Bosan liburan di tempat yang ramai? Wisata ke pemandian dengan nuansa alami tentu bisa menjadi alternatif liburan Anda. Kota Malang menawarkan wisata pemandian alam yang dikemas secara menarik. Pemandian Dewi Sri Batu adalah salah satunya.

foto: www.malangkab.go.id

foto: www.malangkab.go.id

Pemandian Dewi Sri Batu terletak di Dusun Lebaksari, Desa Ngabab, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Pemandian ini berjarak kurang lebih 29 km dari kota Malang. Tepatnya di tepi Jalan Abdul Manan, Pujon, yang menjadi lintasan utama Malang-Jombang-Kediri sehingga membuat keberadaan pemandian ini sangat strategis. Meski begitu, masih ada beberapa orang yang tidak tahu tentang adanya lokasi Pemandian Dewi Sri Batu.

Luas Pemandian Dewi Sri Batu kurang lebih 3,2 hektar dan berada pada ketinggian ± 1500 m dari permukaan laut. Dengan air berdebit 160 liter per detik, air di pemandian ini mengalir di antara akar pohon pinus dan pohon gintungan menuju dua kolam pemandian. Letak sumber air tersebut berada persis di kaki Gunung Dworowati.

Menariknya, sumber air dari Pemandian Dewi Sri Batu yang sangat segar ini bersih dan sehat karena tidak dicampur dengan bahan kimia apapun. Bahkan meskipun musim hujan, air dari sumber ini tak pernah keruh. Tak heran, banyak wisatawan yang merasa betah berenang di tempat ini. Air yang segar dan jernih disertai suasana yang sejuk dengan rimbunnya pepohonan semakin menambah kenyamanan pengunjung. Tarif untuk memasuki sumber air dan kolam Pemandian Sri adalah Rp 3.000 per orang.

foto: www.tourismkabupatenmalang.com

foto: www.tourismkabupatenmalang.com

Selain terkenal dengan kesegaran airnya, konon banyak orang yang mempercayai bahwa air dari Pemandian Dewi Sri dapat menyembuhkan penyakit rematik dan bisa membuat awet muda. Tidak diketahui dengan jelas sejak kapan warga dan pengunjung memiliki kepercayaan tersebut. Namun mitos tersebut masih diyakini dan terus berkembang hingga sekarang. Hal ini juga menjadi daya tarik utama para pengunjung yang penasaran. Banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini dengan membawa jerigen guna mengambil air dari Pemandian Dwi Sri.

Fasilitas yang ada di pemandian ini antara lain dua kolam renang untuk dewasa dengan ukuran 13 x 25 meter dan kolam renang untuk anak-anak dengan ukuran 8 x 8 meter. Ada pula taman dan hutan lindung yang menambah kesejukan kolam. Bahkan terdapat restoran yang menyediakan menu makanan yang lezat bagi pengunjung. Tak hanya itu, obyek wisata Pemandian Dwi Sri juga menyediakan pasar bunga, pasar buah dan sayur, toko cindera mata atau souvenir, serta area parkir yang luas.

Lokasinya yang sangat strategis membuat akses menuju Pemandian Dewi Sri cukup mudah. Namun Anda harus berhati-hati sebab jalan menuju obyek wisata ini berliku-liku. Jika menggunakan kendaraan umum, pengunjung bisa naik mikrolet berkode AL dari Terminal Arjosari dan turun di Jl. Jombang. Selanjutnya Anda bisa naik ojek atau taksi hingga lokasi pemandian. Jika menggunakan kendaraan pribadi, dari kota Malang arahkan kendaraan Anda menuju jalan raya utama Kediri/Jombang—Malang. Ikuti saja jalan itu hingga sampai daerah Pujon atau tepatnya persimpangan Jl. Abdul Manan. Sudah ada papan petunjuk lokasi Pemandian Dewi Sri di sekitar jalan tersebut.

Segar berenang di Pemandian Dewi Sri, Anda bisa mampir untuk wisata religi ke kompleks Petilasan Watu Gilang yang tak jauh dari pemandian. Sempatkan pula untuk mengunjungi tempat-tempat menarik di Malang seperti Pemandian Metro Kepanjen, Pemandian Cangar, Taman Rekreasi Tlogomas, Wisata Songgoriti, dan masih banyak lagi. Selama berada di Malang, Anda bisa beristirahat di beberapa hotel seperti Hotel Tugu Malang, Santika Premiere Malang Hotel, Hotel Trio Indah, atau Regent’s Park Hotel.

Peta lokasi. View larger map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 29 September 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • pemandian dewi sri
  • pemandian dewi sri pujon
  • pemandian di malang
  • foto sogoritidewi
  • kolam renang di pujon

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , ,