di dinginnya air Sungai Amprong. Usai menyelesaikan rute tubing yang menegangkan, pengunjung pun mencapai finish di tempat yang sudah ditentukan.

Jika belum puas tubing, Anda juga bisa mengunjungi Kaliwatu RaftingKasembon Rafting Malang, atau rafting di Desa Wisata Kampoeng Goenoeng. Selama berada di kota Malang, kita bisa beristirahat di hotel terdekat seperti Tugu Malang Hotel, Hotel Mutiara, Santika Premiere Malang Hotel, atau  Gajahmada Graha Hotel.

Peta lokasi. View larger map.

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 23 Februari 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • river tubing malang
  • rafting sungai amprong
  • rafting sungai amprong malang
  • harga rafting di sungai amprong malang
  • harga river tubing sungai amprong
  • lokasi river tubing
  • tiket masuk sungai amprong
  • tubing di sungai amprong
  • wisata cave tubing di malang

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , ,