foto: www.suetoclub.wordpress.com

foto: www.suetoclub.wordpress.com

Kota Malang memang tak ada habisnya menawarkan pesona pantai yang mengagumkan. Selain pantai yang sudah populer, ada pula pantai yang masih perawan alias belum terjamah oleh wisatawan. Salah satunya yaitu Pantai Jonggring Saloko. Tak banyak yang mengetahui keberadaan pantai tersebut. Suasana yang sangat alami masih sangat terasa bila Anda mengunjungi pantai selatan Malang ini.

foto: www.tempatwisatamalang.com

foto: www.tempatwisatamalang.com

Pantai Jonggring Saloko terletak di Desa Mentaraman, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Berjarak sekitar 69 km dari arah kota Malang. Jonggring Saloko sendiri adalah nama kayangan dalam sebuah cerita pewayangan, yang merupakan tempat kediaman Batara Narada.  Di pantai ini, Anda bisa merasakan sejuknya suasana angin yang begitu tenang disertai suara deburan ombak yang menghantam karang. Oya, tiap tanggal 14 Muharram atau malam bulan purnama yakni tanggal 15 Suro, di Pantai Jonggring Saloko terdapat upacara labuhan berupa larung sesaji ke laut.

Terdapat dua tempat yang menjadi daya tarik utama Pantai Jonggring Saloko, yakni “Ngebros” dan “Pantai Pasir Hitam”. Ngebros merupakan tempat dimana kita dapat melihat sebuah karang dengan lubang besar yang akan menghasilkan semburan air yang tinggi saat ombak datang. Fenomena ini berasal dari sebuah benturan keras dari ombak yang menghantam karang berlubang. Saat air laut naik dan menyembur ke atas maka kita akan mendengar suara ‘brosss’. Pantai Jonggring Saloko juga memiliki keunikan berupa pasir hitam. Tak seperti kebanyakan pantai lainnya di Malang yang menyuguhkan pasir putihnya, di pantai ini pasirnya berwarna hitam. Di sepanjang bibir Pantai Jonggring Saloko dapat Anda jumpai hamparan pasir yang berwarna hitam pekat namun halus dan lembut.

foto: www.yukpegi.com

foto: www.yukpegi.com

Selain keunikan di atas, ada satu tempat menarik berupa sungai kecil yang dapat pengunjung saksikan di Pantai Jonggring Saloko. Sungai kecil dengan aliran menuju ke laut ini memiliki air yang masih tawar rasanya. Area ini sering digunakan sebagai tempat camping oleh para pengunjung. Oya, pantai ini mempunyai ombak yang cukup besar sehingga para pengunjung dilarang keras untuk mandi dan berenang. Namun ombak yang besar tersebut justru dimanfaatkan beberapa pengunjung untuk bermain surfing.

Akses untuk menuju Pantai Jonggring Saloko masih tergolong sulit untuk dilalui. Anda disarankan untuk menggunakan sepeda motor. Dari pusat kota Malang, arahkan kendaraan Anda menuju Donomulyo. Dari sini, lanjutkan perjalanan Anda ke arah Desa Mentaraman. Sesampainya di Desa Mentaraman, kita masih harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam dengan jalan yang berbatu untuk mencapai lokasi Pantai Jonggring Saloko. Namun  jalur yang berbatu, terjal dan berkelok-kelok tersebut akan terbayar lunas dengan pemandangan yang disuguhkan oleh pantai ini. Pantai dengan air yang masih jernih dan ombak yang saling berkejaran ini akan memanjakan indera penglihatan Anda.  Tiket masuk ke kawasan obyek wisata ini masih gratis.

Sempatkan pula untuk menjelajahi pantai indah lainnya di Malang seperti Pantai Balekambang, Pantai Gua China, Pantai Ngliyep, Pantai Ngantep, dan lain-lain.  Lelah berwisata, Anda bisa beristirahat di beberapa hotel ternama seperti Hotel Sahid Montana, Tugu Malang Hotel, Gajahmada Graha Hotel, atau Hotel Kartika Graha.

Peta lokasi. View larger map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 14 Juli 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • pantai jonggring saloko
  • pantai jonggring saloko malang
  • pantai jonggring
  • jonggring saloko
  • pantai ngebros
  • Pantai jonggring saloka
  • pantai jonggring malang
  • pantai jongring saloko
  • pantai jogring saloko
  • jonggring saloko malang

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , ,