Jalur Pendakian Pertama: Ranu Pane – Ranu Kumbolo

foto: www.wisatahandal.com

foto: www.wisatahandal.com

Untuk melakukan pendakian ke Gunung Semeru, pada dasarnya hanya bisa dilakukan melalui satu jalur yaitu melalui Desa Ranu Pane, Kabupaten Lumajang. Pendakian bisa diawali dari Pos Ranu Pane yang berada di ketinggian 2.200 mdpl. Tempat ini sekaligus menjadi pos perizinan dan pengecekan bagi semua calon pendaki. Pengunjung yang datang berombongan cukup diwakili pemimpin kelompok dengan menyerahkan fotokopi KTP, daftar nama pengunjung, surat keterangan sehat, dan daftar barang bawaan pengunjung. Batas akhir perijinan untuk mendaki hanya sampai pukul 16.00 WIB. Namun Anda tak perlu khawatir jika tiba di sini pada malam hari sebab di tempat ini terdapat warung dan pondok bagi pendaki untuk bermalam dan beristirahat. Di Pos Ranu Pane ini juga terdapat dua buah danau yakni Danau Ranu Pane seluas 1 ha dan Danau Ranu Regulo dengan luas 0,75 ha. Sambil menunggu waktu pendakian, wisatawan bisa menikmati kesejukan dan keindahan danau tersebut.

 foto: www.tempo.co

foto: www.tempo.co

Dari Ranu Pane, jalur yang paling sering digunakan adalah jalur Watu Rejeng dengan waktu tempuh 4-5 jam. Jalur ini lebih mudah dan bersahabat bagi pendaki pemula. Di setiap perjalanan akan ada beberapa shelter yang biasanya digunakan untuk beristirahat sejenak. Pada ketinggian 2.270 mdpl, Anda juga akan melewati Landengan Dowo yang didominasi pohon akasia. Setelah berjalan sekitar 5 km menyusuri lereng bukit yang banyak ditumbuhi edelweis, para pendaki akan sampai di Watu Rejeng (ketinggian 2.300 mdpl). Jalur Watu Rejeng ini merupakan tebing terjal setinggi sekitar 100 m dengan pemandangan yang sangat indah ke arah lembah dan perbukitan yang ditumbuhi pohon cemara dan pinus. Tak berapa lama, pendaki akan sampai di Ranu Kumbolo (2.390 mdpl) yang memiliki luas 12 Ha. Anda sebaiknya beristirahat dan mendirikan tenda di sini. Danau ini berair jernih dan memiliki pemandangan sangat indah, terutama saat pagi hari ketika matahari terbit di sela-sela perbukitan.

Jalur lainnya yang lebih dekat biasa digunakan para pendaki lokal. Jalur ini sangat curam dengan melintasi Gunung Ayek-ayek. Awalnya Anda akan melalui jalur landai di lereng bukit yang ditumbuhi alang-alang. Tetapi tidak terdapat arah penunjuk jalan, hanya setiap jarak 100 meter pendaki akan menemui penanda ukuran jarak. Anda harus mengikuti tanda-tanda tersebut. Di jalur ini banyak terdapat pohon tumbang dan ranting-ranting pepohonan. Jalur ini juga akan berakhir di Ranu Kumbolo.

Incoming search terms:

  • gunung semeru
  • gunung mahameru
  • pantai watu leter malang
  • wallpaper pendaki gunung semeru
  • watu leter malang
Tampilkan Index Artikel/Berita ini [+]
Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , ,