Tak diragukan lagi, pantai di Malang memang menjadi magnet bagi wisatawan dalam maupun luar kota. Pesona jajaran pantai di bagian selatan kota apel ini memang sungguh  mengagumkan. Tak hanya pantai yang sudah populer, pantai yang terbilang masih perawan pun layak untuk dijadikan destinasi wisata. Salah satu wisata pantai yang masih perawan alias belum terjamah adalah Pantai Sipelot.

Foto: wisata-malang-ku.blogspot.com

Foto: wisata-malang-ku.blogspot.com

Pantai Sipelot terletak di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Dampit Selatan, Malang. Berada di sekeliling perbukitan kapur yang penuh dengan tumbuhan hijau, pantai ini menyuguhkan kesejukan dan kesegaran alami pada para pengunjung. Ditambah lagi, bentuknya yang menyerupai teluk dengan hamparan pasir pantai berwarna kecoklatan, semakin memperjelas keindahan lautan biru yang luas dan jernih alami. Konon, nama asli pantai ini adalah Spelot. Kata “spelot” tersebut berasal dari bahasa Belanda yang artinya ‘persinggahan’. Pada zaman dahulu pantai ini memang menjadi tempat persinggahan paling nyaman bagi Belanda.

Selain panoramanya yang indah, daya tarik lainnya yang ada di pantai ini adalah air terjun bernama Coban Sipelot. Coban ini tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 10 meter saja tetapi aliran airnya cukup deras. Air terjun Sipelot bisa dilihat dengan jelas dari bibir pantai. Namun untuk mencapainya, Anda harus menyeberangi teluk terlebih dahulu. Terdapat banyak perahu nelayan yang siap mengantarkan wisatawan menuju coban dengan biaya sekitar Rp 50.000. Suasana khas coban di kawasan pantai tentunya memberikan nuansa sejuk tersendiri. Banyak wisatawan yang meluangkan waktu untuk singgah dan menikmati kesejukan air terjun Sipelot ini.

Foto: travel.kapanlagi.com

Foto: travel.kapanlagi.com

Oya, di pantai ini Anda juga bisa melihat keunikan Watu Gedeg, yaitu sebuah karang yang bentuknya mirip dengan dinding dari bambu. Tak hanya itu, pengunjung dapat pula menikmati indahnya laut sambil bersantai menggunakan sampan. Di sebelah pantai juga terdapat sungai yang airnya mengalir cukup deras. Air sungai ini sering dimanfaatkan oleh para pengunjung yang bermalam di sekitar pantai. Airnya yang tawar bisa digunakan untuk memasak dan mandi tanpa harus ke kamar mandi umum. Di Pantai Sipelot juga bisa kita jumpai warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman dengan harga standar. Jadi tak perlu khawatir jika Anda kehabisan bekal saat asyik menikmati panorama Sipelot ini. Untuk memasuki area pantai ini belum dipungut tiket masuk alias masih gratis.

Akses menuju Pantai Sipelot tergolong mudah sebab jalannya sudah beraspal halus dan jarang terdapat kerusakan. Selain itu, di sepanjang perjalanan banyak terdapat pepohonan yang rindang dan pemandangan alam yang indah. Rute yang bisa Anda tempuh dari pusat kota Malang yaitu Malang-Turen-Dampit-Tirtoyudo-Pujiharjo-Sipelot. Perjalanan setelah melewati Dampit menuju Pujiharjo sungguh mengagumkan. Di sebelah kiri dan kanan pantai tampak pemandangan dua bukit yang mengapit.

Foto: www.amabell.blogspot.com

Foto: www.amabell.blogspot.com

Tak jauh dari Sipelot, terdapat pantai perawan yang tidak kalah cantiknya dan sayang untuk dilewatkan. Lokasinya berada di balik bukit sebelah barat Pantai Sipelot yaitu Pantai Lenggoksono.

Saat berada di Malang, sempatkan pula untuk menjelajahi pantai indah lainnya seperti Pantai Balekambang, Pantai Tamban, Pantai Jonggring Saloko, Pantai Bajul Mati, dan lain-lain.  Lelah berwisata, Anda bisa beristirahat di beberapa hotel seperti Santika Premiere Malang Hotel, Hotel Sahid Montana, Tugu Malang Hotel, Gajahmada Graha Hotel, atau Hotel Kartika Graha.

Peta lokasi. View larger map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 23 Juli 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • pantai sipelot
  • pantai sipelot malang
  • coban sipelot
  • pantai di dampit
  • pantai si pelot
  • sipelot
  • pantai sipelot di malang
  • air terjun sipelot
  • pantai sipelot dampit
  • pantai sipelot dampit malang

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , ,