Ingin menikmati pemandangan air terjun dengan nuansa hutan durian di lembah kera? Ya, jawabannya adalah air terjun Coban Kethak yang ada di Malang. Obyek wisata ini mungkin belum akrab terdengar di telinga wisatawan bahkan warga Malang sendiri. Pasalnya, obyek wisata ini memang baru dibuka sekitar bulan Juli 2014 lalu. Penasaran?

foto: www.malangtimes.com

foto: www.malangtimes.com

Air terjun Coban Kethak terletak di Desa Pait, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang dan  berada di areal hutan lindung BKPH (Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan) Ngantang. Dulu kawasan hutan ini pernah menjadi tempat persembunyian kera sehingga dinamakan lembah kera. Di area hutan lindung yang masih sejuk ini dapat kita jumpai tanaman-tanaman rimba serta tanaman buah seperti alpukat, durian, dan salak.

Coban Kethak berada pada aliran Sungai Lanang yang mengalir ke arah Kediri/Jombang. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 25 meter ini menyuguhkan keindahan panorama alam yang sangat menawan. Berada di antara tebing bebatuan yang tidak terlalu tinggi, aliran air terjun Coban Kethak merembes melalui bebatuan di bawahnya. Deburan air terjun yang membelah tebing memecah kesunyian hutan belantara di kawasan ini. Tidak hanya terdengar keras, aliran arus coban tersebut juga terlihat begitu kencang meliuk di antara bebatuan kali. Buih-buih dari aliran air terjun tampak seperti ribuan pelari yang berkejaran.

Foto: www.halomalang.com

Foto: www.halomalang.com

Menariknya, suguhan keindahan Coban Kethak tidak hanya terletak pada guyuran air terjunnya, tapi juga pada pemandangan alam sekitarnya. Di kawasan coban, terdapat pepohonan yang begitu rimbun termasuk pohon durian. Terlihat pula akar pepohonan menggantung di antara tebing. Air terjun ini memang tidak terlalu tinggi, namun bentuknya yang unik serta suasana alam di sekitarnya menjadi daya tarik tersendiri. Obyek wisata Coban Kethak buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Tiket masuk ke tempat ini masih gratis. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan sebesar Rp 3.000.

Untuk mencapai lokasi air terjun Coban Kethak aksesnya sangat mudah. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jika naik kendaraan pribadi dari perbatasan Kabupaten Kediri (Kecamatan Kandangan), obyek wisata ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar 15-20 menit. Jika dari kota Batu membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Lokasinya yang berada di pinggir jalan raya Malang-Kediri akan memudahkan para pengunjung. Jika menggunakan kendaraan umum, Anda bisa naik bis jurusan Malang-Kediri-Jombang dan turun langsung di depan gerbang masuk coban. Dari pinggir jalan, jarak coban hanya setengah kilometer. Meski demikian, keberadaannya tersembunyi tertutup rerimbunan pohon rimba.

Oya, air terjun yang lokasinya berada di pinggir jalan dan mudah dijangkau ternyata bukan Coban Kethak saja. Namun ada juga air terjun Grojogan Sewu yang berada di Kecamatan Pujon, Malang. Sempatkan pula untuk mengunjungi Kasembon Rafting yang berada tak jauh dari air terjun Coban Kethak. Wisata lainnya yang dapat Anda kunjungi yaitu air terjun Coban Rondo, Coban Jahe, Coban Pelangi, air terjun Madakaripura, dan lain-lain. Selama di Malang, wisatawan bisa menginap di Griyadi Montana Hotel, Hotel Mutiara, Santika Premiere Malang Hotel, atau Gajahmada Graha Hotel.

Peta lokasi. View larger map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada    28 Oktober 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • coban kethak
  • coban ketak
  • coban cetak
  • air terjun kasembon
  • cuban ketak
  • coban cethak
  • tarif tarif untuk masuk ke coban kethak
  • coban ketak pujon
  • coban ketak malang
  • wisata coban k

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , ,