Grojogan_Sewu_2

Kabupaten Malang dikenal memiliki hawa yang sejuk. Di Malang terdapat beberapa kawasan yang merupakan dataran tinggi, di antaranya seperti Kecamatan Batu, Pujon dan Ngantang. Di daerah ini Anda akan menjumpai beberapa destinasi wisata berupa air terjun atau dalam bahasa Jawa disebut coban. Salah satu coban yang cukup terkenal di Malang adalah Air Terjun Coban Sewu atau Grojogan Sewu.

Air Terjun Coban Sewu terletak di Dusun Tretes, Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Air terjun ini berada sekitar 100 m dari jalan raya yang menghubungkan kota Batu dengan Kediri. Jika Anda sedang dalam perjalanan menuju Kota Jombang dan Kediri atau sebaliknya, mungkin ada baiknya sesekali mampir sejenak di air terjun ini. Coban ini juga sering disebut Air Terjun Grojogan Sewu oleh masyarakat Malang.

air-terjun-coban-sewuKondisi Air Terjun Coban Sewu sangat asri dan terawat. Keberadaan pepohonan di sekitar air terjun coban yang masih terjaga turut memberikan kesan teduh dan sejuk. Debit airnya yang deras menimbulkan udara dingin di sekitar lokasi air terjun. Hamparan sawah nan hijau dan suara gemuruh air terjun yang menyejukkan membuat objek wisata ini layak untuk dikunjungi. Selain karena keasriannya, air terjun ini juga sering dikunjungi karena dipercaya khasiatnya untuk penyembuhan. Bagi yang percaya, khasiatnya macam-macam. Diantaranya menyembuhkan berbagai macam penyakit, melancarkan rejeki, dan lain-lain.

Fasilitas yang ada di obyek wisata Air Terjun Coban Sewu ini antara lain sarana ibadah berupa mushola kecil dan juga toilet. Di lokasi ini juga terdapat sebuah padepokan bernama Padepokan (Balai) Sapto Pratolo. Di sisi air terjun terlihat banyak dupa dan sesajen yang tersebar di bawah pohon beringin. Padahal di pohon beringin tersebut sudah terdapat papan himbauan untuk tidak mengkeramatkan tempat tersebut. Konon, penggagas pembangunan prasarana tersebut adalah seorang keturunan Tionghoa yang merasa sangat bersyukur karena telah sembuh dari sakit yang diderita setelah rutin melakukan terapi di Air Terjun Grojogan Sewu ini.

Air sungai yang mengalir, bebatuan sungai dan panorama sekitar yang menawan akan membuat pengunjung merasa betah berlama-lama di sana. Persawahan yang cukup luas menambah daya tarik tersendiri di sekitar lokasi air terjun tersebut. Untuk memasuki lokasi wisata air terjun ini, pengunjung tidak dipungut biaya masuk.

Grojogan_Sewu_Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi air terjun ini, sudah ada sarana angkutan umum dari Kota Malang jurusan Kediri berupa bus. Jika dari Kota Malang, posisinya berada di sisi sebelah kiri jalan raya, sekitar 1 km sebelum Jembatan Ngeprih. Sebelum sampai di lokasi air terjun, Anda harus melewati sebuah jembatan gantung yang menghubungkan jalan raya ke Grojogan Sewu. Di bagian atas jembatan gantung ini terpampang papan nama air terjun Coban Sewu. Di dekat jembatan ini, kita bisa menitipkan kendaraan bermotor dengan tarif Rp 2.000. Setelah itu, pengunjung bisa menyusuri jalan setapak berupa tanah liat. Jalan setapak tersebut berlanjut dengan jalan setapak yang agak terjal dan berada di antara hamparan sawah yang cukup luas. Setelah berjalan sekitar 20 menit dari tempat penitipan sepeda, pengunjung akan sampai ke Grojogan Sewu.

Anda dapat menikmati pesona air terjun lainnya di kota Malang seperti Air Terjun Coban Rondo, Air terjun Coban Pelangi, dan Air Terjun Talun. Selama di kota bunga ini, Anda bisa menginap di Gajahmada Graha Hotel, Ollino Garden Hotel, atau Hotel Sahid Montana.

Peta lokasi. View larger map.

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 28 Oktober 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • coban sewu
  • air terjun coban sewu
  • cuban sewu
  • coban sewu malang
  • coban sewu batu
  • air terjun cuban sewu
  • coban sewu pujon
  • coban di malang
  • wisata air terjun di malang
  • wisata air terjun malang

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,