Wisata dengan nuansa pemandangan alam memang tak pernah membosankan. Kota Malang dikenal sebagai kota dengan sejuta wisata alam. Selain pantai-pantai indah di bagian selatannya, kota bunga ini menawarkan berbagai wisata air yang sejuk. Salah satunya yaitu air terjun coban Trisula.

coban-trisulaCoban Trisula memang belum banyak dikenal masyarakat. Air terjun ini baru satu tahun diresmikan menjadi objek wisata. Oleh sebab itu ketenaran coban ini masih kalah jika dibandingkan dengan beberapa air terjun lainnya seperti Coban Rondo dan Coban Pelangi.

Wanawisata Coban Trisula terletak di Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, dan sebagian wilayahnya merupakan kawasan TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru). Coban ini juga masih termasuk kawasan Perhutani yang berada di Blok Kali Lajing, Seksi Konservasi Wilayah III. Selain Coban Trisula masih terdapat coban yang termasuk kawasan TNBTS yaitu Coban Tirtowening dan Coban Ranupani.

coban-trisula4Sebenarnya trisula adalah nama senjata semacam pisau bercabang tiga. Itulah yang melatari nama air terjun Coban Trisula. Dinamakan demikian karena air terjun ini jatuh ke sungai sebanyak tiga tingkat. Tingkat paling atas dinamakan Coban Atas, merupakan air terjun utama dari curahan sungai Lajing dengan ketinggian sekitar 35 m. Di bawahnya ada Coban Tengah, yaitu air terjun kedua yang bersumber dari aliran air terjun pertama dengan kolam penampungan air di bawahnya. Ketinggian coban Tengah hanya 2,5 m. Tingkat terakhir adalah Coban Bawah atau air terjun ketiga yang bersumber dari aliran Coban Tengah. Coban terakhir ini memiliki ketinggian sekitar 11 m dan letaknya agak tersembunyi.  Masing-masing coban di setiap tingkat ini menawarkan keindahan yang sayang untuk dilewatkan.

Menariknya, di setiap coban tersebut ada obyek yang bersejarah. Misalnya di coban bawah terdapat sebuah batu tugu, batu meja kecil, dan bukit yang menyerupai kubah. Di coban tengah terdapat batu meja besar dan tebing batu,  sedangkan di coban bagian atas ada batu pintu dan tebing batu. Semua obyek-obyek tersebut memiliki legendanya masing-masing.

coban-trisula2Selain ketiga air terjun yang memiliki karakteristik berbeda tersebut, kawasan Coban Trisula juga menawarkan keindahan tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitar lokasi. Keindahan alam  tersebut tentu mengundang pengunjung yang berbeda pula. Bagi para pecinta flora, berbagai tanaman seperti palm, lian, anggrek, paku-pakuan, dan tumbuhan epifit lain yang tumbuh liar dapat Anda nikmati di sini. Bahkan, wisatawan juga dapat menikmati berbagai burung pekicau di kawasan ini. Coban ini biasanya dijadikan tempat persinggahan para pendaki yang menuju maupun pulang dari Bromo.

Untuk mencapai air terjun ini bisa mengikuti arah menuju Coban Pelangi. Anda dapat menggunakan sepeda motor dari pusat kota Malang dengan waktu tempuh 1,5 jam perjalanan. Sesampainya di pintu masuk Coban Pelangi, perjalanan masih dilanjutkan ke atas sekitar 1,5 km untuk sampai di pintu masuk Coban Trisula.  Jika menggunakan kendaraan umum, dari kota Malang bisa naik angkutan pedesaan jurusan TA (Tumpang-Arjosari). Dari Tumpang tidak ada angkutan untuk menuju coban, Anda bisa naik ojek dengan biaya sekitar Rp 14.000 sampai lokasi.

Tarif  masuk obyek wisata ini adalah dua dollar atau sekitar Rp 20.000 per orang untuk wisatawan mancanegara. Untuk pengunjung lokal tarifnya sebesar Rp 2.500. Khusus bagi pelajar, terdapat potongan harga sebesar 50 persen dengan menunjukkan tanda pengenal/kartu pelajar yang masih berlaku.

Lokasi wisata terdekat yang dapat Anda kunjungi antara lain Coban Pelangi, kawasan wisata Bromo, Semeru, Coban Rondo, dan lain-lain. Selama berada di Malang, Anda dapat beristirahat di Ollino Garden Hotel, Tugu Malang Hotel, Gajahmada Graha Hotel, atau The Graha Cakra.

Peta lokasi Coban Trisula. View larger map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 11  Januari 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • coban trisula
  • coban tengah
  • Air Terjun Coban Pelangi Ngadas Poncokusumo
  • air terjun trisula
  • Coban di tumpang
  • coban trisula malang
  • coban tengah malang
  • Air terjun coban trisula
  • Air terjun Coban Pelangi terletak di Kecamatan Poncokusumo
  • air terjun trisula malang

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,