Wisata alam di Malang tak pernah habis dijelajahi. Kota berhawa sejuk ini menawarkan banyak wisata air terjun. Beberapa di antaranya berada di tempat tersembunyi sehingga suasananya pun masih alami. Salah satunya yaitu Coban Parang Tejo.

73303254Air terjun ini terletak di Dusun Princi, Desa Gading Kulon, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Obyek wisata ini baru mulai diperkenalkan dan dipublikasikan pada Agustus 2005 oleh Bupati Malang waktu itu yakni Sujud Pribadi. Coban Parang Tejo memiliki ketinggian sekitar 100 m dengan kucuran air yang halus.  Letaknya yang berada di lereng Gunung Butak memberikan nuansa alam tersendiri. Tetesan air terjun yang tertumpah dari atas tebing membentuk aliran Sungai Metro di perbatasan Desa Tlekung Kecamatan Junrejo Kota Batu dan Kabupaten Blitar.

Nama Parang Tejo berasal dari bahasa Jawa yaitu ‘parang’ yang berarti tebing, dan ‘tejo’ yang artinya pelangi.  Penamaan ini sangat cocok sebab pada pagi hari Sering muncul pelangi. Biasan sinar matahari oleh percikan air terjun yang halus menciptakan saputan lengkung spektrum warna-warni. Keindahan pelangi ini sangat menakjubkan. Untuk menikmati pesona alam yang indah di Parang Tejo ini, Anda tak perlu mengeluarkan biaya alias masih gratis.

imagesCoban Parang Tejo berjarak sekitar 20 km dari kota Malang atau 21 km dari kota Batu. Untuk mencapai obyek wisata ini, Anda disarankan menggunakan kendaraan pribadi sebab tidak ada angkutan umum yang menuju kawasan ini. Kondisi jalan menuju lokasi coban sudah cukup baik dan beraspal. Dari kota Malang bisa ditempuh melalui beberapa rute alternatif, antara lain:
1. Dari perempatan Dieng Plaza ke arah barat – Unmer – Perumahan Dieng – Pangkalan Mikrolet STL – Kalisongo – Petungsewu – Tegalweru – Pertigaan Dukuh Sempu, Desa Gadingkulon ke kiri – Dukuh Princi

2. Dari Museum Brawijaya – Jl. Bondowoso – Jl. Tidar – Jl. Puncak Mandala – Jl. Puncak Yamin – Jl. Esberg – Pangkalan Mikrolet AT – Jl. Candi V D – Karangwidoro – Petungsewu – Tegalweru – Pertigaan Dukuh Sempu, Desa Gadingkulon ke kiri – Dukuh Princi

3. Melalui jalan antar kota Malang-Batu – Pemandian Sengkaling ke barat – pertigaan Puskesmas Dau ke kiri – Rumah Makan Joglo Dau – perempatan Semanding – Asrama Putri Arrohmah – perempatan Sumbersekar-Gadingkulon ke barat – Dukuh Princi

COBAN-PARANGTEJO-180x270Adapun dari Kota Batu rutenya adalah:
Batu Night Spectacular (Jl. Raya Oro-Oro Ombo) – Jl. Raya Tlekung – Jl. Raya Junrejo –
Monumen Jun – Sumbersekar – perempatan Sumbersekar-Gadingkulon belok ke kanan – Dukuh Princi

Selama liburan di Malang, sempatkan pula mengunjungi air terjun indah lainnya. Misalnya air terjun Coban Rondo, Coban Pelangi, Coban Talun, Coban Sewu, Coban Glothak, dan lain-lain. Nah, selama di kota ini Anda bisa menginap di Hotel Kartika Graha, Santika Premiere Malang Hotel, Mutiara Hotel, atau The Graha Cakra.

Peta lokasi Coban Parangtejo. View larger map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada  4 Februari  2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • coban putri

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,