Di tengah keramaian kota yang kian padat, Malang memiliki taman baru yang bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Ya, apalagi kalau bukan Merbabu Family Park. Taman rekreasi tersebut bisa menjadi pilihan yang tepat saat akhir pekan bersama keluarga Anda.

Foto: www.tribunnews.com

Foto: www.tribunnews.com

Terletak di Jl. Merbabu, Kecamatan Klojen, Malang, Merbabu Family Park dibangun untuk menyediakan ruang terbuka hijau bagi masyarakat. Pembangunan taman seluas 3.924 meter persegi ini merupakan hasil kerjasama Pemkot Malang dengan PT Beiersdorf Indonesia. Pihak pemkot yang menyediakan lahan, sementara PT Beiersdorf Indonesia yang melaksanakan pembangunannya. Merbabu Family Park sendiri dibangun sebagai bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Beiersdorf Indonesia melalui bendera NIVEA Cares for Family.

Merbabu Family Park diresmikan pada tanggal 14 Juni 2014 oleh Walikota Malang, Moch Anton dan bisa dinikmati publik tanggal 15 Juni 2014.  Taman yang lokasinya berada dekat dengan Hutan Kota Malabar ini memiliki fasilitas untuk seluruh keluarga mulai dari anak-anak hingga lansia. Fasilitas tersebut di antaranya lapangan mini futsal, jogging track, area olahraga lansia, play ground, taman bacaan, tempat bersantai keluarga, dan pedestrian untuk difabel. Di arena bermain anak terdapat sarana seperti ayunan, jungkat-jungkit, arena bermain pasir pantai, perosotan dan lain-lain. Menariknya, seluruh fasilitas tersebut disuguhkan dalam warna-warna cerah sehingga menarik perhatian anak. Taman ini juga dilengkapi area Wi-Fi serta memiliki 300 lubang biopori yang bisa digunakan untuk menampung air hujan. Oya, semua fasilitas ini bisa dinikmati secara gratis oleh masyarakat dari berbagai segmen usia hingga kaum difabel.

foto: www.detik.com

foto: www.detik.com

Letaknya yang berada di tengah-tengah permukiman menjadikan taman ini sebagai area untuk kegiatan positif dan memberikan manfaat untuk seluruh keluarga di kota Malang. Tiap harinya Merbabu Family Park selalu ramai dikunjungi oleh anggota keluarga, apalagi pada hari-hari libur. Tidak hanya anak-anak saja yang menikmati beragam fasilitas taman ini, namun orang tua yang mengantarkan anaknya bermain juga dapat memanfaatkan fasilitas yang ada di taman tersebut.

Menariknya, selain sebagai taman wisata, pembangunan Merbabu Family Park juga memiliki banyak tujuan. Antara lain untuk mengoptimalkan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan resapan air. Ruang terbuka hijau (RTH) sendiri memiliki peran ganda, mulai dari sebagai daerah resapan air yang berfungsi mengendalikan banjir, konservasi air tanah, dan sebagainya.

Jika Anda tertarik untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga di Merbabu Family Park, aksesnya cukup mudah. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jika naik kendaraan pribadi dari pusat kota Malang, Anda bisa langsung menuju Kecamatan Klojen. Kemudian arahkan kendaraan Anda ke Jl. Merbabu. Jika menggunakan kendaraan umum, wisatawan bisa naik mikrolet berkode ADL atau AL dari Terminal Arjosari, dan turun di Jl. Ijen. Lokasi taman wisata berada tak jauh dari jalan tersebut. Kita bisa berjalan kaki untuk mencapainya.

Sempatkan juga untuk mengunjungi taman-taman hijau lainnya di Kota Malang seperti Taman Rekreasi Senaputra, Taman Rekreasi Tlogomas, Taman Wisata Lembah Dieng, atau Taman Rekreasi Bonderland. Selama berada di kota apel ini Anda bisa singgah di beberapa hotel seperti Tugu Malang Hotel, Hotel Sahid Montana, Hotel Mutiara, Santika Premiere Malang Hotel, atau Gajahmada Graha Hotel.

Peta lokasi. Lihat peta lebih besar

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 6 November 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , ,