Di hamparan taman yang luas terdapat patung yang berdiri tegak dengan kedua tangan berada di samping badan. Mengenakan pakaian safari dan berkopiah, nampak gagah dan bersahaja.

Itulah Gubernur Suryo, sosok pemimpin pertama Jawa Timur yang hanya menjabat selama tiga tahun (1945-1948). Selama itu pula Suryo mengabdikan hidupnya untuk menumpas gerakan Partai Komunis Indonesia (PKI) di Madiun. Posisi patung ini menghadap ke Gedung Grahadi. Dikelilingi air mancur yang setiap saat menyemburkan air sehingga menimbulkan kesan segar. Taman disekitarnya membuat suasana menjadi semakin selaras dengan adanya air mancur tersebut.

Di bawah monumen, terdapat prasasti bertuliskan pidato Gubernur Suryo di Radio Nirom Jalan Embong Malang. Teks tersebut berisi,”Berulang-ulang telah kita kemukakan sikap kita ialah : lebih baik hancur daripada dijajah kembali. Juga sekarang dalam menghadapi ultimatum pihak Inggris kita akan sikap ini. Kita tetap menolak ultimatum itu.” Pernyataan tersebut di keluarkan Inggris agar warga Surabaya menyerahkan senjata pada 9 November 1945. Namun Gubernur menolak sehingga membuat Inggris menjadi geram dan berujung genjatan senjata 10 November 1945.

Prasasti tersebut menggambarkan awal mula perseteruan pihak Inggris dan warga Surabaya. Berawal saat Gubernur Suryo baru saja melaksanakan rapat menyikapi hasil perjanjian Indonesia dengan Belanda. Mobil yang dikendarai dihadang anggota PKI di hutan Peleng, tepatnya di Kedunggalar, Ngawi. Gubernur Suryo ditangkap dengan dua perwira polisi yang mengawalnya. Tubuh ketiganya diketemukan keesokan harinya dalam keadaan tidak bernyawa.

Selain mengunjungi Monumen Gubernur Suryo, wisatawan juga dapat menikmati suasana Taman Apsari. Taman tersebut berada di satu kawasan dengan monumen. Hal ini memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke taman tersebut. Suasana teduh begitu terasa saat berada di tempat ini. Pepohonan besar nan rindang tersebar di seluruh taman. Bunga-bunga bermekaran, keunikan dua puluh macam bunga melengkapi taman dengan luas mencapai 5.300m2.

Selain Taman Apsari, di tempat ini terdapat arca Budha Mahasobya atau patung Joko Dolog. Arca tersebut perwujudan dari Raja Kertanegara yang juga merupakan Raja Singosari terakhir. Selain patung tersebut terdapat pula beberapa arca lain, seperti patung raksasa, ganesha serta kepala naga. Konon Arca yang dibuat pada tahun 1289 Masehi, berasal dari Desa Kandang Gajah, Trowulan. Kemudian dipindahkan di situs Taman Apsari oleh Residen de Salls (1827). Saat ini benda bersejarah tersebut berada di sebuah bangunan terbuka. Pada malam hari taman ini tampak menawan diiringi lampu-lampu berwarna kuning di sekeliling nya.

Banyak warga Surabaya yang datang ke tempat ini hari untuk sekedar nongkrong sembari ngobrol. Pada akhir pekan masyarakat Surabaya biasanya mengajak keluarga, saudara atau teman untuk menghabiskan malam. Suasana menjadi ramai ketika anak-anak muda menggelar atraksi seperti skateboard atau breakdance di tempat ini. Kunjungan Wisatawan dapat di akhiri dengan menginap di Singgasana Hotel, Hotel Oval, atau Inna Simpang Surabaya.


How to Get There:

Monumen ini berada di jalan Gubernur Suryo, Kompleks Taman Apsari tepat di depan Gedung Grahadi berada di Jalan Gubernur Suryo. Untuk menuju tempat ini, wisatawan dapat memulai perjalanan dari terminal Joyoboyo, kemudian dilanjutkan bus kota jurusan Kayun – Jembatan Merah Plazaa. Hendaknya wisatawan menentukan pemberhentian di jalan Pemuda. Dari sana, wisatawan cukup berjalan kaki menuju Taman Apsari.

Tempat Terdekat:

Wisatawan dapat menikmati berbagai macam tempat wisata yang dekat dengan Taman Apsari, diantaranya Gedung Internatio, Monumen Jalesveva Jayamahe, atau Tugu Pahlawan.

Peta Lokasi :

View Large Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • taman apsari surabaya
  • taman apsari

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,