Bagi para pendaki atau kelompok pecinta alam, nama Gunung Semeru pasti sudah tak asing lagi. Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini berada di antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, dan termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

foto: www.fotowisata.com

foto: www.fotowisata.com

Dalam sejarahnya, pendakian Gunung Semeru pertama kali dilakukan pada tahun 1838 oleh Clignet, seorang ahli geologi Belanda. Ia mendaki gunung dari arah sebelah barat daya lewat Widodaren. Pendakian selanjutnya dilakukan oleh Junhuhn, seorang ahli botani Belanda pada 1845 dari arah utara lewat Gunung Ayek-ayek, Gunung Inder-inder dan Gunung Kepolo. Pada tahun 1911, Van Gogh dan Heim juga mendaki melalui lereng utara gunung. Setelah kemerdekaan Indonesia (1945) sampai sekarang, umumnya pendakian dilakukan lewat lereng utara melalui Ranu Pane dan Ranu Kumbolo.

Hingga saat ini, Gunung Semeru menjadi salah satu favorit para pendaki baik lokal maupun mancanegara. Puncak Mahameru yang menakjubkan serta pemandangan sekitar yang indah menjadi daya tarik utama gunung ini. Jika Anda tertarik untuk melakukan pendakian ke Gunung Semeru, berikut ini ada beberapa informasi menarik dan jalur-jalur alternatif yang bisa dilalui. Penasaran? Simak penjelasannya berikut.

Incoming search terms:

  • gunung semeru
  • gunung mahameru
  • pantai watu leter malang
  • wallpaper pendaki gunung semeru
  • watu leter malang
Tampilkan Index Artikel/Berita ini [+]
Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , ,