ekowisata-mangrove-wonorejo2Keberadaan hutan mangrove di Indonesia saat ini cukup sedikit. Berdasarkan data dari Kementerian Kehutanan, luas hutan mangrove di Indonesia diperkirakan sekitar 9 juta hektar di tahun 2000. Namun angka ini terus berkurang drastis hingga tahun 2005, dimana sekitar 65% hutan mangrove sudah rusak atau hilang setelah diubah menjadi peternakan udang, perkebunan kelapa sawit, wilayah pertanian dan pengembangan tempat tinggal bagi manusia. Hutan mangrove Indonesia diperkirakan tinggal tersisa sekitar 3,6 juta hektar saja saat ini.

Hutan mangrove tersebar di beberapa daerah di Indonesia. Salah satunya ada di kota Surabaya, yang dikenal dengan nama Ekowisata Mangrove Wonorejo. Hal itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Surabaya sebab kota Pahlawan ini mampu menyimpan potensi wisata penyelamat lingkungan. Ekowisata mangrove di Surabaya ini terdapat di Jalan Raya Wonorejo Nomor 1 Rungkut, Surabaya.

ekowisata-mangrove-wonorejoKawasan wisata ini dikembangkan sedemikian rupa untuk memanfaatkan waduk sehingga bisa mengendalikan banjir. Keberadaan hutan mangrove ini pun menjadi habitat bagi berbagai jenis burung termasuk burung migran dan burung yang dilindungi seperti Bubut Jawa, Raja Udang, Kuntul, dan lain sebagainya. Pengunjung juga dimanjakan dengan keindahan pemandangan pantai serta eksotisnya flora dan fauna di kawasan itu. Panorama tersebut dapat dilihat secara langsung di joglo yang berada di tengah pantai.

Untuk menikmati pemadangan ekowisata mangrove Wonorejo lebih dekat, pengunjung bisa menaiki perahu yang telah disediakan. Perjalanan dari dermaga keberangkatan ke dermaga mangrove memakan waktu sekitar 15-20 menit. Perahu tersebut berkapasitas 30 orang dengan seorang petugas yang akan menjelaskan seputar kawasan ekowisata mangrove ini.

mangrove-wonorejoMenelusuri kawasan mangrove ini akan terasa nyaman karena tersedia jogging track yang terbuat dari anyaman bambu. Jogging track tersebut dinaungi pohon mangrove di sisi kanan dan kiri sehingga terasa sejuk. Kawasan ekowisata mangrove Wonorejo ini juga sering dijadikan area bagi para pecinta lingkungan untuk menanam pohon bakau.

Selain itu, Ekowisata Mangrove Wonorejo juga banyak dijadikan referensi wisata baik dari dalam maupun luar negeri. Bahkan kawasan ini pernah menjadi percontohan dalam proyek Mangrove Ecosystem Conservation and Sustainable Use (MECS) yang merupakan hasil kerjasama antara Kementrian Kehutanan RI dengan Japan International Agency (JICA).

Untuk menuju lokasi ekowisata ini, Anda bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Lokasinya yang berada di jalan raya sangat mudah dijangkau.

Selain Ekowisata Mangrove Wonorejo, tempat  bertema penghijauan lingkungan lainnya yang bisa Anda kunjungi di Surabaya adalah Kebun Bibit Wonorejo, Mangrove Gunung Anyar dan Kampung Wisata Genteng.  Selama di kota Pahlawan ini, Anda bisa menginap di Hotel Bumi Surabaya, Inna Simpang Surabaya, atau Santika Surabaya.

Peta lokasi. View larger map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 12 Oktober 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • Ekowisata Mangrove Wonorejo Jawa Timur
  • rute ke mangrove surabaya
  • ####################################
  • ekowisata mangrove
  • deskripsi mangrove wonorejo

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,