Bagi Anda pecinta alam khususnya pantai, berkunjung ke pesisir tentu tidak akan pernah bosan. Kota Malang yang dijuluki kota seribu pantai menawarkan satu lagi pantai yang masih perawan. Ya, Pantai Kondang Bandung.

Pantai Kondang Bandung berada di Dusun Sumber Blimbing, Desa Purwodadi, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Pantai ini merupakan salah satu pantai cantik yang tersembunyi di kota apel. Keberadaan pantai ini nyaris belum banyak diketahui oleh masyarakat luas.

foto: www.pasirpantai.com

foto: www.pasirpantai.com

Seperti halnya pantai-pantai lainnya di Malang, Pantai Kondang Bandung memiliki pasir putih yang cukup halus. Namun ada satu hal yang membuat pantai ini unik, yakni keberadaan pasir besi yang menyebar di sepanjang pesisir sekitar 500 meter. Kombinasi pasir putih dan pasir hitam tersebut jarang ditemukan di pantai lainnya. Hamparan pasir hitam bersih mengkilap ini menyebar menyeluruh di sela-sela pasir putih, sehingga dari kejauhan tampak kilatan pasir menyala-nyala. Namun, jangan sekali-sekali Anda menginjaknya tanpa menggunakan alas kaki karena pasir tersebut sangat panas.

Selain menjadi daya tarik utama dari Pantai Kondang Bandung, keberadaan pasir besi tersebut membuat sejumlah calon investor dari luar negeri, salah satunya dari Jepang terpikat untuk mengembangkannya. Negeri sakura itu sudah melakukan survey pada awal tahun 2012 lalu. Mereka membawa sebagian contoh pasir untuk diteliti kandungannya. Pasir besi merupakan pasir mahal yang terdiri dari mineral opak yang bercampur dengan butiran non-logam seperti kuarsa, kalsit, feldspar, ampibol, biotit, dan tourmaline. Sedangkan mineral biji pasir besi tersebut terdiri dari magnetit, titaniferous magnetit, dan hematite. Fungsi utama dari pasir besi ini adalah untuk dimanfaatkan bahan semen.

foto: www.seputarmalang.com

foto: www.seputarmalang.com

Untuk bisa menuju Pantai Kondang Bandung diperlukan nyali yang cukup tinggi. Jalan terdekat untuk mencapai pantai ini adalah dari Donomulyo dan harus melalui hutan jati. Mobil atau motor tidak bisa mendekat ke bibir pantai dan harus diparkir dari jarak yang lumayan jauh di atas bukit hutan jati. Pengunjung yang ingin turun ke pantai harus menuruni bukit dengan jalan merambat karena ketinggiannya sangat curam. Apalagi jalan setapak yang ada dipenuhi bebatuan putih seperti karang yang licin. Dari bukit hutan jati menuju dasar Pantai Kondang Bandung memang tak terlalu jauh, hanya sekitar 200 meter saja.

Sebenarnya ada jalur lain yang lebih aman untuk menuju pantai ini, yakni harus memutar dulu dari Donomulyo ke arah Dusun Sumber Blimbing, Desa Purwodadi. Namun jaraknya sangat jauh, butuh waktu setidaknya satu jam jika naik kendaraan. Biasanya jalur memutar inilah yang dipilih pengunjung untuk mencapai Pantai Kondang Bandung yang indah itu.

Saat berkunjung ke sini, Anda bisa mampir ke Pantai Kondang Iwak yang tak jauh dari lokasi. Sempatkan pula untuk menjelajahi pantai eksotis lainnya di Malang seperti Pantai Sipelot, Pantai Clungup, Pantai Watu Leter, Pantai Lenggoksono, Pantai Jonggring Saloko, dan masih banyak lagi. Lelah wisata pantai, Anda bisa singgah di Hotel Sahid Montana, Hotel Mutiara, Santika Premiere Malang Hotel, atau Gajahmada Graha Hotel.

Peta lokasi. View larger map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 24 November 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.
 
Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • pantai kondang bandung
  • pantai kondang bandung malang
  • kondang bandung

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , ,