Ketenaran pantai-pantai eksotis di Malang mungkin sudah tak diragukan lagi. Selain pasir putihnya, ada beberapa pantai yang memiliki arus gelombang halus sebagai daya tariknya. Salah satunya adalah Pantai Mrutu.

Pantai-Mrutu

Pantai Mrutu panoramio

Pantai Mrutu terletak di sebelah barat daya kota Malang, tepatnya di Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Disebut Pantai Mrutu, sebab di kawasan pantai ini dihuni banyak sekali hewan mrutu (orang Jawa menyebut lemut), yaitu sejenis nyamuk kecil. Sesuai namanya yang cukup singkat, ternyata lokasi pesisir inipun juga bisa dibilang ‘singkat’ alias tidak terlalu luas.

Luas hamparan Pantai Mrutu tak lebih dari 200 meter. Namun jangan dikira pantai kecil tersebut tak menawarkan keindahan yang menawan. Kemolekan panoramanya tak kalah menarik dari pantai lainnya di kota Malang. Adapun salah satu kelebihan Pantai Mrutu dibanding pantai yang lain adalah ombaknya yang tenang. Ombak yang datang dari lautan luas ke bibir pantai ini seperti berjalan pelan-pelan dan halus. Tak hanya itu, ombak dan gelombang tersebut seakan tak mau menimbulkan suara yang berisik. Hal ini dikarenakan posisi pantai yang sedikit terhalang tebing sehingga ombak besar tidak bisa langsung ke bibir pantai. Gulungan ombak yang menyapu Pantai Mrutu hanya ombak kecil yang lembut, sebab ombak yang besar menghantam Pantai Pandan yang terletak di sebelah timur Pantai Mrutu. Jarak kedua pantai ini memang hanya dibatasi oleh sebuah bukit yang rendah.

Pantai Mrutu

Pantai Mrutu aroundguides

Meskipun gelombang ombak Pantai Mrutu berarus halus, namun itulah yang menjadi daya tarik pantai ini. Apalagi pasir putihnya sangat bersih dan halus, sangat cocok untuk bermain pasir. Ditambah lagi di area ini ada banyak pepohonan, sehingga bisa dijadikan tempat berteduh nyaman. Pohon-pohon yang mengelilingi pantai tersebut menjulang cukup tinggi. Sebagian rantingnya menjorok ke pantai, membuat udara lebih sejuk berada di bawahnya.

Akses menuju ke Pantai Mrutu tidak terlalu sulit. Dari pusat kota Malang, pengunjung bisa mengambil arah ke Kepanjen. Dari Kepanjen terus ke arah Bendungan Sengguruh hingga melewati pertigaan Pagak, kemudian mengambil arah menuju Kecamatan Donomulyo. Dari pertigaan setelah pasar Donomulyo langsung ambil arah kanan atau menuju arah Wates (Blitar). Jalannya sudah beraspal  mulus sepanjang sekitar 1 km. Sekitar 2 km sebelum masuk Desa Sumberoto aspalnya mulai berlubang-lubang. Tidak jauh dari gerbang masuk Desa Sumberoto ada sebuah pertigaan Pasar Ngelih. Dari sini, kita bisa bertanya pada penduduk sekitar arah menuju Pantai Mrutu.

Kunjungi pula lokasi wisata terdekat seperti Pantai Modangan, Pantai Kondang Iwak, Pantai Kondang Bandung, Pantai Tambak Asri, Pantai Tamban, dan Pantai Jonggring Saloko. Lelah berwisata, Anda bisa singgah di beberapa hotel di Malang seperti Tugu Malang Hotel, Hotel Sahid Montana, Hotel Mutiara, Santika Premiere Malang Hotel, atau Gajahmada Graha Hotel.

Peta lokasi. View larger map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 16 Maret 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • pantai mrutu
  • pantai mrutu malang
  • pantai pandan malang

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , ,