air-terjun-madakaripura

Siapa yang tak tahu gunung Bromo di Jawa Timur? Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Tak hanya kemegahan gunung, namun kawasan wisata Gunung Bromo ternyata menyimpan satu lokasi wisata yang unik dan menawan. Jika Anda sedang jalan-jalan ke Bromo, belum lengkap kalau tidak mampir ke tempat ini. Penasaran?

Air-Terjun-Madakaripura.Namanya adalah air terjun Madakaripura. Sebuah air terjun raksasa dengan bentuk yang cukup unik. Lokasinya tidak jauh dari lautan pasir Bromo, hanya sekitar 45 menit ke arah utara atau arah Probolinggo. Air terjun Madakaripura terletak di pegunungan Tengger, tepatnya di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, dan masih bagian dari kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Air terjun ini berbentuk ceruk yang dikelilingi bukit-bukit yang meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan. Ada sekitar lima terjunan air di lokasi ini dengan air terjun utama berada di ujung sebuah ruangan berbentuk lingkaran berdiameter sekitar 25 m. Tiga di antaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi.

Dengan ketinggian puncak sekitar 200 meter dan berair jernih, membuat siapapun akan berdecak kagum atas segala keindahan alam ini. Di bagian dasar air terjun terbentuk sebuah kolam yang memiliki luas kurang lebih 25 sampai dengan 30 meter, dengan kolam air berwarna biru. Bentuk dinding jurang yang tinggi mengerucut ke atas seakan membentuk celah jurang yang lebih menyerupai bentuk seperti botol atau vas bunga. Di bagian bawah atau kolam pemandian bagi para pengunjung terasa jauh lebih luas daripada bagian puncak air terjun yang tinggi menjulang tersebut. Hal ini menyebabkan terjadinya suara gemuruh yang mendentam-dentam seakan memantul pada dinding jurang ketika air terjun yang tercurah deras itu sampai di atas permukaan air kolam. Keunikan dan kesejukan air terjun ini membuat kita betah berlama-lama memandanginya.

air-terjun-madakaripura-patungTak hanya keindahan airnya saja, tetapi air terjun ini juga menyimpan mitos dan legenda yang menarik. Menurut penduduk setempat, nama ini diambil dari cerita pada jaman dahulu. Konon Patih Gajah Mada menghabiskan akhir hayatnya dengan bersemedi di air tejun ini. Cerita ini didukung dengan adanya arca Gajah Mada di tempat parkir area tersebut. Menurut kisah Jawa Kuno, Madakaripura adalah sebidang tanah yang diberikan Raja Hayam Wuruk kepada patih Gajah Mada. Di gua dekat air terjun ini Gajah Mada sering bermeditasi dan menjadikannya sebagai tempat meditasi terakhir sebelum ‘moksa’ atau menghilang secara spiritual dan fisik dari muka bumi. Anda bisa melihat gua ini dengan menyelam dari dasar kolam  yang cukup dalam. Di sanalah Gajah Mada bersemedi dan menambah ilmunya. Hingga kini masih banyak orang yang datang ke air terjun ini untuk bermeditasi atau melakukan ritual, terutama pada malam Tahun Baru Jawa 1 Suro. Hal itu menjadikan tempat ini dikenal sakral dan historis.

Mitos yang didapat dari Air Terjun Madakaripura adalah Anda disarankan untuk meninggalkan tempat ini sebelum jam 14.00. Sering terjadi hujan pada jam-jam ini yang bisa mempengaruhi ketinggian air di sekitar air terjun yang cukup berbahaya bagi pengunjung. Oya, air terjun Madakaripura ini dijuluki sebagai air terjun tertinggi di Jawa, bahkan air terjun tertinggi kedua di Indonesia setelah air terjun Sigura-gura di dekat Danau Toba, Sumatera Utara.

air-terjun-madakaripura,Sebagai tempat wisata yang mengandung nilai-nilai historis, sakral, dan kondisi alam yang memukau, air terjun Madakaripura adalah salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat traveling ke Jawa Timur. Madakaripura bisa dicapai dari Malang ataupun Probolinggo. Dari Probolinggo Anda bisa naik bus besar ke arah Tongas. Anda bisa mengutarakan tujuan Anda kepada kondektur dan Anda akan diberhentikan di pertigaan Tongas. Setelah turun, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan angkot yang sebelumnya harus Anda tawar terlebih dahulu.

Kalau Anda dari Gunung Bromo, tinggal mengikuti trek turun saja. Setelah sampai di persimpangan jalur Probolinggo atau Surabaya, pilih arah ke Surabaya. Tinggal ikuti jalur hingga terlihat tanda menuju ke arah Madakaripura. Tak perlu khawatir, tanda ini cukup besar sehingga pasti akan terlihat. Sesuai dengan instruksi yang tertulis pada papan ini, kita belok kiri kurang labih 10 km. Kita akan menyusuri jalanan sempit yang naik-turun menyusuri perkebunan warga. Setelah sampai di pertigaan berikutnya, ada penunjuk arah lagi ke arah Madakaripura belok ke kanan. Nah, untuk sampai ke pusat air terjun ini, Anda harus berjalan kira-kira 20 menit menyeberangi sungai dan jalan berbatu. Anda bisa menyewa guide dengan harga nego kira-kira Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per orang. Di pintu masuk akses jalan ke air terjun Madakaripura, Anda akan “disambut” patung Maha Patih Gajah Mada dalam posisi duduk meditasi.

Untuk memasuki tempat wisata ini tiap pengunjung dikenai tarif sebesar Rp 6.000 – Rp 7.000. Setelah menikmati Madakaripura, Anda dapat kembali ke Tongas dan Probolinggo. Atau Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Gunung Bromo.

Selama di Surabaya Anda juga bisa mengunjungi tempat terdekat lainnya seperti Gunung Kawi, kawasan wisata Tengger dan Semeru. Jika ingin beristirahat, Anda bisa menginap di Santika Surabaya, Twin Hotel, Hotel Bumi Surabaya, atau Hotel Bisanta Bidakara.

Peta lokasi. View larger map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada  24 Desember 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • air terjun madakaripura
  • madakaripura
  • mitos air terjun madakaripura
  • madakaripura probolinggo
  • sejarah air terjun madakaripura
  • air terjun madakaripura probolinggo jawa timur
  • sejarah madakaripura
  • air terjun madakaripura probolinggo
  • wisata alam jawa timur
  • mitos madakaripura

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,