kampung-wisata-genteng1Kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan yang bersih, sehat, dan hijau makin tinggi. Hal ini juga berlaku bagi warga Surabaya. Kampung-kampung di Surabaya terus berbenah diri dengan membuat lingkungannya ijo royo-royo dan mengelola sampah secara sehat. Salah satu kampung yang berhasil menerapkan lingkungan hijau  adalah gang kampung Genteng Candirejo. Kampung ini  telah disahkan sebagai salah satu obyek wisata lingkungan di Surabaya.

Kampung yang berhasil mengusung konsep green living selain kampung wisata Jambangan ini beralamat di Jl. Genteng Candirejo RT 03, RW 08, Kelurahan Genteng, Kecamatan Genteng, Surabaya. Lokasi kampung Wisata Genteng cukup strategis karena tepat berada di samping Pasar Genteng. Warga di sini telah menumbuhkan kesadaran untuk bersama-sama hidup sehat, mandiri, kreatif, sekaligus menyelamatkan bumi dari pemanasan global.

kampung-wisata-gentengGang Genteng Candirejo tumbuh dan berkembang menjadi sebuah obyek wisata lingkungan alternatif dengan julukan Kampung Eco Tourism. Sekitar 55 KK yang tinggal di kampung ini bergotong-royong menanami lingkungannya dengan beragam tanaman hias. Rumah-rumah bergaya arsitektur kolonial di kampung wisata ini menghadirkan nuansa klasik dan eksotis. Uniknya, di depan rumah warga ditempeli berbagai jenis jargon untuk memberi semangat kepada warga akan arti penting menjaga lingkungan. Tulisan kreatif tersebut misalnya ‘tepung roti wadahe coklat, kampung bersih wargane sehat’ dan slogan-slogan lain semacamnya.

Warga Kampung Genteng juga melakukan pemilahan sampah secara teratur sehingga kondisi lingkungan gang ini selalu tampak bersih dan asri. Beberapa sampah didaur ulang, sementara lainnya dijual. Hasil daur ulang dijadikan berbagai macam kerajinan seperti tas, bunga kering, dan lain sebagainya. Kampung ini juga memiliki fasilitas seperti pompa air di lima titik dan sumur biopori sebanyak 47 titik.

makam-keramat-di-kampung-genteng-surabayaPengunjung  yang ingin berjalan-jalan di kampung wisata Genteng akan disuguhi keindahan lingkungan serta menikmati hasil karya warga. Misalnya jus belimbing, sirup belimbing, selai, dan manisan. Keunikan lain dari kampung wisata ini adalah adanya makam sesepuh kampung Genteng, yaitu Buyut Kohyan dan Buyut Santri. Makam yang dianggap keramat tersebut terletak di jalan Genteng Besar Gang Makam, Surabaya tepatnya di dalam rumah nomor 5A.

Untuk menuju makam, jalannya cukup sempit, hanya selebar 1,5 meter. Makam itu cukup terawat dengan bangunan porselen. Di atasnya terlihat bunga berwarna merah yang menimbulkan aroma wangi di sekitarnya. Meskipun terhimpit bangunan pemukiman yang cukup padat, namun keberadaan makam tersebut masih tetap bertahan. Letaknya yang ada di dalam gang sempit membuat banyak warga yang tidak tahu keberadaannya.

Akses jalan menuju kampung wisata Genteng cukup sempit dan hanya bisa dilalui mobil 1 arah. Jika Anda tertarik mengunjungi tempat ini, Anda dapat mencapainya dengan kendaraan pribadi seperti sepeda motor, sepeda, atau mobil.

Destinasi wisata bertema green living lainnya yang bisa Anda kunjungi di kota Surabaya adalah Kampung Wisata Jambangan, Kebun Bibit Wonorejo, Ekowisata Mangrove Wonorejo, dan Mangrove Gunung Anyar. Selama berada di Surabaya, Anda bisa menginap di Hotel Bumi Surabaya, Twin Hotel, Hotel Bisanta Bidakara, Inna Simpang Surabaya, atau Santika Surabaya.

Peta lokasi. View larger map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 17 Oktober 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,