Karakteristik dan Bangunan Candi Songgoriti

foto: www.shining-batu.com

foto: www.shining-batu.com

 

Bangunan candi yang terletak di sebuah lembah yang memisahkan lereng Gunung Arjuna dengan lereng Gunung Kawi ini terbuat dari batu andesit, sedangkan pondasinya dari batu bata. Ukuran candi ini adalah 14,50 meter x 10 meter dengan tinggi 2,5 meter. Hampir seluruh wujud asli dari candi ini sudah hancur. Hiasan patung-patung yang menghiasi badan candi pun sudah banyak yang tidak berbentuk sehingga sulit untuk diidentifikasi. Namun meski dalam kondisi seperti itu, bagaimanapun juga keberadaan candi tersebut sangatlah berarti sebagai bukti tuanya usia peradaban di kota Batu.

Dilihat dari arsitekturnya yang sangat sederhana, Candi Songgoriti digolongkan sebagai candi tertua di Jawa Timur dan mempunyai hiasan berlanggam Jawa Tengah. Bangunannya terdiri atas kaki, tubuh dan atap candi. Pada tubuh candi terdapat relung-relung atau cerukan sebagai tempat berdirinya arca. Namun yang masih bisa dilihat sampai sekarang hanyalah kaki candi dan sebagian tubuh candi sisi timur, utara dan barat. Relung sebelah utara arcanya sudah hilang, sedangkan relung sebelah barat, arcanya sudah tidak menempel lagi namun masih berada di lingkungan candi.

Relung sebelah timur merupakan tempat arca Ganesha, yang arcanya tinggal sebagian yaitu bagian perut dan kaki. Arca ini merupakan arca Agastya, yang dalam agama Hindu merupakan salah satu dari tujuh pendeta yang menyebarkan agama Hindu di Asia Tenggara dan Jawa. Dari temuan-temuan serta adanya arca Agastya tersebut, menunjukkan bahwa candi ini bersifat Siwaistis. Oya, pada bagian tengah Candi Songgoriti terdapat lubang sampai di dasar candi yang berisi air. Pada sisi timur candi terdapat sumber air panas yang berwarna kuning. Ini berarti bahwa air tersebut mengandung belerang yang merupakan hasil dari aktivitas vulkanik.

Mengenai fungsi dari Candi Songgoriti belum dapat diketahui dengan pasti. Namun diperkirakan tempat ini merupakan tempat pemujaan/upacara tertentu, mengingat di dalam bilik candi ini terdapat sumber air panas yang mengandung belerang, yang dapat menyembuhkan penyakit kulit. Hingga kini, sumber air ini dimanfaatkan sebagai sumber air pemandian yang letaknya tidak jauh dari Candi Songgoriti.

Incoming search terms:

  • candi songgoriti
  • empu supo
  • mpu supo
  • makam empu supo
  • asal usul songgoriti
  • sejarah candi songgoriti
  • makam mpu supo
  • Sejarah empu supo
  • candi supo
  • Asal usul empu supo
Tampilkan Index Artikel/Berita ini [+]
Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,