air-terjun-coban-pelangi

Wisata ke tempat terbuka bernuansa alam akan menjadi hal yang menarik di sela-sela kesibukan. Selain pantai dan taman, air terjun adalah destinasi yang tepat dijadikan daftar tujuan wisata Anda. Kota Malang dikenal mempunyai banyak tempat liburan yang masih alami, termasuk obyek wisata air terjun. Salah satunya adalah air terjun Coban Pelangi.

coban-pelangi-welcomeWisata air terjun Coban Pelangi merupakan wisata yang berada di kawasan Desa Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Tepatnya berjarak sekitar 2 km dari desa Gubugklakah atau sekitar ± 32 km sebelah timur kota Malang. Wisata ini sangat menarik. Dinamakan Coban Pelangi karena air terjun ini sering membiaskan warna pelangi. Obyek wisata ini merupakan salah satu wanawisata yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Malang, dan dikelilingi oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN BTS). Air terjun ini berada di ketinggian 1299,5 m di kaki Gunung Semeru. Suhu udara di kawasan ini berkisar antara 19 – 23 derajat Celcius.

Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke air terjun Coban Pelangi adalah di pagi hari. Saat pagi, kabut yang lembut sering muncul di sekitar coban setelah lewat dari tengah hari. Segarnya embun pagi hari juga sangat sejuk dan sayang untuk dilewatkan. Oya, pada musim penghujan pihak pengelola sering membatasi kunjungan hingga pukul 16.00 saja. Hal ini untuk menghindari munculnya air bah yang datang dari pegunungan di bagian hulu. Harga tiket masuk obyek wisata ini adalah Rp 5.000 per orang dan tiket parkir Rp 2.000 (untuk roda dua) dan Rp 4.000 (untuk roda empat).

cobanpelangiwaterfall1Suasana di sekitar coban ini cukup sejuk. Suhu udara yang dingin disertai suara guyuran air yang jatuh dari ketinggian 110 meter ini akan membuat pengunjung merasa fresh. Yang menarik dan sangat mengesankan adalah ketika ada bias-bias warna pelangi yang timbul dari air terjun ini. Warna pelangi yang indah akan menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan.

Untuk menuju Coban Pelangi, arahkan perjalanan Anda menuju Tumpang, dilanjutkan menuju Desa Gubugklakah. Air terjun ini berada sebelum masuk pertigaan Jemplang (yaitu pertigaan menuju Gunung Semeru dan Gunung Bromo). Setelah melewati Desa Gubugklakah, di sebelah kanan jalan akan terlihat jelas gapura bertuliskan air terjun Coban Pelangi. Dari area pintu masuk Coban Pelangi yang berada di atas tebing setinggi sekitar 100 meter, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang menurun dan melintasi jembatan. Jarak tempuh jalan ini sekitar 1, 5 km hingga lokasi air terjun berada.

Selain berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, air terjun ini juga tidak begitu jauh dari Coban Rondo, Coban Sewu, dan Coban Talun. Adapun selama di Malang, Anda bisa menginap di Gajahmada Graha Hotel, Mutiara Hotel, atau Santika Premiere Malang Hotel.

Peta lokasi. View larger map.

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 28 Oktober 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • air terjun coban pelangi
  • air terjun pelangi
  • coban pelangi malang
  • cuban pelangi
  • #################
  • coban pelangi tumpang
  • wisata coban pelangi
  • tiket masuk coban pelangi
  • air terjun cuban pelangi
  • harga tiket coban pelangi

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,